Senin, 06 Agustus 2012

Masjid Nurul Jannah Rawa Sentul

Masjid Nurul Jannah Rawa Sentul

Masjid satu ini cukup unik, lokasinya berdiri berada di tikungan kampung Rawa Sentul dari Arah jalan Rusa perumahan Cikarang Baru. Tikungan jalan raya yang melintas di depannya benar benar berada di muka pintu masjid ini. Sebuah bangunan pendopo yang semestinya menjadi tempat beristirahat atau sekedar berteduh, tapi di masjid ini justru merupakan ruas jalan raya tempat lalu lalangnya kendaraan.

Masjid Nurul Jannah
Kampung Rawa Sentul RT. 002 RW 004
Desa Sertajaya, Kecamatan Cikarang Timur
Kabupaten Bekasi – Jawa Barat
Indonesia


Dari Google Maps di atas sangat terlihat letak kampung Rawa Sentul yang makin hari makin terjepit oleh ekspansi komplek perumahan dan kawasan industri Jababeka.

Bangunan aslinya berupa bangunan segi empat berukuran tak terlalu besar dengan atap limas bertingkat. Di dalam masjid tidak ada empat sokoguru, hanya ada satu sokoguru tunggal berdiri di tengah tengah ruangan masjid. Namun kemudian ruang masjid ini diperluas ke sisi timur dengan bangunan tambahan yang bahkan lebih luas dari bangunan induknya.

berdiri di tengah kampung Rawa Sentul, berada di tikungan ganda jalan masuk ke Kampung ini dari arah jalan Rusa, perumahan Cikarang Baru - Jababeka

Hanya ada teras kecil di sisi jalan di depannya dan tembok pembatas setinggi lutut yang membatasinya dengan jalan. Tempat wudhu di sisi barat masjid ini tidak saja dipakai sebagai tempat wudhu tapi kadang kadang dipakai sebagai tempat mencuci oleh warga setempat. Meski kecil bangunan masjid ini sudah dibangun permanen.

Dibangun di atas tanah wakaf

Berdasarkan “Surat Keterangan Wakaf” bernomor 09/SKW/NJ/2008 yang dibuat oleh ketua DKM masjid Nurul Janna, Acam Sanjaya, pada tanggal 13 September 2008 bertepatan dengan tanggal 13 Ramadhan 1429H. bahwa : status tanah Masjid Nurul Jannah adalah wakaf dari :

Masjid Nurul Jannah Rawa Sentul, dibangun di atas tanah wakaf

1. Bapak Mara Bin Maat Bin Kanun (Wakaf Tanah)
2. Bapak H. Bonin Bin Kanin Dan Hj. Rukiyah Binti Samin (Wakaf Tanah)
3. Bapak H. Endin Bin Mara (Wakaf Pondasi Dan Dinding Rumah)

Ketika saya mampir ke masjid ini, ada satu jemaah yang sedang asyk bertadarus sendirian dan satu pedangan keliling yang sedang tidur pulas di teras timur masjid sementara motor beserta barang dagangannya diparkir dibawah pendopo di depan masjid.

interior Masjid Nurul Jannah Rawa Sentul

--------------------------------

Baca juga Artikel Masjid Masjid Jababeka dan sekitar-nya