Minggu, 23 Juni 2019

Album Foto Masjid Andalusia Islamic Center Bogor


Melanjutkan posting kami sebelumnya tentang Masjid Andalusia di kawasan Sentul City, Kabupaten Bogor, berikut ini kami sajikan album foto Masjid Andalusia Islamic Center sebagai pelengkap dari artikel tersebut. Semoga bermanfaat.

MASJID MODEREN. Masjid Andalusia dibangun dengan gaya bangunan masjid moderen lengkap dengan kubah besar di atap masjid dan empat menaranya yang menjulang seakan menusuk langit dengan ujung ujungnya yang runcing. Selain bangunannya yang begitu megah, pengelolaan masjid ini melibatkan personal yang memang memiliki keahlian di bidangnya masing masing.
LEGA. Ruang sholat utama masjid ini sangat lega, lebih terasa lega dengan ketiadaan tiang tiang penopang di dalam ruangan utama ini. struktur atapnya yang dirancang dengan struktur semi monoque menghasilkan ruang yang terasa lebih lega dan tidak membutuhkan pilar penopang tampbahan untuk menyanggah struktur atap. Area lantai tiga yang tampak sedikit di sisi kiri dan kanan pada hari biasa juga dijadikan area istirahat bagi jemaah laki laki.
MIHRAB DAN MIMBAR. Meski terinspirasi dari kejayaan Andalusia, mimbar di masjid ini hanya menggunakan satu podium kecil yang ditempatkan di tengah ruang mihrab. Tidak seperti tradisi masjid masjid Eropa yang biasa menggunakan mimbar berukuran tinggi dan besar dengan jejeran anak tangga yang cukup tinggi. Ruang mihrab mendapatkan cahaya matahari langsung dari kaca patri dengan lafazd Allah di dinding mihrab.
AREA SHOLAT JEMAAH PEREMPUAN juga ditempatkan di ruang sholat utama di bagian belakang dengan satu pembatas yang dapat dipindah pindah dengan ukuran yang cukup tinggi. Dibagian belakang area ini, saat ini sedang dilakukan perluasan yang sudah dalam tahap finishing.
DI DALAM KUBAH di lukis dengan indah Asma ul Husna (nama nama Allah yang indah). Bagian ini juga dilengkapi dengan jendela jendela kaca berukuran kecil sebagai celah masuknya sinar matahari untuk penerang ruangan dalam masjid.
DETIL bagian mihrab, ada ukiran kayu yang sangat indah dengan ornamen kaligrafi dan lukisan berpola floral pada bagian tembok nya, tampak juga jadwal kajian rutin yang ditempatkan disana.
STEI TAZKIA berdiri megah di sisi utara masjid.
TAMAN KANAK KANAK TAZKIA berada di belakang gedung STIE dan bersebelahan dengan lapangan tempat miniatur Ka'bah berada.
AKSES KE GEDUNG ABDURRAHMAN BIN AUF terhubung langsung dengan masjid melalui area mezanin di sisi selatan masjid. Di gedung itu tersedia ruang ruang kelas untuk pembelajaran 4T Qur'an (Tahsin, Tahfidz, Tarjamah, Tafsir) dam fasilitas penunjang lainnya.
TAZKIA QURANIC & BUSINESS CENTER di gedung Abdurrahman bin Auf, disana ada minimarket 212, ATM center dan lainnya.
TAZKIA QURANIC & BUSINESS CENTER di gedung Abdurrahman bin Auf, dilihat dari koridor area berwudhu laki laki.
MEZANIN KE RUANG UTAMA, disebelah kiri adalah area berwudhu untuk jemaah wanita dan sebelah kanan adalah area berwudhu untuk jemaah pria.
Toilet dan kamar mandi di area berwudhu jemaah pria.
KORIDOR di lantai dasar, sebelah kanan foto adalah ruang aula (ball room) Alhamra, di ujung koridor terdapat kolam air mancur dan keran keran air tempat berwudhu luar ruang, sebelah kiri foto terdapat ruang berwudhu terpisah masing masing untuk jemaah pria dan wanita.

------------------------------------------------------------------
Follow & Like akun Instagram kami di @masjidinfo dan @masjidinfo.id
🌎 gudang informasi masjid di Nusantara dan mancanegara.
------------------------------------------------------------------

Baca Juga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

hindari komentar yang berbau SARA