Jumat, 02 September 2011

Masjid Jami' Al-Huda Loji, Karawang


Masjid Jami' Al-Huda, Loji, Karawang

Di pertigaan Loji, Kabupaten Karawang, masjid ini berdiri megah. Lokasinya yang tepat di pertigaan memudahkan untuk menemukan masjid ini.  pangkalan ojek & warung makan berjejer di pertigaan ini, menandakan bahwa masjid ini berada di pusat keramaian. Bagi anda yang sedang dalam perjalanan ke obyek wisata air terjun CIgentis – Loji, Karwang pastinya akan melewati masjid ini.

Lokasi Masjid Al-Huda

Masjid Al-Huda ini secara administratif masuk dalam kawasan Loji, Desa Cintalaksana, kecamatan Pangkalan, Kabupaten Karawang, Propinsi Jawa Barat. Nama desa tempat masjid ini berada memang cukup nyentrik dan mungkin akan mudah untuk anda ingat.


View Masjid Jami' Al-Huda, Loji in a larger map

Sejarah Pembangunan Masjid

Berdasarkan sertifikat yang dikeluarkan oleh Kantor Departemen Agama Kabupaten Karawang Nomor Mi-06/188/4/III/2002 bertanggal 15 Maret 2002 dan ditantadatangani oleh Drs. H. Thoha Hasan MM selaku kepala Kantor Depag Kabupaten Karawang, disebutkan bahwa masjid Al-Huda ini dibangun pada tahun 1950 di atas sebidang tanah wakaf.

Di sisi utara masjid tak jauh dari tempat beduk dan kentongan berada, terdapat beberapa makam, yang pastinya adalah makam muslim yang terkait dengan masjid ini meski kami gagal menemukan petunjuk lebih lanjut terkait sejarah masjid ini dari empat makam tersebut. Dua diantaranya tidak dilengkapi dengan batu Nisan. Dari dua nisan disana hanya satu yang dapat kami kenali Bernama H. Hapid, beliau tutup usia pada tanggal 19 Maret 1992M jauh lebih muda dibandingkan tahun pembangunan masjid. Apa peran beliau dan 3 muslim lain yang dimakamkan disana ?. sejauh ini kami belum memiliki informasi terkait hal tersebut.

 Arsitektural Masjid Jami’ Al-Huda, Loji

Masjid Jami’ Al-Huda, Loji dibangun dalam arsitektural asli Indonesia dengan atap limas bersusun tiga. Atap bersusun tiga seperti ini memang bentuk tradisional masjid Indonesia. Di dalam masjid jelas terlihat 4 sokoguru masjid jami’ ini menopang struktur atap masjid ini. plafon di bagian bawah atap utama masjid ini dibiarkan terbuka memberikan ruang bagi keluar masuknya udara dan cahaya matahari menjadi penerangan alami di bagian dalam masjid ini.

Tiga sisi masjid ini dilengkapi dengan jendela jendela kaca dengan bukaan lebar untuk memberikan pencahayaan yang cukup ke dalam masjid di siang hari. Ukuran masjid ini memang cukup besar, keseluruhan lantai masjid ini ditutup dengan karpet bagi kenyamaan jemaah. Tempat berwudhu dan toilet masjid ini berada di sisi selatan masjid. Tempat wudhu yang cukup lega memang memang cukup nyaman.

Tempat parkir masjid  ini juga cukup lega di dalam kawasan yang sudah berpagar tinggi. Keseluruhan lahan parkirnya juga sudah di tutup dengan kon blok memberikan suasana Indah dan rapi.

Masjid Jami' Al-Huda memang berada di pojok pertigaan jalan Loji
Mihrab dan Mimbar Masjid Jami' Al-Huda, Loji
Sinar temaram matahari senja menerobos masuk dari bawah kubah limas masjid
Interior Masjid Jami' Al-Huda
Masjid Jami' Al-Huda, Loji, Karawang