Sabtu, 05 Mei 2012

Metamorfosis Masjid Al-Gufron Kampung Panjalin

Masjid Al-Gufron Kampung Panjalin, Pasir Sari, Cikarang Selatan, Kab. Bekasi

Dimana Sih Kampung Panjalin ?

Jangankan anda yang jauh, warga kota Jababeka di Cikarang pun tak semuanya tahu letak kampung Panjalin yang notabene berada di tengah kawasan Industri Jababeka II. Kampung Panjalin adalah salah satu kampung di Cikarang, kabupaten Bekasi, yang sudah terkepung oleh kawasan Industri Jababeka tahap dua, selain kampung ini masih ada kampung Rawa Sentul yang lokasinya kini juga terkepung oleh kawasan Industri Jababeka dan beberapa kampung lainnya.

Lokasi Masjid Al-Gufron Panjalin

Masjid Al-Gufron
Kampung Panjalin RT.02 /010 Desa Pasir Sari
Kecamatan Cikarang Selatan, Kabupaten Bekasi
Propinsi Jawa Barat, Indonesia


Bagi anda yang tinggal di Jababeka ataupun di Cikarang, patokan anda untuk menuju salah satu masjid di Kampung Panjalin ini dapat dimulai dari perempatan Rumah Sakit Harapan Internasional di Jababeka dan Wisma Mattel II. Kampung yang berada di belakang wisma Mattel dan pabrik di daerah itu adalah Kampung Panjalin.

Di samping wisma mattel ada ruas jalan jababeka, beberapa meter setelah melewati wisma Mattel ada gerbang masuk ke kampung Panjalin di kiri dan kanan jalan. Gerbang kiri adalah gang Masjid, menuju Masjid Darul Falah Panjalin, bila diteruskan akan tembus ke perumahan di Kedasih. Gerbang di kanan itu Jalan Embah Jangkung, masuk ke jalan kecil ini, menikung ke kiri, melewati gedung SD-N Pasir Sari, jejeran kontrakan dan rumah rumah penduduk. Tak jauh dari sana Masjid Al Gufron berada.

Baru & lama ::: Bangunan lama Masjid Al-Gufron di latar belakang dan masjid baru di sisi depan-nya yang sedang dalam pembangunan

Lokasinya memang terjepit diantara rumah rumah penduduk, dari jalan Embah Jangkung yang terlihat hanya puncak atap limasnya saja karena terhalang oleh satu bangunan lainnya. Pasokan air disediakan dari Jababeka terlihat jelas dari logo pengelola kawasan itu yang dipampang di fasiltas keran air bersih di samping masjid yang dijadikan pasokan air wudhu dan keperluan warga sekitar.

Dilirik dari lokasinya, jelas masjid ini dulunya berada di ujung kampung, mungkin ditepian sawah atau empang penduduk. Tapi kini tak ada lagi sawah atau empang, yang ada jejeran pabrik pabrik milik pengusaha asing. Ada akses gang sempit menuju ke kawasan pabrik itu dari pagar tembok jababeka yang dijebol.

bangunan baru Masjid Al-Gufron dari sisi selatan, menghadap ke komplek industri

Dan dapat dipastikan masjid ini merupakan masjid terdekat bagi karyawan karyawati yang bekerja di pabrik pabrik di sekitar lokasi tersebut terutama bagi karyawan yang akan sholat fardhu Jum’at, meskipun akses menuju ke masjid dari kawasan hanya berupa pagar tembok yang di jebol. Padahal sama sekali tak ada masjid milik pengelola kawasan di sekitar itu.

