Kamis, 01 Agustus 2013

Masjid Jamie Miftahul Jannah Sertajaya

Berdiri di pertigaan membuatnya mudah terlihat.
Masjid Jamie Miftahul Jannah ini berada di dalam komplek kantor Kepala Desa Sertajaya, Kecamatan Cikarang Timur, Kabupaten Bekasi, Provinsi Jawa Barat. Lokasinya berdiri tepat dipertigaan jalan. Lokasi ini sebenarnya sangat stategis untuk pengembangan di masa mendatang, mengingat lokasi ini berada di titik pertemuan jalan dari arah Jembatan Tegal Danas di Kali Malang, Dari arah Lemah Abang dan Citarik serta dari arah Bojong / Karawang.




Sejauh ini saya belum mendapatkan informasi apapun terkait sejarah masjid ini. Apakah dulu dibangun sebagai bagian dari komplek kantor Kepala Desa atau lebih dulu. Bila merupakan bagian dari Komplek Kantor Kades Sertajaya, rasanya kurang pas untuk menempatkan masjid ini di sisi timur komplek perkantoran tersebut. Kecuali bila memang bangunan masjid nya sudah lebih dulu berdiri dibandingkan dengan komplek kantor Kadesnya.

Dari arah kantor Kepala desa Sertajaya.
Tempatnya berdiri yang berada di sisi timur, membuat bangunan masjid ini justru menghadap ke pemukiman warga bukan menghadap ke kantor Kepala Desa, alias justru sisi kiblatnya yang menghadap ke lapangan tengah komplek perkantoran Kades Sertajaya. Bila memang dibangun sebagai bagian dari komplek tersebut akan lebih apik bila dibangun di sisi barat.

Dari sisi selatan, ada sedikit lahan untuk parkir yang sedang dirapikan, sepertinya masih lahan milik masjid. Dari sudut ini terlihat jelas dua bangunan masjid ini yang digabungkan jadi satu, bangunan utama dan pendopo di sisi depan.
Bangunan utamanya berupa bangunan beratap joglo tanpa atap tumpang dilengkapi dengan teras di tiga sisinya. Kemudian ditambah dengan bangunan pendopo di sisi timurnya yang menghadap ke pertigaan dengan ukuran yang sedikit lebih besar dari bangunan utama. Atap tumpang tiga justru digunakan pada atap pendopo masjid. Di dalam masjid ini saya juga tidak menemukan piagam pembangunan masjid yang menjelaskan kapan pembangunannya dilaksanakan.

dari area berwudhu di sisi utara masjid bersebelahan dengan jalan raya.
Pasokan air untuk bersuci dipasok dari sumur pompa, satu unit penampung air dipasang di atas tower kecil di area bersuci di sisi kanan (utara) masjid yang bersebelahan dengan jalan raya. Area berwudhunya cukup memadai meski tak ada pemisahan untuk jemaah pria dan wanita. Ada kolam ikan berukuran kecil lengkap dengan hiasannya di salah satu sudut tempat berwudhu.*** Lihat juga [foto] Eksterior dan [foto] Interior Masjid Jamie Miftahul Jannah Sertajaya di posting berikutnya

--------------------------------

Baca juga Artikel Masjid Masjid Cikarang Timur Lain-nya