Minggu, 09 Juni 2019

Masjid dan Pondok Pesantren Al-Muhajirin Tegaldanas


Masjid Al-Muhajirin di kompleks pondok pesantren Al-Muhajirin di desa Jayamukti, Cikarang Pusat. Tampak begitu megah dengan menara tunggal. Kubah besar di atap masjid di apit dengan beberapa kubah kubah dengan ukuran yang lebih kecil.

Masjid megah satu ini merupakan masjid yang berada di dalam kompleks pondok pesantren Al-Muhajirin di kampung Tegal Danas, desa Jayamukti, kabupaten Bekasi, Jawa Barat. Lokasinya tidak jauh dari pasar Tegal Danas. Pondok pesantren Al-Muhajirin saat ini dipimpin oleh KH. Asep Saepudin.

Kompleks pondok pesantren ini berdiri di atas lahan yang cukup luas dan terdiri dari beberapa gedung fasilitas pendidikan dan hunian untuk para santri, gedung gedung penunjang aktivitas lainnya dan satu masjid jami yang berdiri megah ditengah tengah komplek pondok pesantrem ini.

Pondok Pesantren Al-Muhajirin Tegaldanas
Jl. Raya Tegaldanas, Desa Jayamukti
Cikarang Pusat, Kab. Bekasi, Jawa Barat


Bangunan masjidnya dibangun dua lantai dengan satu menara berdiri kokoh di sebelah tenggara terpisah dari bangunan utama masjid. Ruang peribadatan utama masjid ini terletak di lantai dua, ada jejeran anak tangga panjang menghubungkan halaman depan masjid langsung ke lantai dua. Lantai dasarnya digunakan untuk berbagai keperluan santri.

Masjid ini tidak dilengkapi dengan daun pintu dan begitu banyak bukaan yang membuat suasana di dalamnya tetap adem di suhu Cikarang yang panas. Sebagai masjid pesantren, tentu saja masjid ini senantiasa ramai oleh para santri yang beraktivitas disana.

Suasana yang tenang jauh dari keramaian meski komplek pondok ini sebenarnya bersebelahan dengan kawasan industry Jababeka. Hanya saja komplek pondok ini dirancang sedemikian rupa sehingga tidak berada ditepian jalan utama tegaldanas, namun agak masuk ke dalam melalui jalan akses satu satunya menuju ke kompleks ponpes ini.

Menjulang diantara atap atap pabrik kawasan industri Jababeka.
Pondok Pesantren Al-Muhajirin ini juga memiliki sekolah umum mulai dari TK Islam, SDIT, SMP hingga SMK yang semuanya berada di dalam komplek yang sama. Kompleks pondok ini juga bersebelahan dengan tempat tinggal para pengasuh dan pengurus pondok.

Bila anda melintas di ruas jalan tegal danas – simpangan, anda akan menemukan  masjid Al-Muhajirin yang mungil dengan rancangan yang indah, nah komplek pondok pesantren Al-Muhajirin dan masjid megahnya ini berada jauh dibelakang masjid tersebut, melalui ruas jalan disamping masjid melewati jejeran pertokoan yang baru berdiri disana. Saya akan ajak anda bercerita tentang masjid ini melalui foto di posting berikutnya.***

------------------------------------------------------------------
Follow & Like akun Instagram kami di @masjidinfo dan @masjidinfo.id
🌎 gudang informasi masjid di Nusantara dan mancanegara.
------------------------------------------------------------------

Baca Juga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

hindari komentar yang berbau SARA