Sabtu, 29 Januari 2011

Masjid Syifa Budi, Lippo Cikarang

Tampak Depan Masjid Syifa Budi

Alamat dan Lokasi Masjid Syifa Budi

Jl. Raya Industri Hyundai No.1 Lippo Cikarang
Kecamatan Cikarang Selatan
Kabupaten Bekasi, Jawa Barat
Telepon : (021) 89907241

Masjid Syifa Budi ini bersebelahan dengan sekolah Islam internasional IIBS (International Islamic Boarding School Republik Of Indonesia) di kawasan Industri Hyundai Lippo Cikarang.

Dari jalan raya Cikarang – Cibarusah berbelok ke kiri ke jalan di samping pasar sentral Lippo Cikarang, masuk ke kawasan Hyundai, jalan akses menuju masjid Syifa Budi ini berada persis disamping pasar sentral dan gedung sekolah IIBS.


Dikelola oleh Yayasan Syifa Budi, yang tadinya satu kesatuan dengan IIBS, itu sebabnya letak masjid ini berada dalam satu area dengan IIBS. Tapi kini IIBS tidak lagi di bawah pengelolaan yayasan Syifa Budi.

Seperti tertulis di prasasti pembangunan masjid yang dipasang kan di tembok bagian dalam sisi utara masjid. Masjid Syifa Budi diresmikan oleh H.M. Soeharto selaku ketua Yayasan Amal Bakti Muslim Pancasila (yang juga Presiden RI, Waktu itu) pada tanggal 19 Juli 1996.

Taman Tengah. Masjid Syifa Budi ada disebelah kiri foto, sebelah kanan adalah bangunan IIBS.

15 tahun berdiri masjid ini sudah semakin luas dengan tambahan teras beratap permanen untuk menampung jemaah sholat jum’at yang meluber hingga ke jalanan dan pelataran parkir.

Di hari Jum’at masjid ini benar benar penuh sesak oleh jemaah. Lapangan parkir berikut jalan masuk menuju masjid pun berubah menjadi lautan kendaran bermotor para jemaah masjid.

Keseluruhan area dibawah atap ini penuh sesak oleh jemaah di hari Jum'at, meluber hingga ke pekarangan dan jalan di sekitar masjid.

Sementara di hari biasa terlihat sepi dari jemaah karena memang hampir sebagian  besar jemaah masjid ini adalah karyawan yang bekerja di kawasan industri disekitar masjid. Sedangkan masyarakat yang tinggal disekitar masjid sudah memiliki Mushola dan masjid di lingkungan mereka masing masing. 

Di lingkungan masjid kini berdiri sekolah Raudatul Anfall / Taman Kanak kanak yang dikelola oleh Takmir Masjid. Pengajian rutin Ahlussunnah waljamaah diselenggarakan setiap Sabtu pekan ke 2 dan ke 4 bakda ashar dan magrib. Diisi oleh Ustadz Abu Isa Bin Salam dari kota Tasikmalaya.

Masjid Syifa Budi dilihat dari arah gang kecapi di belakang masjid

Arsitektur Masjid

Arsitektur masjid ini sangat Indonesia, sudah menjadi ciri khas dari masjid masjid yang dibangun oleh Yayayasan Amalbakti Muslim Pancasila. Masjid dengan atap Limas bersusun tiga menggambarkan Iman, Islam dan Ikhsan. di puncak atap masjid di pasang mastaka berbentuk daun simbar ditambah dengan Asma Allah dalam aksara arab diletakkan paling puncak. Namun 4 sokuguru utama tidak dipakai di masjid Syifa Budi. keseluruhan struktur atap langsung di sokong oleh tiang keliling masjid.

Foto Foto Masjid Syifa Budi, Lippo Cikarang 

Gerbang utama masjid Syifa Budi berseberangan dengan komplek sekolah IIBS
Area Parkir di sisi selatan Masjid. Tangga disebelah kiri foto adalah akses ke kampung kecapi di belakang masjid.
Taman Kanak Kanak Syifa Budi
Interior Masjid
Diresmikan oleh Pak Harto
Sisi Timur

-----------------------------------------------------

Masjid Masjid Lippo Cikarang Dan EJIP

Masjid Masjid Cikarang Selatan

1 komentar:

  1. MasyaAllah masjid syifa budi, banyak kenangan di sini,kangen kajian tiap pekanya,suasana ramadhan nya,.
    Semoga kita slalu di kelilingi orang2 sholeh..


    BalasHapus

hindari komentar yang berbau SARA