Senin, 19 Agustus 2013

Masjid Annuqba Kota Prabumulih – Sumatera Selatan

Masjid Annuqba Kota Prabumulih
Terselip diantara pertokoan di jalan Jendral Sudirman kota Prabumulih, Masjid Annuqba sempat menjadi masjid utama layaknya masjid agung di kota ini saat Prabumulih masih menjadi bagian dari kabupaten Muara Enim di provinsi Sumatera Selatan. Prabumulih kemudian menjadi kota mandiri berdasarkan UU Nomor 6 tahun 2001, lepas dari Kabupaten Muara Enim selaku kabupaten induk. Sebuah Masjid Agung Kota bernama Masjid Agung Nur Arafah kemudian dibangun di ruas jalan yang sama tak jauh dari Masjid Annuqba ini.

Masjid Annuqba Kota Prabumulih
Masjid Annuqba
Jalan Jendral Sudirman No. 49 Kota Prabumulih
Provinsi Sumatera Selatan – Indonesia
HP : 0812 789 2365


Lokasinya berdiri juga tak seberapa jauh dari Pasar Inpres kota Prabumulih yang berseberangan dengan terminal kota Prabumulih. Lokasinya yang berdiri ditengah keramaian pusat kota tak pelak membuat ruas jalan di depan masjid ini merupakan ruas jalan rawan kemacetan pada jam jam sibuk. Beberapa foto yang ada di ambil saat melintas dalam kemacetan di ruas jalan di depan masjid ini.

Menara Masjid Annuqba Kota Prabumulih
Sepintas lalu, menara masjid ini menjadi fitur utama dari bangunan Masjid Annuqba. Sebuah menara yang dibangun dari bahan besi baja dan dibentuk sedemikian rupa menjadi sebuah menara masjid. Pipa besar yang menjadi tiang menara mengingatkan kepada pipa pipa milik Pertamina. Harap maklum Pertamina merupakan BUMN terbesar di kota ini dan tentu saja menjadi penyumbang PAD terbesar bagi kota yang masih baru akan menginjak usia remaja ini.***