Sabtu, 22 September 2012

Masjid Al-Ikhlas Graha Ciantra Indah Cikarang Selatan

Masjid Al-Ikhlas Graha Ciantra Cikarang Selatan. [lihat di panoramio].
Masjid Al-Ikhlas yang satu ini berdiri di tengah tengah komplek perumahan Graha Ciantra Indah Cikarang Selatan di koordinat 6°20'45.57"S 107° 6'40.48"E. Komplek perumahan yang letaknya bersebelahan dengan komplek perumahan Villa Mutiara Cikarang. Bangunan masjid yang cukup megah dengan warna hijau dan kuning dengan bentuk atapnya yang tak lazim.  Graha Ciantra Indah dapat di capai dari pertigaan jalan disamping Masjid Al-Muqorrobin Kandang Roda.

Bentuk atappuncaknya memang tak lazim dipakai untuk atap atap masjid di Indonesia karena memang bentuk atap masjid seperti ini merupakan salah satu ciri khas dari masjid masjid di kawasan Tatar, Kaukasus, hingga Uzbek di wilayah wilayah dan pecahan Uni Soviet. Sekedar referensi atap masjid seperti ini masih digunakan untuk pembangunan masjid masjid yang terbilang masih baru di Russia seperti Masjid Memorial Moscow di kota Moskow, Russia.


Sejatinya atap masjid ini merupakan bentuk atap khas masjid Indonesia berupa atap limas (joglo) bertingkat, namun kemudian dimodifikasi ke dalam bentuk yang baru. Posisi masjid ini juga agak unik, berada di tusuk sate sebuah pertigaan yang tak sempurna. Dari arah gerbang utama perumahan masjid ini berada di tikungan ke kanan menuju ke pertigaan yang lokasi nya pas di depan gerbang masjid ini. Gerbang utama masjid ini dengan sendirinya berdiri lurus menghadap ke jalan yang membujur lurus di depannya.

Bangunan masjidnya dilengkapi dengan dua serambi. Serambi utama menghadap ke gerbang utama di sisi utara masjid.  Serambi lainnya berad di sisi timur menghadap ke gerbang timur di sisi jalan lingkungan perumahan. Ruang dalam masjid terasa lega dengan penataan plafon masjid yang mengikuti kontur atap. Ruang dibawah atap tertingginya dibiarkan terbuka untuk ventilasi udara dan cahaya, sisi dalamnya di cat dengan pola langit biru dan awan putih yang lagi popular di masjid masjid baru saat ini.

Malam Hari ::: Masjid Al-Ikhlas di malam hari, karena memang saya singgah ke sini diwaktu magrib dan foto foto yang ada disini diambil diwaktu magrib jadi hasilnya semuanya adalah foto foto di gelap malam. [lihat di panoramio].
Empat sokoguru betonnya di bentuk bundar dan di cat dengan pola retakan batu granit. Pola ini juga memang sedang popular pada bangunan masjid masjid baru saat ini. sedangkan mihrab masjidnya tidak dilengkapi dengan kaca es sebagai sumber cahaya di siang hari. Disengaja atau tidak,

Mihrab dengan rancangan tanpa kaca es ataupun tanpa bukaan kaca seperti ini memang lebih ramah kamera untuk difoto siang hari karena ketiadaan backlight yang akan membuat khatib sholat jum’at yang berdiri disana hanya tampil sebagai siluet saat di foto tanpa blitz dengan kamera saku apalagi dengan kamera hape.

Interior dan Ekterior Masjid Al-Ikhlas Graha Ciantra Indah
Tinggal sedikit lagi bangunan masjid ini akan menyelesaikan keseluruhan rangkaian pembangunannya. Hanya menyisakan sedikit perkerjaa di sisi selatan masjid, sepertinya sedang mengerjakan ruang secretariat atau sejenisnya disebelah area tempat berwudhu.

Alhamdulillah jemaahnya benar benar berdesakan saat sholat Jum’at. Ketika singgah ke sini untuk sholat Jum’at dua pekan lalu, kami hanya kebagian tempat di teras selatan bersebelahan dengan tempat wudhu, singgah kedua kalinya saat sholat magrib, sayangnya kami ketinggalan jemaah utama. Di masjid hanya tersisa beberapa jemaah yang sedang tadarus, dan beberapa anak anak yang sedang belajar mengaji.

Malam Sabtu ::: Bakda magrin hanya tersisa beberapa jemaah di dalam masjid dan beberapa anak anak yang sedang belajar mengaji.
Pengurus Masjid

Kepengurusan masjid ini ditangani oleh DKM (Dewan Kemakmuran Masjid) yang dipilih secara berkala langsung oleh para jemaah. Saat ini DKM Al-ikhlas adalah sebagai berikut ::: Ketuai DKM : Bp. Ruri, Bendahara : Sukamto, Sekretaris : Bambang. W / Jaya.A,  Seksi Pembangunan : Wiryanto, Seksi Pendidikan : Ade Juwara / Kholid, Seksi Da'wah : Dadi Newmayadi / M. Topik, Seksi PHBI : Maryono & Gito, HUMAS : Sandy / Hasan / Supriyono / Arif / Sriyanto, Seksi Penggalangan Dana : Suyanto / Firmansyah / Salim / Nakim / Yuswanto, Seksi Perlengkapan : Sulis / Haris / Soleh / Jumadi / Sali, serta Marbot : M. Agus ::: ***

--------------------------------

Baca juga Artikel Masjid Masjid Cikarang Selatan Lain-nya