Sabtu, 08 Juni 2019

Masjid Al-Fudhola Batu Qur'an, Pandeglang, Banten

kubah unik Masjid Jami' Al-Fudhola Batu Qur'an.

Batu Qur’an adalah objek wisata pemandian alami di desa Kadubungbang kecamatan Cimanuk, kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten. Pemandian alami ini memiliki daya tarik tersendiri bagi para wisatawan dari berbagai daerah karena kisah kisah masa lalu yang terkait dengan pemandian alami tersebut.

Setidaknya ada tiga versi kisah situs pemandian alami batu Qur’an ini dan semuanya terkait dengan sejarah penyebaran Islam di daerah tersebut dan daerah sekitarnya. Dua versi kisah tersebut kait mengait dengan kesultanan Banten dan satu versi terkait dengan masa kerajaan Padjajaran.

Versi pertama menyebutkan keterkaitan situs pemandian alami ini dengan tokoh ulama bernama Syekh Maulana Mansyur. Tak jelas benar nasab beliau da nasal usulnya. Versi kedua mengaitkan pemandian ini dengan tokoh ulama kesultanan Banten dan juga putra dari Sultan Ageng Tirtayasa, beliau dikenal dengan nama Syekh Mansyuruddin. Sedangkan versi ketiga mengaitkan pemandian alami ini dengan Raden Kian Santang, putra bungsu Prabu Siliwangi dari Istrinya, Putri Subang Larang.

Jalan desa di depan masjid Jami' Al-Fudhola.
Yang manapun dari versi kisah tersebut, bila anda berkunjung kesana dan bertemu dengan penjaga pemandian ini atau biasa disebut kuncen, beliau hanya akan menyarankan anda berkunjung ke pemandian ini dan tidak berkunjung ke situs “ziarah” yang lainnya yang juga ada di sekitar tempat tersebut.

Dan kini kisah dari tiga versi tersebut diatas kini menjadi berkah tersendiri bagi warga setempat. Ramainya pengunjung dari berbagai daerah telah membantu perputaran roda perekonomian masyarakat setempat. Warung warung menyediakan berbagai keperluan pengunjung mulai dari warung nasi, warung kopi dan sebagainya hingga ke warung warung yang menydiakan berbagai jenis oleh oleh bagi para pengunjung, hingga jasa WC dan Kamar mandi umum berjejer di sekitar lokasi ini.

Untuk mencapai lokasi pemandian Batu Qur’an, pengunjung harus melewati jalan kecil yang menurun melewati jejeran anak tangga, disebelah timur jalan utama desa. Di sisi kiri dan kanan jalan kecil ini berdesakan warung warung masyarakat setempat yang menjual beraneka dagangan. Ada petugas penarik retribusi di dekat pintu masuk pemandian dengan nilai retribusi yang wajar.

Masjid Al-Fudhola Batu Qur'an
Desa Kadubungbang, Kecamatan Cimanuk
Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten 42271



Hanya beberapa meter dari simpang menuju pemandian alami batu Qur’an ini berdiri masjid Jami Desa Kadubungbang, sekitar beberapa meter saja ke arah selatan tak jauh dari lokasi tempat parkir kendaraan area wisata, yang juga berada di jejeran yang sama dengan masjid ini. Masjid Jami’ ini diberi Nama Masjid Jami’ Al-Fudhola.

Bangunan masjidnya cukup megah dan besar, dengan gaya rancangan yang cukup menarik terutama pada bentuk kubahnya yang tak biasa. Masjid ini memiliki satu kubah utama dan dua kubah lainnya yang ditempatkan diatas beranda dengan ukuran yang hampir sama. Masing masing kubah ini ditempatkan diatas penopang yang cukup tinggi sehingga menyerupai menara dengan ukuran lebih pendek.

Menara tunggalnya dibangun di sisi selatan bangunan masjid menjulang dengan satu kubah berukuran kecil di puncaknya. Warna hijau dan kuning mendominasi bangunan masjid ini. Halaman parkirnya cukup luas, hanya saja pengujung yang datang dari arah utara akan diarahkan untuk parkir di area parkir yang memang sudah disediakan untuk pengunjung.

Image yang anda temukan di google street view google map, masjid ini masih dalam tahap penyelesaian renovasi. Belum sempurna seperti foto di atas.
Sebagai masjid yang berada di objek wisata, masjid ini tentunya menjadi salah satu persinggahan bagi pengunjung yang datang kesana. Ditambah lagi dengan mushola yang ada di lokasi pemandian tidak selalu dibuka untuk umum.

Objek wisata Batu Qur’an ini berada sekitar 12 kilometer dari alun alun Pandeglang ke arah barat. Bila anda keluar dari pintu tol serang timur, terpaut jarak sekitar 38 kilometer dapat ditempuh sekitar satu jam.

Sekedar tambahan informasi, karena salah satu versi sejarah pemandian alami ini terkait dengan kesultanan Banten, dan keraton nya berada disekitar Masjid Agung Banten. Akan cukup menarik apabila anda berkunjung kesana, sekaligus juga berkunjung ke Kompleks Masjid Agung Banten di Banten Lama, kota Serang, yang berada sekitar 45 kilometer ke sebelah utara dari lokasi ini atau dengan perjalanan sekitar 1 setengah jam.***

------------------------------------------------------------------
Follow & Like akun Instagram kami di @masjidinfo dan @masjidinfo.id
🌎 gudang informasi masjid di Nusantara dan mancanegara.
------------------------------------------------------------------

Baca Juga

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

hindari komentar yang berbau SARA