Senin, 19 Agustus 2013

Masjid Arrahman Lembak, Sumatera Selatan

MASJID MASJID DI TANAH BELIDA

Masjid Arrahman Lembak
Lembak adalah nama desa sekaligus nama kecamatan di dalam wilayah kabupaten Muara Enim, provinsi Sumatera Selatan. Dulunya wilayah desa dan kecamatan ini merupakan bagian dari Kecamatan Gelumbang sebelum kemudian dimekarkan menjadi Kecamatan Perwakilan Lembak dan kemudian ditingkatkan kembali menjadi wilayah kecamatan Lembak yang mandiri sebagai wilayah kecamatan, lepas dari kecamatan Gelumbang selaku kecamatan induk.

Masjid Arrahman Lembak
Desa Lembak, Kecamatan Lembak, Kabupaten Muara Enim
Provinsi Sumatera Selatan - Indonesia


Kecamatan Lembak mengambil nama dari nama Desa Lembak selaku ibukota kecamatan. Lokasinya berbatasan langsung dengan kota Prabumulih yang sebelumnya juga merupakan bekas wilayah kabupaten Muara Enim sebelum menjadi kota Mandiri di tahun 2001 yang lalu. Seperti halnya penduduk asli di kecamatan Gelumbang, penduduk asli kecamatan Lembak juga merupakan masyarakat suku Belida yang menggunakan Bahasa Belida atau dalam dialek aslinya disebut “Besa Blide” dalam komunikasi sehari hari.

Bersebelahan dengan SD Negeri 2 Lembak.
Sekedar informasi tambahan, bahwa kecamatan Cambai yang merupakan salah satu kecamatan di kota Prabumulih-pun merupakan masyarakat suku Belida yang menggunakan Bahasa Belida dalam keseharian mereka dan dahulunya-pun merupakan bagian dari kecamatan Gelumbang sebelum kemudian menjadi kecamatan mandiri dan dikemudian hari masuk ke dalam wilayah kota Prabumulih.

Menara dan Gerbang Masjid Arrahman Lembak.
Masjid Arrahman di Desa Lembak ini merupakan masjid yang dibangun oleh Yayasan Amal Bhakti Muslim Pancasila (YAMP) bentukan mendiang Presiden Soeharto. Konon dulunya masjid ini seyogyanya akan dibangun di Desa Gelumbang selaku ibukota kecamatan, ketika Lembak masih menjadi bagian Kecamatan Gelumbang, namun berhubung di Desa Gelumbang (kini menjadi Kelurahan Gelumbang) sudah berdiri masjid Jami’ Babussalam, maka pembangunan masjid YAMP dilaksanakan di Desa Lembak.

Menara Masjid Arrahmah Lembak diantara rimbun pepohonan
Masjid Arrahman menjadi masjid ke 18 dari 30 masjid yang dibangun di wilayah provinsi Sumatera Selatan. Dalam situs YAMP alamat masjid ini masih disebutkan dengan alamat “Desa Lembak, Kecamatan Gelumbang, Kabupaten Muara Enim.” Sebuah bangunan menara tunggal kini sedah berdiri megah disamping masjid ini. Seperti kita tahu bahwa semua masjid yang dibangun oleh YAMP selalu menggunakan arsitektur masjid asli Indonesia berupa masjid dengan atap limas bersusun tiga tanpa menara. 

Foto foto yang ada saya ambil sambil lalu saat melintas di wilayah tersebut. Bila anda memiliki foto dengan sudut pandang lebih baik dan punya cerita dan informasi tentang masjid ini, dan ingin berbagi akan kami terima dengan senang hati. Anda dapat menuliskannya di bagian komentar atau mengirimkan kepada kami melalui email di hendrag3371@gmail.com