Senin, 01 Februari 2016

Masjid Nurul Yaqin Sialingan Belida Darat

MASJID MASJID DI TANAH BELIDA

Masjid Nurul Yaqin Desa Sialingan tahun 2009 (foto dari panoramio)

Masjid Nurul Yaqin

Desa Sialingan Kec.Belida darat (d/h Kec. Lembak)
Muara Enim, Sumsel
-3.498252, 104.376928


Sialingan adalah Desa kecil ditepian sungai manau di Kecamatan Belida Darat Kabupaten Muara Enim, Propinsi Sumatera Selatan. Dulunya desa ini bagian dari Kecamatan Gelumbang yang berpusat di Kelurahan Gelumbang, kemudian saat terjadi pemekaran wilayah dan dibentuknya kecamatan Lembak, Desa Sialingan masuk ke dalam wilayah Kecamatan Lembak.

Sebagai tindak lanjut dari perda kabupaten Muara Enim No.1 Tahun 2012 tanggal 20 Juli 2012, maka pada tanggal 8 Oktober 2012 Bupati Muara Enim Ir.H Muzakir Sai Sohar meresmikan pembentukan kecamatan baru bernama Kecamatan Belida Darat yang merupakan pemekaran dari wilayah Kecamatan Lembak ditambah dengan sebagian wilayah kecamatan Gelumbang,. Sejak saat itu Desa Sialingan masuk ke dalam wilayah Kecamatan Belida Darat yang beribukota di desa Tanjung Bunut.[i]

Safari Romadhon tahun 2015 camat Belida Darat dan jajarannya di masjid Nurul Yaqin Sialingan (foto dari Maladi Musa S.Sos - Camat Belida Darat)
Sampai saat tulisan ini di posting, Google maps masih mencantumkan Desa Sialingan sebagai bagian dari kecamatan Lembak. Desa Sialingan sempat menjadi salah satu area pengeboran Pertamina sebelum kemudian ditutup karena dianggap sudah tidak ekomis lagi, sebagian lahan di desa ini masih milik Pertamina. Seperti halnya di wilayah exs Kecamatan Gelumbang lainnya, penduduk desa Sialingan ini ber-etnis Belida dan semuanya beragama Islam.

Masjid Nurul Yaqin adalah masjid masjid satu satunya disana. karena memang belum membutuhkan tambahan masjid baru untuk menampung jamaahnya. Tahun 2012 masjid Nurul Yaqin direnovasi dan diperluas[ii] menjadi masjid berlantai dua yang lebih besar dan mampu menampung lebih banyak jamaah. ***

Foto suasana idul fitri tahun 2012 di Masjid Nurul Yaqin Desa Sialingan, Jemaah membludak hingga memenuhi lahan disamping masjid (dari sialingan.blogspot.co.id)
Foto suasana idul fitri tahun 2012 di Masjid Nurul Yaqin Desa Sialingan (dari sialingan.blogspot.co.id)
Interior masjid Nurul Yaqin Sialingan Romadhon 2015 (foto dari Maladi Musa S.Sos - Camat Belida Darat)