Sabtu, 29 Juni 2019

Masjid Raya Al Muttaqin Kota Bogor

Masjid yang besar dan megah berlantai tiga di tepian ruas jalan Ahmad Adnawijaya, Bogor Utara, kota Bogor

Sesuatu yang paling menarik dari masjid ini bagi kami adalah slogan masjidnya yang terpampang di papan namanya yang menghadap ke ruas jalan Achmad Adnawijaya, disana ditulis “Masjid Tahfidz” Al-Muttaqin. Menarik karena jarang menemukan masjid dengan menentukan spesialisasinya seperti ini.

Masjid Raya Al-Muttaqin berada di ruas Jalan Achmad Adnawijaya, Bumi Indraprasta 2, Bogor Utara, Kota Bogor. Berdiri diantara jejeran café dan kios kios kuliner yang berjejer disekitarnya. Bangunan masjidnya megah, dibangun tiga lantai meski tampak beberapa bagian ekteriornya belum benar benar rampung 100% proses finishingnya.

Masjid Raya Al Muttaqin
bumi indraprasta 2, Jl. Achmad Adnawijaya No. 112 RW.15
Tegal Gundil, Bogor Utara, Kota Bogor, Jawa Barat
Telp/WA 0857 7264 5061 / 0821 2600 0718



Dari arah jalan raya bangunan masjid ini tampak dominasi empat jejer anak tangganya yang berukuran besar sebagai akses dari halaman depan menuju langsung ke lantai dua. Atap masjid di dominasi kubah beton berukuran besar bewarna hijau.

Empat jejer tangga besar ini mengapit akses menuju ke lantai dasar masjid. Dua jejer tangga disebelah kiri khusus untuk Jemaah Akhwat, sedangkan dua jejer anak tangga besar di sebelah kanan khusus untuk Jemaah Ikhwan.

Masjid berspesialisasi Tahfizd dengan program pembibitan penghafal Al-Qur'an.
Denah bangunannya simetris. Tempat wudhu dan toilet berada disamping masing masing tangga di lantai dua. Bangunan masjid juga dilengkapi teras cukup lapang di sisi kiri dan kanan di lantai dua. Tangga menuju ke lantai 3 ditempatkan diteras depan lantai dua diantara pintu utama Jemaah Ahwat dan ikhwan.

Ruang sholat utama masjid ini terasa begitu lega dan lapang karena tingginya atap bangunan dan ketiadaan tiang di tengah ruangan. Hampir seluruh ruangan masjid ini berada dibawah kubah utamanya yang dibagian dalam dihias dengan lukisan berpola geometris bewarna coklat muda dan coklat tua tanpa kaligrafi. Ruangan tampak benderang disiang hari karena nyaris seluruh dinding masjid ini dibangun dari dinding kerawang yang yang juga berpola geometris kecuali dinding sisi kiblat nya yang dibangun tembok massif di lapis keramik.

Ruang sholat utama.
Ruang mihrabnya cukup luas sepi dari ornamen ukir ataupun kaligrafi kecuali satu lafazd Allah dalam bingkai bundar dibagian atas, seluruh tembok bagian mihrab dilapis dengan keramik warna hitam. Satu mimbar kayu berukir ditempatkan ditengah mihrab bersebelahan dengan sajadah untuk imam.

Naik ke lantai tiga atau lanti dua di ruang sholat, kita akan menemukan bahwa ruangan di lantai tiga ini berbentuk bundar mengikuti bentuk lingkaran dasar kubah yang begitu besar diatas kepala kita. Seluruh dinding ruang lantai tiga ini dibuat dari dinding kerawang yang membuatnya terang benderang dengan angin semilir menembus celah celah dinding kerawang.

Ruang sholat di lantai atas (lantai 3).
Kami tak menemukan prasasti atau plakat peresmian atau pembangunan masjid ini baik diluar ataupun didalam masjid. Bila merujuk kepada laporan blog plongsite yang di unggahnya ditahun 2016, masjid ini telah dibangun sejak tahun 2000 dan hingga tahun 2016 bangunan masjid ini masih berupa kerangka beton meski sudah digunakan untuk peribadatan dilantai basement (lantai-1) nya.

Bila melihat dari rancangbangun, lahannya yang masih luas dan fakta bahwa proses pembangunan masjid ini belum rampung keseluruhannya serta gaya rancangannya yang mengadopsi gaya Turki Usmani dalam sentuhan modern, sepertinya pembangunan masjid ini akan terus dilanjutkan ke pembangunan menara dan sentuhan ekterior dan interiornya. Temukan lebih banyak foto masjid ini di posting selanjutnya.***

------------------------------------------------------------------
Follow & Like akun Instagram kami di @masjidinfo dan @masjidinfo.id
🌎 gudang informasi masjid di Nusantara dan mancanegara.
------------------------------------------------------------------

Baca Juga


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

hindari komentar yang berbau SARA