Kamis, 26 Mei 2016

Masjid Miftahul Hidayah Tanah Baru

#Masjid Masjid di Kabupaten Bekasi

PINTU HIDAYAH. Miftahul Hidayah secara harfiah bermakna "pintu hidayah", sebuah do'a yang baik dan indah. Semoga siapa saja yang memandang apalagi masuk ke masjid ini mendapatkan hidayah dari Allah Subhanahuwata'ala.

Jalan asrama Brigif adalah salah satu jalan akses tak resmi dari dan ke kawasan industri Jababeka dari Kampung Tanah Baru di desa Harjamekar Kecamatan Cikarang Utara. Ruas jalan ini menjadi salah satu ruas jalan teramat padat di Cikarang di pagi dan sore hari. Sebagai jalur alternatif ruas jalan ini memang tidak terlalu lebar karena memang statusnya hanya sebagai jalan lingkungan, statusnya sebagai akses tak resmi ke kawasan industri membuat sepenggal jalan dari ujung jalan Jababeka XVIIB menuju jalan asrama brigif, hanya berupa jalan berbatu tanpa cor atau aspal, ada beberapa orang yang selalu stand by disana mengatur lalu lintas dengan imbalan sukarela dari para pengguna kendaraan roda empat yang melintas.

Masjid Miftahul Hidayah
Kampung Tanah Baru RT.02 /01 Desa Harjamekar
Kecamatan Cikarang Utara, Kabupaten Bekasi
Jawa Barat – Indonesia



Di ruas jalan super sibuk ini sudah lama berdiri masjid Miftahul Hidayah yang ukurannya tak terlalu besar dan fasad depannya mepet ke jalan, nyaris tak ada ruang untuk parkir kendaraan kecuali hanya untuk beberapa sepeda motor di celah sempit antara pagar depan dengan dinding masjid, serta di depan pintu pagar masjid. Sempitnya ruang membuat sedikit sulit untuk memotret masjid ini dari bagian depan secara utuh secara konvensional. Belum lagi lalu lalang kendaraan yang tak pernah sepi hingga larut malam. Di sisi jalan yang tak terlalu panjang di depan masjid ini berjejer para penjual aneka makanan.

TAHUN 2014. Proses pekerjaan struktur bangunan lantai dua sedang berlangsung.
Masjid Miftahul Hidayah Tanah Baru, pada awalnya tidak semegah bangunan nya saat ini. Bangunan yang kini berdiri mulai dibangun secara bertahap dengan tidak langsung merobohkan bangunan lamanya. Proses pembangunannya terbilang cukup cepat. Dari rekaman foto pembangunan masjid ini terlihat dalam kurun waktu 3 tahun sejak tahun 2013, bangunan masjid lama sudah lenyap sama sekali menjelma menjadi masjid megah dan modern seperti yang kita lihat saat ini.

TAHUN 2013 Pekerjaan struktur bangunan lantai satu mulai dilaksanakan, bangunan asli masih terlihat.
Bangunannya berlantai dua, untuk sholat lima waktu hanya lantai dasar yang digunakan untuk peribadatan, sedangkan lantai dua masjid hanya dipakai untuk sholat Jum’at dan dua hari raya serta acara tertentu di hari biasa pintu akses ke lantai dua di kunci oleh pengurus. Ornamen ukiran stako menghias interior masjid ini pada semua pilar pilar dan bagian mihrabnya.

Megah di kegelapan malam
Keramik lantai dan dinding sisi kiblatnya bewarna senada dengan pilihan warna terang. Dinding sisi kiri dan kanan serta pilarnya di cat dengan warna kuning gading, tidak ada warna mencolok yang digunakan di masjid ini. Kusen kusen kayunya di balur dengan warna coklat alami. Kaca jendela dan pintu nya di hias dengan ornamen yang juga bewarna putih. Begitupun dengan bagian luar bangunan. Dari luar masjid ini tampak megah dengan kubah besar di atap masjid ditambah dengan menara menaranya yang menjulang. Dari kejauhan di malam hari bangunannya tampak mencorong diantara banguan disekitarnya, dengan cahaya lampu yang menyinarinya.****


Seperti Masjid kecil, tampilan depan masjid Miftahul Hidayah dari depan di malam hari menghasilkan pemandangan seperti masjid kecil yang terang benderang.
Detil ornamen masjid. Atas : Kaca jendela, kiri bawah : kerawang di lantai dua, Kanan bawah : Detil kerawang
Di dalam Masjid
Lantai dua yang terkunci, mengintip dari kaca pintu. 
--------------------------------

Baca juga Artikel Masjid Masjid Cikarang Utara Lain nya