Rabu, 25 April 2012

Masjid Al-Ikhlas - Cikarang Baru

Masjid Al Ikhlas Jalan Rusa [kota Jababeka] Cikarang Baru, Kabupaten Bekasi

Masjid Al Ikhlas merupakan salah satu masjid pertama yang berdiri di perumahan Cikarang Baru – Kabupaten Bekasi. Di tahun 1998-1999 masjid ini sudah eksis meski tak sebesar ukurannya saat ini. Kini masjid ini sedang dalam proses perluasan dari dana swadaya jemaahnya sendiri.

Masjid ini juga menjadi kantor Lembaga Pembinaan Pengembangan TK Al-Qur’an Badan Komunikasi Pemuda Masjid Indonesia dengan nomor Unit 1150 berdasarkan SK No. 802 D/SK PKU/LPPTKA 9 /172003.

Lokasi Dan Alamat Masjid

Masjid AL IKHLAS
Jl. Rusa IX Blok L No. 102 Perumahan Cikarang Baru
Desa Sertajaya, Kec. Cikarang Timur
Kabupaten Bekasi, Jawa Barat
Indonesia




Berdiri di tengah komplek perumahan Cikarang Baru (kini disebut kota Jababeka) di sektor Sertajaya masuk dalam administrasi wilayah kecamatan Cikarang Timur, Kabupaten Bekasi, propinsi Jawa Barat. Masjid Al Ikhlas menjadi pelopor masjid di sektor Sertajaya.

Di era tahun 1998 hingga 1999 masjid ini sudah eksis dengan bentuk aslinya berupa bangunan masjid tradisional beratap limas. Citra satelit 20 Juli 2003 masih menunjukkan masjid ini dalam bentuk awalnya dengan beberapa bangunan tambahan disisi utara dan selatannya.

Sesaat menjelang Magrib

Kini masjid Al Ikhlas terus berbenah. Teras masjid yang dulunya dibangun semi permanen menggunakan atap asbes. Kini sudah berubah total bangunan tambahan nya bahkan lebih luas dari bangunan utama masjid nya yang merupakan bangunan aslinya. Pilar pilar besar dan atap beton sudah berdiri kokoh mengelilingi bangunan utama disisi timur, utara dan selatan. Bangunan aslinya juga turut diberikan sentuhan perubahan.

Pintu Selatan

Bangunan lama Masjid Al Ikhlas, kini sudah dikelilingi oleh bangunan baru yang sedang dalam proses pembangunan. tembok dan tiang tiang beton masif sepertinya menunjukkan bahwa masjid ini akan dibangun bertingkat. Bangunan lama masjid masih berdiri ditengah tengah. bangunan baru ini disatukan dengan baik dengan bangunan lama.

Sesaat menjelang qomat

Jemaah sholat magrib di masjid ini hampir memenuhi seluruh ruang utama masjid di bangunan lama. ramai oleh anak anak dan ramai juga oleh jemaah remaja dan dewasa. sebagian jemaah masbuk pada ahirnya benar benar memenuhi shaf hingga ke shaf paling belakang. Alhamdulillah.

Pintu Selatan

Bangunan baru masjid Al Ikhlas Cikarang Baru ini masih membutuhkan banyak dana untuk penyelesaian proses pembangunannya. Dana pembangunan yang berasal dari swadaya  jemaah memang membutuhkan waktu lama untuk penyelesaian sebuah proyek pembangunan masjid. Namun hasilnya terasa lebih nikmat ketika suatu hari menikmati hasil jerih payah sendiri. Semoga pembangunannya lekas selesai dan barokah bagi semua. Amin.

--------------------------------

Baca juga Artikel Masjid Masjid Jababeka dan Cikarang Baru Lain-nya