Senin, 06 Agustus 2012

Masjid Jami Mekar Indah - Jababeka

Masjid Jami' Mekar Indah, Cikarang Baru, Jababeka, Kabupaten Bekasi


Ini salah satu masjid yang senantiasa semarak dengan beragam aktifitas. Berdiri megah di sektor Mekar Indah, Perumahan Cikarang Baru, Kota Jababeka. masjid yang dari segi arsitektural sukses memadukan arsitektural tradisional Indonesia dan seni bina bangunan modern. Dan, Masjid Mekar Indah ini menjadi salah satu dari dua Masjid di Jababeka yang tak memiliki nama dalam Bahasa Arab yang biasa disematkan ke nama masjid. Masjid lainnya adalah Masjid Tropikana. Awalnya masjid ini sempat bernama sebagai Masjid Raya Mekar Indah lalu kemudian berubah menjadi Masjid Jami’ Mekar Indah.

Masjid Raya Mekar Indah
Jl. Puspita II No. 1, Sektor Mekar Indah
Perumahan Cikarang Baru, Kota Jababeka
Desa Mekarmukti, Cikarang Utara, Kabupaten Bekasi 17550
Jawa Barat – Indonesia
Telp.021 8983 2007 




Di Google map di atas Masjid Mekar Indah atau biasa disingkat MMI oleh pengurusnya ini masih berdiri sendirian di tanah lapang di Sektor Mekar Indah. Aktualnya kini tanah lapang itu sudah terbelah belah menjadi beberapa unit bangunan rumah kost executive menghadap ke Kali Cilemah Abang diluar pagar Sektor Mekar Indah.

Ada cerita sendiri tentang tanah lapang itu, (menurut salah saru warga disana) dulunya tanah lapang itu semuanya adalah lahan milik warga MI sebagai lahan fasos/fasum. Ketika pengembang kemudian mulai membagi bagi lahan tersebut, warga yang tak terima lahan miliknya diganggu gugat, memenangkan “perundingan damai” dengan pengembang dan berujung pada sejumlah kompensasi untuk kepentingan seluruh warga yang sebagian dananya juga mengalir ke kas Masjid. Menarik ya, jarang loh ada pengembang yang mau bertanggung jawab kayak begini.

dari sisi Utara
Bangunan MMI ini pada dasarnya berdenah segi delapan, dari dua segi empat bujur sangkar yang ditumpuk dua salah satunya diputar 45° menghasilkan segi delapan sempurna. Ke empat sisi masjid ini menghasilkan empat serambi di empat sisinya dan semuanya berdenah segi tiga yang dipancung sisi lancipnya untuk menempatkan pintu masuk, menghasilkan bentuk bangunan yang unik.

Pola segi delapan di masjid ini memang dominan, bahkan tak ditemui bentuk lengkungan yang biasa dijumpai di kebanyakan bangunan masjid termasuk pada arkadenya, semuanya bersegi dan bersudut. Termasuk bentuk bentuk kusen kusen jendela di lantai satu dan dua.

Sisi selatan
Sepasang tangga akses ke lantai dua diletakkan di sisi kiri dan kanan luar masjid. Pada awalnya dulu, bahkan rancangan awal masjid MMI ini tidak dilengkapi dengan teras beton seperti yang sekarang berdiri tapi hanya berupa bangunan utamanya yang berdenah segi delapan. Bangunan itu kemudian ditambah dengan teras luas disekeliling bangunan utama.

Tidak ada void (ruang terbuka) antara lantai satu dan lantai dua karena memang lantai dua masjid ini difungsikan sebagai area pendidikan dan fungsi lainnya, termasuk ma’had bahasa arab dan lainnya. Setelah beberapa tahun setelah bangunan awalnya bediri kini masjid ini sudah dilengkapi dengan bangunan kelas permanen di sisi selatan dan bangunan pendukung lainnya.

MMI berada di bawah pengelolaan Yayasan MMI yang diketuai oleh H. Imam Hambali S.si. Salah satu agendanya adalah melaksanakan gerakan sosial kunjungan dan memberikan bantuan bagi korban bencana, program program Ramadhan termasuk tarhib ramadhan yang begitu semarak dengan acara pawai obor menyambut ramadhan.






--------------------------------

Baca juga Artikel Masjid Masjid Jababeka dan Cikarang Baru Lain-nya