Rabu, 26 Agustus 2015

Mushola di Pangkal Perjuangan

Mushola Al-Akso Bersebelahan dengan Tugu Kebupatan Tekad, Rengas Dengklok, di Kabupaten Karawang. Tak jauh dari tempat ini terdapat rumah tempat Bung Karno "disandera" oleh para pemuda yang menginginkan segera di kumandangkannya proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia. 

Di sebelah Tugu Kebulatan Tekad, Rengas Dengglok, Kabupaten Karawang, berdiri sebuah Mushola kecil dengan nama Mushola Al-Akso. Mushola kecil itu terlihat jelas dari dalam area Tugu Kebulatan Tekad. di halaman samping Mushola itu ada dua makam. Tugu Kebulatan Tekad dibangun untuk mengenang satu peristiwa yang cukup menentukan sejarah Bangsa Indonesia.

Rengas Dengklok, nama tempat yang begitu lekat dengan sejarah proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia. Di tempat ini sampai sekarang masih berdiri rumah yang dulu ditempati walau hanya sebentar oleh Bung Karno dan Bung Hatta yang menjadi "korban penculikan" oleh para pemuda yang menginginkan segera dikumandangkan proklamasi kemerdekaan. Rumah tersebut kini masih ada dan terawat dengan baik. 

Untuk menuju ke rumah tersebut, dari arah pintu gerbang Tugu Kebulatan Tekad ada jalan kecil di sebelah utara, masuk ke jalan tersebut hanya beberapa meter ada belokan pertama ke kanan, masuk ke dalam gang tersebut tidak terlalu jauh, rumah yang dimaksud ada disebelah kiri jalan dengan bentuk gerbang yang sama dengan bentuk gerbang di depan gang.

Mushola Al-Akso
Dusun Bojong Tugu II, Desa Rengas Dengklok Selatan
Kecamatan Rengas Dengklok, Kabupaten Karawang
Jawa Barat - Indonesia


Di Rengas Dengkok dikemudian hari dibangun Monumen Kebulatan Tekad untuk mengenang peristiwa yang teramat penting tersebut. Berseberangan dengan monumen yang lama kini juga telah berdiri lapangan luas dengan bangunan monumen yang lebih besar, bersebelahan dengan alun alun kecamatan Rengas Dengklok. Tempat yang ramai di sore hari setiap ahir pekan, ada beberapa kelompok anak anak remaja putri yang latihan menarikan tarian daerah di salah satu sudut lapangan besar itu.

Bila sedang berkunjung ke monumen ini dan bertepatan dengan waktu sholat, anda bisa mampir ke Mushola kecil yang lokasinya tepat bersebelahan dengan area Monumen Kebulatan Tekad. namanya Mushola Al-Akso. Meski tak terlalu besar, tapi cukup nyaman bersih dan terawat. Pasokan air sangat memadai meski kamar kecilnya hanya bisa digunakan untuk mandi dan buang air kecil. Lobang kloset di dua kamar mandinya sengaja ditutup dengan semen, mungkin memang sudah mampet dan belum sempat diperbaiki.(last updated 3 Jan 2017).***

Diwaktu subuh, foto dari kamera hape dengan resolusi rendah
Mushola Al-Akso menjelang magrib
Tugu Kebulaten Tekad jelang magrib dengan bangunan Musholla Al-Akso terlihat jelas di bagian belakangnya.
Suasana Monumen Kebulatan Tekad diwaktu subuh, tidak terlalu sunyi seperti di fotonya. tak jauh dari pintu masuk ke monumen ini setidaknya ada dua warung makan yang selalu buka, menyediakan nasi uduk, mie instan rebus dan tentu saja kopi panas.