Jumat, 08 Juni 2012

Masjid Darussalam – Kedasih, Cikarang Baru

Masjid Darussalam

Masjid Darussalam merupakan salah satu masjid di dalam kawasan perumahan Cikarang Baru (Jababeka) kabupaten Bekasi. Lokasinya berdiri di jalan Kedasih IV merupakan salah satu kawasan awal perumahan Cikarang Baru. Lokasinya sebenarnya tak seberapa jauh dari Masjid Nurul Islam di Pasimal, namun berada ditengah tengah perumahan, tidak seperti Masjid Nurul Iman yang berada di jalan utama Cikatang Baru. Lokasi masjid ini berada hanya beberapa meter dari Rumah Susun Jamsostek di ruas jalan yang sama, di komplek perumahan Cikarang Baru. 

Masjid Darussalam

Jl. Kedasih IV Cikarang Baru, Desa Mekarmukti
Kec. Cikarang Utara, Kabupaten Bekasi
, Jawa Barat
INDONESIA 17530


Beberapa kali singgah ke masjid ini untuk sholat Magrib, subhanalloh jema’ahnya benar benar ramai dari berbagai kalangan. Ustadz Sufian Nurdin, salah satu tokoh masjid ini dikenal para tetangganya sebagai tokoh yang tak bosan menyambangi tetangganya sesama muslim untuk bersama sama sholat berjamaah di masjid, setiap waktu sholat tiba. Sebuah kebiasaan yang patut ditularkan dari satu muslim ke muslim lainnya dalam rangka menjalankan pesan nabi untuk senantiasa mengajak kepada kebaikan, sholat berjamaah dan mempererat tali ukhuwah. 
Ba'da magrib di masjid Darussalam Kedasih
Pengajian rutin di Masjid Darussalam diselenggarakan setiap selasa malam. Selain itu Masjid Darussalam ini sarat dengan aktivitas. Dari papan nama yang dipasang di gerbang timur masjid, berjejer lembaga pendidikan dibawah pengelolaan Masjid Darussalam yang masing masing sudah mendapatkan izin resmi dari pemerintah. 
Bidang pendidikan Masjid Darussalam - Kedasih
Taman Kanak Kanak A-Qur’an (TKA)  & Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA/TPQ) Darussalam unit 1126 beroperasi dengan izin dari Departemen Agama No : KD.1016/V/PP.01.1/17/2010. Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Darussalam dengan izin dari Dinas pendidikan nomor : 422/301/SK PAUD/2010 dan Taman Kanak Kanak Islam (TKI) Darussalam dengan izin dari Dinas Pendidikan bernomor 503.15/66-X/SK-TK/BPPT/2010. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi bidang pendidikan Masjid Darussalam Cikarang Baru di nomor telepon (021) 89845709. 
Gerbang Utara Masjid Darussalam
Bangunan masjidnya cukup besar dan megah. Bangunan beton berteras di sekeliling bangunan utama. Atap masjid berbentuk piramida (atap limas bersusun) tanpa sokoguru ditengah masjid. Pintu gerbang nya ada dua masing masing di sisi utara langsung menuju ke pintu masjid sedangkan gerbang timur juga menjadi akses ke bangunan sekolah yang dikelola oleh masjid Darussalam.  
Dari sisi timur Masjid Darussalam
DKM Masjid Darussalam juga sedang merancang proses perluasan masjid sebagaimana dijelaskan dalam rancangan masjid yang dipasang di papan pengumumannya. Perluasan ataupun renovasi pastinya membutuhkan dana yang tak sedikit. nantinya (sesuai dengan rancangannya) masjid ini akan dilengkapi dengan sebuah menara. Proyek pengembangan masjid ini sudah dimulai sejak tahun 2010 lalu dan direncanakan akan selesai pada tahun 2015 nanti. Insya Alloh.

Panorama Masjid Darussalam - Kedasih, Cikarang Baru
 
Fasad Masjid Darussalam sisi Utara
Masjid Darussalam dari arah barat
Dari arah jalan Kedasih IV
Bagian Pagar yang sudah selesai dipasang

Interior Masjid Darussalam - Kedasih, Cikarang Baru

Interior Masjid Darussalam - Kedasih, Cikarang Baru
Lampu gantung di teras Masjid
Lurus ke arah mihrab dari pintu timur
dibawah atap tertinggi
Lampu gantung di ruang utama masjid di bawah atap tertinggi
--------------------------------

Baca juga Artikel Masjid Masjid Jababeka dan Cikarang Baru Lain-nya