Selasa, 23 Juni 2015

Masjid Attaqwa Kp.II. Gelumbang

MASJID MASJID DI TANAH BELIDA

Masjid Attaqwa Kp.II. Kelurahan Gelumbang

Masjid Attaqwa 
Kampung II, Kelurahan Gelumbang 31171
Kabupaten Muara Enim, Propinsi Sumatera Selatan
Indonesia



Pada awalnya masjid ini adalah sebuah mushola atau dalam bahasa setempat disebut Langgar, yang kemudian diperluas dan dilengkapi dengan menara lalu ditingkatkan statusnya sebagai masjid yang juga difungsikan untuk tempat pelaksanaan sholat jum'at berjamaah. 

dua kubah alumunium
Masjid Attaqwa merupakan bangunan tempat ibadah kedua di lingkungan kampung II kelurahan Gelumbang. Sebelumnya telah berdiri bangunan Langgar Nurul Iman dengan ukuran yang lebih besar namun karena letaknya cukup jauh, sehingga warga yang bermukim di lingkungan ini kemudian membangun Langgar At-Taqwa ini dilingkungan mereka.

menara masjid Attaqwa Kp. II. Gelumbang
Lokasi-nya memang berada di dalam gang sempit dan akan menyulitkan untuk perluasan dikemudian hari, mengingat pemukiman di lingkungan ini sudah cukup padat. Sesungguhnya dari ukuran bangunan, masjid Attaqwa ini bangunan Langgar Nurul Iman. Hanya saja karena masyarakat lingkungan ini membutuhkan masjid untuk sholat jum'at, maka status Langgar Attaqwa ditingkatkan menjadi masjid. Sedangkan Status langgar Nurul Iman tetap sebagai Mushola.

dalam gang
Lokasi masjid ini sekitar 100 meter masuk ke dalam gang dari jalan utama di kampung II Gelumbang. namun demikian jalanan gang tersebut sudah di cor rapi. pasokan air dimasjid ini cukup baik meski dipasok dari sumur pompa.