Sabtu, 15 September 2012

Masjid Jami’ Multistrada

Masjid Jami’ Multistrada (lihat di panoramio)

Sesuai dengan namanya, Bangunan Masjid Jami’ modern satu ini memang berada dan dibangun oleh PT. Multistrada Arah Sarana Tbk. Salah satu perusahaan swasta nasional yang memproduksi ban kendaraan berbagai merek yang sudah dikenal luas oleh masyarakat.  Masjid megah berlantai dua dan full AC ini berada di sisi ruas jalan pantura ruas Cikarang (Bekasi) – Karawang di wilayah kecamatan Cikarang Timur, Kabupaten Bekasi.

Ramadhan dan Idul Fitri 1433H (Agustu 2012) yang baru lalu merupakan Ramadhan dan Idul Fitri pertama bagi masjid ini. berbagai kegiatan semarak diselenggarakan di masjid ini termasuk menjadi tempat peristirahatan bagi para pemudik dengan kendaraan roda dua.  Masjid megah ini memang dibangun oleh Managemen Multistrada bagi segenap keluarga besar Multistrada dan tentunya bagi masyarakat umum disekitar perusahaan.

Lokasi  Masjid Jami’ Multistrada

Masjid Jami’ Multistrada
Komplek PT. Multistrada Arah Sarana
Jalan Raya Lemahabang KM 58.3, Desa Karangsari, 
Kecamatan Cikarang Timur, Kabupaten Bekasi
Jawa Barat – Indonesia
Koordinat :  6°16'13.09"S 107°12'9.84"E


Lihat Masjid Jami’ Multistrada di peta yang lebih besar

Petunjuk Arah

Keluar dari pintu tol cibitung ambil arah ke Karawang/Cikarang, melewati terminal Cikarang, Pasar /Stasiun Lemah Abang, Lokasi masjid sekitar 1 Km dari Stasiun Lemah Abang. Lokasinya disebelah kiri jalan.

Bila keluar dari pintu tol Lemah Abang / Cikarang Barat, pastikan keluar dari pintu tol paling kiri, kaluar dari sana langsung belok kiri ke arah Jababeka, melewati dua Gerbang Kawasan Industri Jababeka 1 & 2 lurus hingga ke pertigaan stasiun/pasar Lemah Abang dari sana belok ke kanan ke arah Karawang.

Masjid Jami’ Multistrada (lihat di panoramio)

Arsitektural Masjid Jami’ Multistrada

Masjid Jami’ Multistrada dibangun di atas lahan seluas 1.800 m2 dengan perizinan penggunaan lahan seluas 3.500 m2. Terdiri dari dua lantai yang masing-masing seluas 630 m2 ini memiliki luas bangunan 1.280 m2 dari 1.800 m2. Sedangkan selebihnya digunakan untuk lahan parkir kendaraan. Ruang sholat berada di lantai dua sedangkan lantai satu digunakan sebagai multipurpose hall.

Masjid ini dilengkapi dengan AC dan karpet yang lembut memberikan kenyamanan beribadah di dalamnya.  Dari lantai 2 masih bisa melihat di samping kanan hamparan sawah yang menyejukkan hati dan ruangan yang sangat luas tanpa tiang di tengahnya. Masjid ini berada tepat di pinggir jalan tapi tidak perlu khawatir akan bising oleh suara kendaraan karena didesain semi kedap suara.

Masjid Jami’ Multistrada saat dalam proses pembangunan (kompilasi foto dari grc.mapi di facebook)
Secara umum masjid Jami’ Multistrada dibangun dalam gaya arsitektural Masjid Modern dengan tetap mencirikan bangunannya dengan Kubah besar tunggal di atap masjid dan satu bangunan menara terpisah dari bangunan utama. Menara betonnya dibangun dalam bentuk sederhana, dan lebih sebagai sebuah ornamen karena memang tak ada pengeras suara yang diletakkan di atas menara tersebut.

Aktivitas selama Bulan Suci Ramadhan

Masjid Jami’ Multistrada ini terbuka untuk umum. Di bulan suci Ramadhan yang baru lalu, selain mengadakan sholat tarawih berjama'ah dan buka puasa gratis, mulai tanggal 20 ramadhan 1432 H diadakan I'tikaf hingga akhir ramadhan. disediakan buka puasa dan makan sahur gratis selama I'tikaf.  Untuk tanggal 20 ramadhan, i'tikaf hari pertama dimulai pk 16.00 wib diisi materi oleh Ust Subhki dari Sukatani dan malamnya diisi kajian oleh Ust Taufiqurrahman Lc dari Radio Gema Annisa (RGA).

Peresmian Masjid Jami’ Multistrada

Peresmian Masjid Jami’ Multistrada oleh bupati Bekasi Ust. Sa’dudin bersama dengan Presiden Direktur Pt. Multistrada Arah Sarana Tbk, Pieter Tanuri pada 12 Mei 2012 yang lalu (kompilasi foto dari multistrada.co.id)
Masjid Jamie` Multistrada diresmikan oleh Bupati Bekasi, Dr. H. Sa`duddin MM sekitar pukul 15.00 WIB, Jumat 20 Mei 2012 yang lalu. Diawali dengan pembacaan ayat suci Al-Qur`an, peresmian Masjid Jamie` Multistrada dilakukan langsung oleh Bupati Sa`duddin dan dihadiri oleh Presiden Direktur PT Multistrada Arah Sarana Tbk., Pieter Tanuri beserta staf.

Hadir pula jajaran Muspida Bekasi dan Muspika Cikarang Timur antara lain Sekretaris Bekasi Drs. H Dadang Mulyana MM, Komandan Rayon Militer 10/Lemahabang Kapten Arm. Jansudi Saragih, Kapolsek Cikarang Timur Komisaris Yan Tambunan, dan Camat Drs H. Suhup SH MM. Dalam kesempatan itu Bupati Sa`duddin dan Presdir PT Multistrada Arah Sarana Tbk. Pieter Tanuri juga memberikan santunan kepada sejumlah anak yatim.

------- Selamat untuk segenap karyawan dan Managemen PT. Multistrada Arah Sarana Tbk, atas peresmian masjid tersebut ------

Referensi

Foto foto merupakan koleksi pribadi bujanglanang kecuali yang disebut sumbernya secara khusus

--------------------------------

Baca juga Artikel Masjid Masjid Cikarang Timur Lain-nya