Sabtu, 02 Juli 2016

Masjid Nurul Huda Bugelsalam

#Masjid Masjid di Kabupaten Bekasi

Masjid Nurul Huda Kampung Bugelsalam.

Masjid Nurul Huda yang satu ini berdiri megah di tengah tengah kampung Bugelsalam, Desa Hegarmanah, Cikarang Timur. Lokasinya berada ditikungan membuat halaman nya berbentuk travesium. Disamping masjid ini berdiri bangunan sekolah Islam yang halamannya terhubung langsung dengan masjid. Ukuran masjidnya cukup besar. di dalam masjid terasa benar benar lega karena tanpa tiang tiang yang berdiri dibagian dalam masjid.

Masjid Nurul Huda
Jl. Kampung Bugelsalam, Desa Hegarmanah
Kec. Cikarang Timur, Kab. Bekasi
Jawa Barat - Indonesia



Penerangan alami cukup maksimal di bagian dalam ruang masjid dengan jendela jendela kaca berukuran besar disekeliling tembok masjid kecuali tembok sisi barat yang merupakan sisi kiblat. Ventilasi udara ditempatkan diatas semua jendela dan pintu dengan bentuk segitiga, ditambah lagi dengan rongga rongga yang ditempatkan di bagian atas tembok sekeliling bangunan.

Meski berukuran besar, masjid ini dirancang minimalis tidak dengan ornamen pernak Pernik yang menghias bagian luar dan dalam masjid. Mihrabnya dihias dengan beberapa lukisan kaligrafi, di dalam mihrab ditempatkan satu mimbar kecil berbentuk podium. seluruh tembok di sisi kiblat ditutup dengan keramik bewarna putih polos tanpa ornamen. Area tempat wudhu ditempatkan disisi utara, pintu utamanya di sisi timur yang menghadap ke pekarangan rumah rumah warga setempat.

Interior Masjid Nurul Huda Bugelsalam

Bugel salam dan Begal Budiman

Di masa masa awal kemerdekaan, kampung Bugel Salam ini sempat menjadi sasaran perampokan oleh kelompok separatis, uniknya sebelum aksi perampokan terjadi, sebagian dari warga kampung sudah diberi tahu oleh para perampoknya melalui surat yang di geletakkan begitu saja di depan pintu rumah atau bahkan diselipkan dibawah pintu rumah warga disana.

Isi surat nya menyebutkan kapan dan dimana perampokan akan dilakukan dan mereka yang menerima surat itu diminta menyingkir dari lokasi saat aksi berlangsung. Yang menerima surat bukanlah sasaran yang akan dirampok tapi  justru tetangga kaya nya yang akan dijadikan sasaran. Karena keunikan itu warga disana menyebut pesan dari para perampok ini dengan istilah Salam dari Begal atau Begal Salam yang kemudian menjadi Bugel Salam dan menjadi nama kampung ini hingga sekarang. Demikian dituturkan oleh para tetua kampung.***

Exterior Masjid Nurul Huda Bugelsalam

--------------------------------ooOOOoo --------------------------------

Masjid Terdekat