Sabtu, 08 Desember 2012

Masjid Jami' Al-Marwah Rawa Lintah

Masjid Jami' Al-Marwah Rawa Lintah

Tak mirip masjid ?. tak salah bila anda berfikir demikian karena memang sekilas bentuk bangunannya lebih mirip dengan gedung kantor pemerintahan. Tapi ini benar benar sebuah masjid Jami’ lho. Letaknya di Kampung Rawa Lintah RT.002/002 Desa Mekar Mukti, Kecamatan Cikarang Utara. lebih jelas tentang lokasi masjid ini, lihat peta dari Gmaps dibawah ini saja ya.

Lokasinya berdiri berada di tengah tengah kampung Rawa Lintah di pertigaan jalan Rawa Lintah ke kampung Pulo Kapuk. Dan tak perlu ragu untuk memastikan bahwa bangunan ini adalah masjid karena pengurus masjid sudah memasang nama masjid ini dipagarnya maupun di bagian atas serambi bangunannya.

Masjid Jami’ Al-Marwah
Kampung Rawa Lintah RT. 02/02
Desa Mekar Mukti, Kecamatan Cikarang Utara
Kabupaten Bekasi 17530, Propinsi Jawa Barat – Indonesia
            Koordinat Geografi : 6°17'29.10"S 107° 9'51.27"E


View Masjid Jami Al-Marwah Rawa Lintah in a larger map

Bentuk bangunan masjidnya memang tidak seperti bangunan masjid yang biasa kita kenal. Atap utama masjidnya tidak dilengkapi dengan kubah ataupun berbentuk atap limas bersusun seperti khasnya masjid Indonesia, tapi dibangun dalam bentuk bangunan biasa. Baru terasa bentuk masjidnya bila kita melihatnya dari sisi timur masjid.

Bangunan masjid ini dilengkapi dua serambi masing masing di sisi selatan yang menghadap ke jalan dan serambi di sisi timur yang menghadap ke halaman kecil serta pendopo dan area berwudhu. Halaman kecil di sisi timur ini sudah di tutup dengan keramik. Baik halaman kecil maupun serambinya ini sewaktu waktu dapat digunakan sebagai area sholat tambahan pada saat ruang dalam masjid dan serambinya tak mampu menampung jemaah.

Sisi timur Masjid Jami' Al-Marwah Rawa Lintah
Dari sisi timur ini pula baru kita dapat melihat bangunan ini sebagai sebuah bangunan masjid utuh. Di atas serambi sisi timur ini diletakkan sebuah kubah alumunium serta di sisi atas serambinya di hias dengan kaligrafi kalimat tauhid dalam aksara Arab. Sedangkan di sisi kiri dan kananya dilengkapi dengan dua bangunan yang sedikit ditinggikan dengan atap limas.

Keseluruhan lantai bangunannya memang dibangun lebih tinggi dari permukaan tanah disekitarnya, sehingga untuk masuk ke masjid kita harus melewati empat anak tangga. Atapnya cukup tinggi menghadirkan suasana nyaman di dalamnya. Jendela jendela dan pintu kaca memberikan penerangan alami disiang hari ke dalam masjid ini.

dipertigaan : lokasi masjid Jami' Al-Marwah ini berada persis di pertigaan jalan kampung Rawa Lintah  menuju ke Pulo Kapuk.
Di sisi utara masjid ini tidak dilengkapi dengan serambi tapi berupa tembok dengan bukaan bukaan lebar (jendela terbuka) karena memang menghadap ke lahan kosong milik warga. Dan kerena letaknya yang berada ditengah tengah kampung, menghadirkan suasana tenang di dalam masjid ini.

Tiga serambinya, baik di sisi selatan yang menghadap ke jalan, ataupun yang berada di sisi timur memang cukup nyaman untuk sekedar singgah sholat dan ngaso sebentar apalagi teras utaranya yang bukan merupakan akses masuk dan keluar benar benar nyaman dan tenang.**

di dalam Masjid Jami' Al-Marwah Rawa Lintah
Masjid dan Pendopo, bangunan disisi kanan foto adalah pendopo yang berada disisi timur masjid Jami' Al-Marwah Rawa Lintah
Serambi Timur Masjid Jami' Al-Marwah
--------------------------------

Baca juga Artikel Masjid Masjid Cikarang Utara Lain nya