Sabtu, 29 Januari 2011

Masjid At-Taqwa – Kantor BPN Cikarang

Menara Masjid At-Taqwa
Yang pernah berkunjung ke Lippo Cikarang pastinya cukup familiar dengan menara ini. Ya, menara ini adalah menara masjid Attaqwa. Menara yang dibangun di bagian atap gedung Kantor Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Bekasi di Lippo Cikarang. 

Menara yang cukup menarik perhatian karena bentuk dan warnanya yang mirip menara istana istana negeri dongeng. Ketiadaan bulan sabit ataupun lafaz Allah di puncak menara ini membuat sangsi siapapun yang pertama kali melihatnya. apakah benar itu menara sebuah masjid. Entah kenapa, menara masjid ini tak dilengkapi dengan lambang Bulan sabit ataupun lafaz Allah.


Alamat  dan Lokasi Masjid At-Taqwa

Masjid AtTaqwa berada di dalam lingkungan kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) di kawasan Lippo Cikarang.  Masjid Attaqwa menjadi salah satu dari dua masjid di dalam kawasan Lippo Cikarang setelah masjid Syfa Budi di Kawasan industri Hyundai Lippo Cikarang.


Untuk mencapai masjid ini cukup mudah, berikut rute angkutan umum menuju Masjid At-Taqwa :

(1). Dari terminal Cikarang dapat menumpang angkutan kota K17 berstiker Lippo-Cikarang di kaca depan/beIakangnya, turun di halte depan gedung Exs Lippo Bank yang bersebelahan dengan Rumah Sakit Siloam.

Kantor Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Bekasi, Masjid At-Taqwa berada
di belakang gedung ini
(2). Dari Arah karawang naik 3/4 turun di Stasiun Lemah Abang lalu menyeberang rel naik Angkot K-33 jurusan ke Lippo Cikarang. turun di halte depan gedung Exs Lippo Bank yang bersebelahan dengan Rumah Sakit Siloam.
(3). Dari Bekasi naik Elp K45 [bekasi barat] atau Elf K50 [Bekasi timur] lewat tol cikarang turun di perempatan pintu tol Cikarang Barat/Lemah Abang. Lanjutkan dengan naik angkot K17/33 ke Lippo Cikarang. Turun di halte depan gedung Exs Lippo Bank yang bersebelahan dengan Rumah Sakit Siloam.
menara masjid dilihat dari menara luncur
waterboom Lippo Cikarang
(4). Dari Jonggol/Cilengsi/Citeureup naik mobil  jurusan Cibarusah [ada mobil ¾ agung jaya/omprengan]. Dari cibarusah naik K17 turun di lampu merah Lippo dari lampu merah ke dalam naik ojeg/angkot K33/17 turun di halte depan gedung Exs Lippo Bank yang bersebelahan dengan Rumah Sakit Siloam. 
(5). Dari UKI naik mobil Mayasari Jurusan cikarang yang lewat Tol cikarang barat turun di lampu merah/pintu tol terus naik Angkot K17/33 turun di halte depan gedung Exs Lippo Bank, bersebelahan dengan Rumah Sakit Siloam. 
 
Dari halte di depan gedung exs Bank Lippo, tinggal menyeberang menuju jalan akses bagi pengendara motor ke Mall Lippo Cikarang. Gedung BPN Cikarang ada disebelah kanan jalan, Masjid At-Taqwa berada di bagian belakang Gedung Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Bekasi. 
 
Lantai dasar dari gedung BPN ini juga difungsikan sebagai masjid saat jamaah membludak, terutama di hari jum’at dan acara acara tertentu yang diselenggarakan di Masjid ini. Dan Isinya Alloh supir angkot sudah faham lokasi masjid ini.

puncak atap masjid
Pembangunan Masjid At-Taqwa

Berdasarkan batu prasasti pembangunan masjid yang dipasang di tembok bagian luar tempat wudhlu wanita, masjid At-Taqwa & Pendopo Kantor Pertanahan Kabupaten Bekasi ini diresmikan penggunaannya pada tanggal 2 Desember 1999 bertepatan dengan tanggal 25 Sya’ban 1420 Hijriah oleh Prof. Dr. Ir. H.M. NAD DARGA TALKURPUTRA atas nama Kepala Badan Pertanahan Nasional, bersama dengan Bupati Kabupaten Bekasi H. WIKANDA DARMAWIJAYA dan Kepala Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional Propinsi Jawa Barat, Ir. MASRI ASYIK.

Arsitektur Masjid At-Taqwa

Bangunan utama masjid At-Taqwa ini sebenarnya tidaklah terlalu besar, hanya satu lantai dilengkapi dengan lantai mezanin khusus untuk jemaah wanita. Namun kapasitas masjid ini dapat menampung jamaah berkali kali lipat dari kapasitas aslinya karena dilengkapi dengan bangunan pendopo dengan ukuran sedikit lebih besar dari bangunan masjidnya sendiri.

Dan ditambah lagi dengan lantai dasar gedung BPN sayap timur dan sayap selatan. Membuat masjid ini memiliki daya tampung yang cukup besar untuk mengakomodir jemaah sholat jum’at bagi karyawan perusahaan perusahaan di kawasan sekitar serta penghuni perumahan yang beragama Islam.

Pendopo Masjid At-Taqwa sesaat menjelang azan Magrib
Di hari Jum’at, untuk menampung jemaah, takmir masjid bahkan menggelar tempat tambahan di areal parkir yang sudah diberi atap permanen di sisi barat masjid. Bangunan tempat parkir ini pun cukup luas, sebanding dengan luas keseluruhan bangunan masjid ditambah dengan pendoponya.

Suasana dimasjid ini cukup menenangkan, jauh dari bising lalu lintas dan keramaian, meski letaknya hanya “sepelemparan batu” dari Mall Lippo Cikarang. Suasananya juga ditingkahi oleh gemercik air dari dua pancuran di kolam ikan kecil di sekitar masjid.

Pendopo Masjid dari sudut yang lain
Lantunan azan dan merdunya alunan bacaan ayat Al-qur’an dari Imam Masjid At-Taqwa ini menambah betah sholat di masjid satu satunya di kawasan Lippo Cikarang ini. Kegiatan di masjid ini cukup beragam, beberapa kajian Islam rutin diselenggarakan diisi oleh para da’i yang berkualifikasi.


Video Masjid At-Taqwa


berikut sepotong azan magrib di masjid At-Taqwa


Foto foto Masjid At-Taqwa

Menara kecil masjid di latar belakang, dibagian depan adalah koridor
penghubung antara pendopo dan masjid
Lampu tembok di Masjid At-Taqwa
Mihrab masjid dilengkapi kaligrafi ayat kursi di bagian atas nya
Menara dan atap pendopo Masjid
Prasasti pembangunan masjid
Salah satu sudut di lantai dasar gedung BPN Cikarang sebelah utara
foto masjidil haram tersebut dipasang di dinding sisi selatan