Kamis, 26 Mei 2016

Masjid Jami’ Al-Istiqomah Tanah Baru

#Masjid Masjid di Kabupaten Bekasi

Di ujung Jalan lingkungan di Tanah Baru Masjid ini berdiri, di belakangnya terlihat sedikit atap bangunan pabrik kertas Fajar Paper.

Kampung Tanah Baru tempat Masjid Jami’ Al-Istiqomah ini berdiri kini terjepit oleh kawasan Industri Jababeka I dan Pabrik kertas Fajar Paper. Arealnya berada di antara ruas Jalan Jababeka XIV di sebelah utara, Jl. Jababeka XII di sebelah selatan, Jalan Jababeka VI disebelah Timur dan Pabrik kertas Fajar Paper di sebelah Barat. Akses menuju tempat ini pun dapat melalui ruas jalan Jababeka XIV dan Jalan Jababeka XIII. Dari Jalan Jababeka XIII ada jalan lingkungan masuk ke kampung tak jauh dari gudang DHL Jababeka, ruas jalan lingkungan itu tembus ke Jalan Jababeka XIV, masuk hanya beberapa meter ada belokan ke kiri, ikuti jalan tersebut dan berahir di masjid ini.

Masjid Jami' Al-Istiqomah
Kampung Tanah Baru RT09/04
Desa Harjamekar, Kec. Cikarang Utara
Kab. Bekasi, Jawa Barat - Indonesia


Sore hari ada banyak penjual makanan di sisi kiri dan kanan ruas jalan ini sampai ke depan masjid. Lingkunga padat penduduk, hunian yang rapat, ruas jalan yang sempit untuk lalu lintas kendaraan roda empat. nyaris tak ada lahan kosong, ada bangunan kontrakan berjejer di lingkungan ini, seperti halnya lingkungan yang berdekatan dengan kawasan industry lainnya. Suasana ramai anak anak bermain di sore hari karena memang sudah tak ada lagi lahan bermain yang memadai bagi mereka.

Dari arah Jalan Jababeka XIV
Masjid Al-Istiqomah ini terlihat dengan jelas di arah selatan dari ruas jalan Jababeka XIV menyembul diantara atap atap bangunan disekitarnya. Bangunan masjidnya berlantai dua, lantai duanya hanya dipakai di hari Jum’at dan dua hari raya serta acara acara massal lainnya, namun pintu ke lantai duanya tidak dikunci. Ruang sholat utamanya di lantai dasar, cukup lega ditambah dengan teras di sisi timur tempat diletakkannya tangga akses ke lantai dua. Tempat wudhu dan toiletnya berada di belakang tangga. Di sebelah depan masjid berdiri bangunan permanen milik Majelis Ta’lim dengan nama yang sama dengan masjid ini.

Pintu utama masjid di sisi timur menghadap ke teras yang bersebelahan dengan bangunan Majelis Ta'lim Al-Istiqomah. 
Bangunannya terlihat kokoh dengan pilar pilar besar menopang lantai dua di atasnya. Jendela jendela kaca berukuran besar dengan hiasan kaligrafi bewarna putih. Bagian atas kusen pintu dan jendelanya terbuka dengan teralis besi berukir lafazd Allah. Tidak terlalu banyak ornamen dibagian dalam dan bagian luar bangunan masjid. Pilar pilar di bagian dalam masjid di cat dengan warna gading, hanya pilar di mihrabnya yang di cat dengan warna emas. Dinding sisi mihrab dan bagian bawah pilar nya di tutup dengan keramik bercorak abstrak. Mimbar masjid berukuran besar berbentuk podium juga dibuat sederhana tanpa banyak ukiran.

SISI TIMUR DAN SELATAN. Teras sisi timur dengan pilar pilarnya yang berlapis keramik senada dengan dinding masjid. Sisi selatannya di tutup dengan paving blok, merupakan jalan akses bagi warga yang tinggal di belakang masjid.
Ada dua pintu akses ke dalam masjid ini yakni di sisi timur berada di teras depannya dan sisi selatan yang menghadap ke teras masjid yang juga menjadi jalan akses bagi masyarakat yang tinggal di belakang masjid, sebagian dari lantai dua masjid ini berada di atas jalan tersebut. Sehingga teras di selatan masjid ini tidak berfungsi layaknya teras masjid karena juga digunakan sebagai jalan akses berbentuk koridor panjang dengan pilar pilar arcade di selatan-nya.

Dari Lantai dua ba'da magrib
Ada dua Menara yang dibangun di atap masjid, bentuknya sederhana dengan kubah berbahan metal berukuran kecil ditempatkan di ujungnya. Pengeras suara luar ditempatkan di dua Menara ini. Ada kubah besar tunggal bewarna hijau di atap masjid yang menjadi ciri khas masjid ini. Bentuk kubahnya sedikit unik, ukuran diameternya dibuat jauh lebih besar dibandingkan dengan diameter struktur penopangnya. Sisi bawah kubah bagian luar dibentuk lengkungan kecil. Baik di ujung Menara maupun di ujung kubah masjid ini dihias dengan ornament Lafazd Allah.***

Foto Lainnya

Ba'da sholat Magrib 
Beduk dan tangga
Ventilasi diatas jendela
Teras Timur

Di Lantai Dua

Sisi timur di lantai dua
Lega dan sepi di hari biasa
--------------------------------

Baca juga Artikel Masjid Masjid Cikarang Utara Lain nya