Masjid Al-Gufron aslinya berupa masjid bergaya tradisional Indonesia, ukuran sedang bagi ukuran masjid kampung. Bangunan masjid tradional Indonesia dengan atap limas bersusun tiga, berdenah bujur sangkar, dilengkapi dengan teras permanen. Di dalam masjid berdiri dua batang tiang (bukan empat seperti kebanyakan masjid tradisional lainnya) menopang struktur atap. Teras di sisi timur lebih luas dibandingkan dengan teras di dua sisi lainnya (utara dan selatan) tempat wudhu dan toilet diletakkan di teras sisi selatan)

Bangunan lama Masjid Al-Gufron

Saya maklum bila kesan pertama anda melihat masjid ini adalah ‘tua dan kurang terawat’ karena memang begitu adanya. Tapi yang menarik adalah bangunan yang sedang dikerjakan disisi selatannya itu. Bangunan beton bertulang, tegap dan kokoh. Bangunan itu adalah bangunan masjid baru yang sedang dalam proses penyelesaian tahap pertama.

Bangunan masjid baru yang sedang dikerjakan ini total berbeda dengan bangunan masjid lama yang masih berdiri dan masih dipakai. Keseluruhan konstruksinya menggunakan beton termasuk atap masjid. Fisik bangunannya sudah selesai, detil bangunannya yang butuh perhatian lebih, karena akan terlihat sebagai hasil ahir.

interior bangunan baru Masjid Al-Gufron Panjalin

Sisi mihrab masjid bahkan sudah selesai di cat, pilar pilar beton di dalam masjid juga sudah selesai dikerjakan. Interiornya sudah di cat. Namun lantai masih belum disentuh. Para pekerja sedang sibuk meneruskan pembangunan masjid ini. Kokohnya bangunan yang sisi luarnya juga sudah di cat ini terlihat jelas dari arah pabrik pabarik di seberangnya, karena memang di bangun di lahan yang berhadapan langsung dengan kawasan pabrik pabrik itu dan di permukaan tanah yang lebih tinggi.

Sangat kontras menyaksikan dua bangunan masjid ini. Antara masjid tradisional yang kini bahkan sudah terlihat mungil dibandingkan dengan masjid baru yang sedang dikerjakan itu. Dengan pilar pilar beton berukuran besar. Sebuah bangunan masjid modern. Bisa jadi bangunan masjid lama ini nantinya akan dirobohkan setelah bangunan masjid baru-nya selesai. Ataupun mungkin akan difungsikan untuk keperluan lain ? saya belum tahu pasti.

dan ini adalah interior bangunan lama masjid Al-Gufron Panjalin

Layaknya sebuah metamorphosis yang belum selesai, kita tunggu sampai semuanya selesai dengan baik, mungkin tahun ini atau tahun depan atau mungkin lebih cepat atau lebih lama dari itu. Yang pasti Insya Alloh tulisan ini nanti akan kita sempurnakan setelah masjid Al-Gufron yang baru sudah berdiri dengan megah di Kampung Panjalin. (Jababeka 5/5/2012).

Foto Foto Masjid Al Gufron

baru dan lama ::: disebelah kanan adalah bangunan masjid lama dan yang baru berdiri
megah di sebelahnya
masjid lama Al Gufron dari serambi bangunan baru yang belum selesai
sisi utara bangunan baru bersebelahan dengan sisi selatan bangunan lama
serambi / teras bangunan masjid lama Al Gufron
bangunan baru Masjid Al Gufron dipandang dari teras bangunan lama
Puncak atap bangunan Masjid Lama Al Gufron, klasik khas Indonesia.
Sebelah kiri foto menyembul di balik atap bangunan bergenteng merah adalah bangunan lama masjid Al-Gufron,  ditengah adalah bangunan baru Masjid Al Gufron yang masih dalam proses pembangunan, dan paling kiri disebelah pohon asam itu adalah bangunan pabrik pabrik di kawasan Jababeka II.

Setelah Lima Tahun Berlalu

Masjid Al-Gufron di bulan Maret 2017. proses pembangunan lantai dua dimulai (Updated : 22/03/2017)

--------------------------------

Baca juga Artikel Masjid Masjid Jababeka dan Cikarang Baru Lain-nya