Minggu, 26 Desember 2010

Masjid Al-Jihad Cikarang Baru

Masjid Al-Jihad Cikarang Baru ini di bangun di atas lahan yang cukup luas. Foto ini diabadikan dari depan gedung serbaguna warga yang berada di lahan yang sama.

Masjid Al-Jihad Cikarang Baru ini merupakan salah satu bangunan masjid yang dibangun atas bantuan dari Yayasan Bulan Sabit Internasional dari sumber sumber keuangan Timur  Tengah. Berlokasi di dalam komplek perumahan Cikarang Baru yang terintegrasi dengan kawasan Industri menjadikan masjid ini sebagai salah satu pilhan tempat melaksanakan sholat terutama sholat wajib jum’at bagi karyawan yang bekerja di perusahaan perusahaan di kawasan Industri Jababeka II.

Lokasi Masjid Al-Jihad Cikarang Baru

Jalan Beruang X / Jalan Tarum Barat I No. 9
Perumahan Cikarang Baru, Kota Jababeka, Kecamatan Cikarang Pusat
Kabupaten Bekasi, Provinsi Jawa Barat. Indonesia.




Masuk ke kawasan Industri Jababeka II, melewati Plaza JB, Pasimal, Menuju Ruko puspa, berbalik arah disana, lalu berbelok ke kiri menyusuri jalan yang membujur sepanjang kali Cilemahabang. Lurus melewati SPBU Pertamina disebelah kiri, jembatan ke kawasan industri di sebelah kanan sampai ujung jalan yang di tutup dengan portal.  

Dari situ belok ke kiri, anda sudah berada di depan lahan fasos / fasum tempat masjid ini berada. Anda juga dapat mengakses masid ini dari jalan kali malang. Lihat peta interaktif di atas. Masjid Al-Jihad ini dibangun pada bulan Maret 2005 atas bantuan dana dari Bulan Sabit Merah Uni Emirat Arab, sebagaimana dijelaskan dalam batu prasasti pendirian yang dipasang di tembok selasar sisi selatan.

Sisi depan masjid Al-Jihad

Dangun di atas lahan Fasos/Fasum yang cukup luas. Meskipun lahan tersebut tepat ditepian kali Cilemah Abang, karena posisi lahannya yang sejak awal sudah ditinggikan oleh pengembang bahkan permukaan lahan ini lebih tinggi dari lahan perumahan, membuat masjid ini cukup aman dari terpaan banjir.

Di awal pembangunan masjid ini tak dilengkapi dengan bangunan tambahan berupa tenda yang kini dibuat permanen menutup sebagian kecil lahan di sekelilingnya. Tenda tersebut juga memayungi areal tempat wudhu tambahan di sebelah selatan masjid.

Teras sisi timur, sama seperti sisi sebelah selatan disisi ini juga sudah ditambah dengan tenda permanen untuk menampung jemaah.

Masjid dengan design sederhana berdasarkan arsitektur asli Indonesia dengan atap limas bertumpang dua, di puncak atap dipasang Kubah kecil dari alumunium pengganti Mastaka seperti yang biasa dipakai masjid masjid tua. Ruang sholat masjid ini dapat dimaksimalkan dengan meniadakan empat sokoguru di tengah masjid. Struktur atap langsung di topang oleh tiang tiang yang menyatu dengan tembok masjid.

Ke tiga sisi masjid (kecuali sisi depan) di pasang jendela jendela kaca dengan design terbuka. Pekarangan masjid yang dipakai untuk lahan parkir sudah di tutup dengan paving blok. Tempat wudhlu untuk jemaah pria dan wanita berikut gerbang masuk pun sudah di pisahkan. Dan yang paling penting, Alhamdulillah. Masjid ini senantiasa makmur oleh jemaah di lima waktu sholat fardhu. Berikut beragam kegiatan rutin yang dikelola pengurus masjid dan jemaah.

Foto Foto Masjid Al-Jihad Cikarang Baru

Plakat pembangunan masjid
Pintu khusus untuk akhwat (wanita)
Mihrab dan mimbar
Teras sisi selatan masjid. Ditembok bagian depan terpasang plakat pembangunan masjid ini seperti pada foto sebelumnya.

--------------------------------ooOOOoo --------------------------------

Baca juga Artikel Masjid Masjid Jababeka dan Cikarang Baru Lain-nya