Rabu, 12 Januari 2011

Masjid Al-Istiqomah EJIP Cikarang

Masjid Al-Istiqomah Kawasan Industri EJIP Cikarang Selatan.

Alamat Masjid

Kawasan Industri EJIP (East Jakarta Industrial Park)
Desa Sukaresmi, Kec. Cikarang Selatan, Kab. Bekasi
Jawa Barat

Lokasi Masjid

Lokasi masjid berada di dalam kawasan industri EJIP - Cikarang Selatan. Terisolasi dari pemukiman penduduk. Letaknya sendiri berada di dalam kelokan sungai Cikarang, di bagian dalam kawasan Industri EJIP Cikarang.


Muslim yang berkerja di kawasan industri EJIP Cikarang pastinya mengenal masjid ini. Masjid Al-Istiqomah di kawasan Industri EJIP ini memang dibangun oleh pengelola kawasan sebagai fasilitas ibadah bagi karyawan yang berkerja di kawasan ini. Di hari jum’at masjid ini tidak saja dipadati oleh jemaah sholat jum’at tapi pekarangannya yang cukup luas juga dipadati oleh para pedagang.

Pintu sebelah timur
Pedangan makanan menjadi pavorit jemaah yang belum sempat makan siang di tempat kerja masing masing. Tak hanya makanan, tapi juga aneka dagangan lain mulai dari pakaian, perlengkapan elektronik, voucher pulsa, aneka dagangan 3 sepuluh ribuan, tukang sulap hingga tukang obat turut mangkal di pekarangan masjid ini.

Di hari jum’at juga pelataran luas masjid ini terasa sempit karena tak mampu menampung kendaraan jemaah yang hadir. Ukuran masjid nya pun tak setara dengan jumlah jemaah, maka takmir tak kehabisan akal, dipasanglah tenda di halaman parkir yang rangka tendanya terpasang permanen disana, hanya terpal penutup atap dan terpal sebagai alas saja yang dipasang di hari jum’at dan di buka lagi bakda sholat jum’at.

Sebagian jemaah sholat jum’at dengan sengaja memilih untuk sholat di bawah pepohonan di halaman rumput, karena memang tak kebagian tempat di tenda apalagi di dalam masjid. Lagipula mungkin dibawah pohon lebih sejuk dibandingkan menggelar tikar di pelataran parkir yang tak terlindung dari sengatan matahari siang bolong.

Arsitektur Indonesia

Sisi Selatan
Masjid Al-Istiqomah EJIP ini sangat jelas ke-Indonesia-an nya. Masjid dengan atap limas bersusun tiga tanpa menara. Jendela kaca ukuran lebar untuk pencahayaan alami, dinding berkerawang untuk ventilasi. Ditambah teras luas sekeliling bangunan masjid. Atap limas yang curam memberikan perlindungan lebih kepada jemaah yang sholat di teras masjid dari tempias air hujan.

Masjid ini juga dibangun dengan konsep rumah panggung. Lantai masjid ditinggikan layaknya rumah panggung, teras masjid dilengkapi dengan pagar kayu. Tangga lebar diletakkan di tiga sisi masjid : timur, utara dan selatan. Sementara bagian bawah masjid dimanfaatkan untuk utility termasuk tempat wudhlu dan kamar mandi.

Pembangunan Masjid

Seperti yang tertulis di prasasti pembangunan masjid yang dipasang di tembok masjid sisi timur (bagian depan), masjid ini diresmikan penggunaannya pada tanggal 26 Januari 1996 bertepatan dengan tanggal 5 Romadhon 1416H, Oleh DR. H. Sukamdani Sahid Gitosardjono.

Foto foto Masjid Al-Istiqomah - EJIP

Perpaduan masjid Jawa dan rumah panggung Melayu.
Dari sisi timur (depan masjid). Tangka tenda dari besi memang tidak dibongkar karena akan selalu digunakan disetiap hari Jum'at, untuk menampung jemaah sholat jum'at.
Lokasi Masjid Al-Istiqomah, citra satelit dari google earth 2 Agustus 2004.
Prasasti pembangunan masjid Al-Istiqomah.

------------------------------------------------------------------
Follow & Like akun Instagram kami di @masjidinfo dan @masjidinfo.id
🌎 gudang informasi masjid di Nusantara dan mancanegara.
------------------------------------------------------------------

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

hindari komentar yang berbau SARA