Sabtu, 10 November 2012

Masjid Khairunnisa Rawa Lintah – Cikarang Utara

Masjid Khairunnisa Rawa Lintah

Masjid Khairunnisa ini berada di ruas jalan Lemah Abang – Cibarusah, antara Jababeka – Lemah Abang. Lokasinya berdiri hanya beberapa meter dari jalan Blok-1, dan sekitar 400 meter dari pintu lima Jababeka tempat dimana Polres Metro Bekasi Kabupaten, Kampus Presiden University, SMA/SMP Presiden di kawasan Jababeka berada.

Masjid Khairunnisa Rawa Lintah
Jl. Raya Lemah Abang - Cibarusah
Rawa Lintah, Cikarang Utara
kabupaten Bekasi, Jawa Barat
Indonesia


View Masjid Khairunnisa Rawa Lintah in a larger map

Lokasinya berdiri juga berseberangan dengan Masjid Jami' Al-Mujahidin, masjid besar berlantai dua dengan halaman yang cukup luas, namun masjid Khairunnisa ini memang dibangun lebih dulu dibandingkan dengan Masjid Jami' Al-Mujahidin yang berada diseberangnya itu. karena lokasinya yang berseberangan jalan, masjid Khairunnisa ini lebih banyak digunakan untuk sholat lima waktu dan kegiatan taman kanak kanak Islam. Bagian belakang masjid ini sudah di alih fungsi sebagai Taman Kanak Kanak Islam Khairunnisa.

Pada dasarnya Masjid Khairunnisa ini dibangun dalam bentuk masjid beratap limas menggunakan genteng sebagai bahan atapnya, namun kemudian dibeti tambahan kubah bawang dari bahan metal di puncak atapnya. Namun di dalam masjid kita hanya akan menemui dua tiang beton berjejer di tengah ruangan masjid, bukan empat tiang seperti biasanya. Dua tiang ini berjejer sejajar dengan mihrab.

Kiri Atas : Masjid Al-Mujahidin dilihat dari teras masjid Khairunnisa. Kiri Bawah : Masjid Khairunnisa dilihat dari teras Masjid Al-Mujahidin. Kanan Atas & Tengah : di dalam Masjid Khairunnisa, kanan bawah : Sekat ruang taman kanak kanak Islam Khairunnisa.
Beberapa tahun lalu sempat singgah ke Masjid ini untuk sholat Jum’at, kala itu Masjid Jami' Al-Mujahidin di seberangnya itu masih belum dibangun, kawasan disekitar masjid ini juga belum seramai saat ini. di sisi selatan dan depan masjid sisi jalan raya masih berupa lahan kosong dan juga belum seramai sekarang. Namun saat ini disekitar masjid ini sudah penuh sesak dengan toko, warung dan sebagainya, seiring dengan perkembangan kota.

Lokasinya yang berseberangan membuat kita dapat memandang salah satu masjid ini masing masing dari terasnya. Seperti foto di atas. Dari teras masjid Khairunnisa kita dapat melihat Masjid Jami' Al-Mujahidin dengan jelas begitupun sebaliknya. Dapat dimengerti bila kemudian dibangun Masjid Jami' Al-Mujahidin di seberangnya karena memang lahan masjid ini sudah tidak memungkinkan untuk dilakukan perluasan guna mengubahnya menjadi sebuah masjid Jami’ dengan daya tampung yang lebih besar.***

--------------------------------

Baca juga Artikel Masjid Masjid Cikarang Utara Lain nya