Senin, 03 Januari 2011

Masjid Jami’ Nurul Huda, Tegal Gede, Cikarang

Masjid Jami' Nurul Huda, Tegal Gede, Cikarang

Alamat Dan Lokasi Masjid

Jalan Industri Tegal Gede, Desa Pasirsari
Kecamatan Cikarang Selatan
Kabupaten Bekasi 17550
Provinsi Jawa Barat

Lokasi masjid ini tak jauh dari gerbang utama kawasan industri Jababeka I dan II (KIJ I & II) di Cikarang. Dari pintu tol lemah abang, belok ke kiri ke arah Lemah Abang, setelah melewati jembatan kali malang berarti anda sudah dekat dengan masjid ini yang lokasinya berada di sebelah kiri jalan.



Masjid SBY

Masjid megah berlantai dua ini kadang kadang disebut masyarakat Cikarang (Dengan nada berseloroh) sebagai masjid SBY karena beberapa kali SBY melakukan kunjungan singkat ke Cikarang beliau sholat zuhur di masjid ini. Maklumlah kawasan industri Jababeka sendiri belum memiliki Masjid Besar / Masjid Agung / Masjid Raya, atau apapun namanya lah yang cukup representatif untuk menjamu kepala Negara yang sedang berkunjung ke kawasan tersebut. 

YPI NURUL HUDA. Bangunan dengan genteng bewarna merah di bagian kiri belakang foto, adalah gedung sekolah milik Yayasan Pendidikan Islam Nurul Huda.
Bangunan Masjid Jami’ Nurul Huda Tegal Gede ini berada dalam komplek Yayasan Pendidikan Islam Nurul Huda yang berlokasi di belakang masjid. Di alamat yang sama dengan nomor telepon (021) 898 30480. YPI Nurul Huda (status diakui) menyelenggarakan pendidikan Madrasah Ibtidaiyah (SD), Madrasah Tsanawiyah (SMP), dan Madrasah Aliyah (SMU). Yayasan pendidikan ini tak lepas dari peran keluarga besar Haji Salim, salah satu pengusaha sukses asli Cikarang yang kediamannya tak seberapa jauh dari masjid ini.

Gerbang Masjid dan juga gerbang sekolah Yayasan Pendidikan Islam Nurul Huda

Lokasinya yang begitu strategis, di ruas jalan utama Cikarang, di tengah tengah kawasan keramaian ditambah dengan sekolah Islam yang disebutkan tadi membuat masjid ini senantiasa ramai di lima waktu sholat fardu. Ditambah lagi dengan pengguna jalan yang melintas di daerah tersebut bertepatan dengan waktu sholat tiba. Jangan heran bila di hari jum’at, hampir setengah badan jalan dipenuhi oleh parkir kendaraan yang tak tertampung di lahan parkir di pekarangan sekolah sedangkan seluruh halaman parkir di dalam pagar masjid penuh sesak oleh jemaah.

Setiap hari Selasa malam Rabu setiap pekan kedua dan ke empat setiap bulan, ba'da sholat Magrib, DKM Masjid Nurul Huda menyelenggarakan pengajian dua mingguan. pengajian yang diikuti oleh jamaah warga sekitar dan jemaah yang sedang singgah serta tokoh masyarakat setempat termasuk keluarga besar H. Agus Salim turut serta dalam pengajian ini.

KONSUMSI. Pengurus Masjid sedang menyiapkan konsumsi bagi para peserta pengajian di teras sisi selatan masjid

Pengajian dimulai dengan pembacaan surat yasin lalu dilanjutkan dengan zikir dan ditutup dengan siraman rohani, sampai waktu sholat Isya tiba. Panitia juga menyediakan konsumsi untuk seluruh peserta pengajian. Disebelah utara masjid berdiri bangunan lain yang merupakan bangunan tempat pengajian ibu ibu jemaah masjid Nurul Huda.

So, bila sedang berkunjung ke sekitar kawasan industri Jababeka Cikarang, masjid ini bisa dijadikan salah satu tempat singgah untuk menunaikan kewajiban ibadah sholat atau sekedar melepas lelah di terasnya yang cukup luas.

Foto foto Masjid Jami' Nurul Huda, Tegal Gede

JELANG MAGRIB, di masjid Jami' Nurul Huda Tegal Gede Cikarang
BA'DA MAGRIB, di masjid Jami' Nurul Huda Tegal Gede Cikarang
Masjid Nurul Huda dilihat dari Rumah Sakit Medirosa yang satu deret dengan Masjid tersebut di ruas jalan yang sama

Updated : Jum'at, 15 April 2011 | 2 Mei 2016

-------------------------------ooOOOoo --------------------------------

Baca juga Artikel Masjid Masjid Jababeka dan Cikarang Baru Lain-nya