Sabtu, 11 Februari 2017

Masjid Al-Ibrohimiyah Talagasari, Karawang

# Masjid di Karawang

Menara masjid Al-Ibrohimiyah tampak menjulang tinggi sendirian dianatara bangunan lainnya ditikungan dekat pasar Telagasari, Kabupaten Karawang.

Masjid Al-Ibrohimiyah Telagasari ini berada di tepian ruas jalan raya Syech Quro, Desa Telagasari, kecamatan Telagasari kabupaten Karawang. Lokasinya berdiri tidak jauh dari pasar Talagasari. Merujuk kepada data Kementerian Agama, masjid Al-Ibrohimiyah ini dibangun di atas tanah wakaf seluas 150m2 pada tahun 1995 dengan luas bangunan 144 m2.

Masjid Al-Ibrohimiyah
Jl. Raya Syech Quro, dusun Krajan IV RT.06/10 Desa Talagasari
Kec, Talagasari, Kabupaten Karawang, Jawa Barat 41381
Indonesia



Lahannya yang terbilang sempit untuk sebuah masjid di pusat keramaian, membuat rancangan masjid ini dibuat se-efisien mungkin dalam pemanfaatan lahannya. Halamannya tidak telalu besar hanya cukup untuk parkir beberapa sepeda motor, sedangkan untuk mobil memang harus parkir diluar pagar, karena selain halamannya yang sempit ditambah lagi dengan gapuranya juga tidak memungkinkan untuk dilalui kendaraan roda empat.

Bangunan masjid terdiri dari dua lantai. Dari arah gapura, tangga menuju ke lantai dua masjid ini ada disebelah kanan mengarah langsung ke halaman depan, sedangkan di sebelah kiri merupakan bagian dasar dari menaranya yang menjulang berupa bangunan berlantai dua, di sisi bawah merupakan area toilet dan tempat wudhu sedangkan dilantai atasnya difungsikan sebagai kantor pengurus.

Masjid Al-Ibrohimiyah dari arah depan.

Meski merupakan bangunan masjid modern, masjid ini tetap mengadopsi bentuk tradisional asli Indonesia dengan ciri atap limas yang bersusun tiga, walaupun atap terbawahnya lebih berfungsi sebagai kanopi. Di puncak atap limas paling atas ditempatkan satu kubah bundar senada dengan kubah kecil di puncak menaranya.

Selama bulan suci Romadhon, Masjid Al-Ibrohimiyah ini penuh sesak oleh Jemaah tarawih, sebagian dari Jemaah bahkan rela menggelar tikar hingga keluar pagar masjid di sisi jalan raya karena tidak kebagian tempat di dalam masjid. Begitupun dengan masjid masjid lain yang berada disepanjang ruas jalan Syech Quro ini.

Ruas jalan Syech Quro membentang dari pusat kota karawang hingga ke kecamatan Lemah Abang, tempat dimana Syech Quro dimakamkan, beliau memang sosok yang sangat dihormati sebagai penyebar Islam pertama di Karawang dan sekitarnya, dan penamaan ruas jalan tersebut merupakan salah satu bentuk penghormatan atas jasa jasa beliau.***

Dari arah pasar Telagasari
menuju ke arah Pasar Telagasari
Dua kubah Masjid Al-Ibrohimiyah (see in instagram)

------------------------------

Baca juga artikel masjid di Karawang lainnya :