Kamis, 25 Oktober 2012

Masjid Jamie Nurul Jannah Sukamahi – Cikarang Pusat

Masjid Jamie Nurul Jannah Sukamahi - Cikarang Pusat

Berdiri tepat berseberangan dengan Kantor Kepala Desa Sukamahi di Kecamatan Cikarang Pusat, lokasi masjid ini berada dalam radius satu kilometer dari pusat pemerintahan kabupaten Bekasi di kota Deltamas. Tepatnya berada di Jalan Raya Sukamahi (Google Earth menyebutnya Jl. Tegal Badak Raya) Desa Sukamahi, Kecamatan Cikarang Pusat, Kabupaten Bekasi.

Masjid Jamie Nurul Jannah
Jl. Raya Sukamahi, Desa Sukamahi
Kecamatan Cikarang Pusat, Kabupaten Bekasi 17330
Jawa Barat - Indonesia
Koordinat Geografi : 6°22'18.43"S 107°10'53.98"E


View Masjid Jamie Nurul Jannah in a larger map
  

Bila anda sedang berada di Komplek perkantoran Kabupaten Bekasi tersebut, keluar dari komplek tersebut ke jalan utama menuju Kawasan Industri Terpadu Indonesia-China (KITIC), ada pertigaan pertama di sebelah kiri jalan, masuk ke jalan tersebut sekitar 500 meter masjid ini berada disebelah kiri jalan berseberangan dengan kantor Kades.

Bangunan masjidnya tidak terlalu besar, masjid dengan atap limas bersusun khas Indonesia, dengan teras di tiga sisinya, dan di atap puncaknya dipasang kubah bawang berukuran kecil dari bahan metal. Setidaknya hingga sampai tanggal 20 Juli 2003 (foto udara terahir masjid ini di google earth) bangunan utamanya belum dilengkapi dengan pendopo di bagian depan. Artinya bahwa bangunan pendopo di depan masjid ini dibangun setelah tanggal tersebut.

::: "Mosque in green" ::: Ekterior Masjid Jamie Nurul Jannah.
Bangunan utama masjid beratap genteng sedangkan bangunan pendopo di depan masjid beratap asbes. Bagian dalam masjid cukup adem meski tanpa penyejuk udara, ditengah atmosfir Cikarang yang cukup menyengat di tengah kemarau yang belum juga kunjung berahir meski telah memasuki penghujung bulan Oktober. Atap bangunan utamanya memang cukup tinggi. Jauh lebih tinggi dibandingkan dengan bangunan di sisi mihrabnya. Tampaknya bangunan masjid ini tidak dibangun sekaligus. Sisi mihrab dan bangunan utamanya tampak seolah olah seperti dua bangunan yang kemudian disatukan.

Ketika saya singgah ke masjid ini untuk sholat asyar sekitar pukul empat sore bersama jagoan kecilku, tidak ada siapa siapa di masjid ini. Namun, syukur Alhamdulillah keran air di tempat berwudhunya mengalirkan air dengan deras tidak seperti dua masjid sebelumnya yang kami singgahi beberapa menit sebelumnya di hari yang sama yang sama sekali tak ada air untuk berwudhu. Dan tak lama setelah itu ada tambahan satu jemaah yang kemudian bergabung bersama kami.

hijau di luar, hijau juga di dalam ::: ademmmm.
Saya cukup maklum bila masjid satu ini pasokan airnya sangat memadai. Di tempat wudhunya memang terpasang dua tangki air ukuran besar, salah satunya bewarna cerah tampak menyolok dalam foto beresolusi rendah yang direkam dengan hape seperti tampak di atas. Ditambah lagi lokasinya yang tepat berdiri di depan Kantor Kades Sukamahi dan hanya satu kilometer dari pusat pemerintahan kabupaten Bekasi, Malu atuh ah bila sampai tidak ada pasokan air yang memadai di masjid ini.

Berdasarkan papan nama yang tergantung di salah satu tiang pendopo masjid. Masjid Jamie Nurul Jannah ini menyelenggarakan Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ). Mungkin kami berdua tiba di saat aktivitas TPQ nya sedang tidak ada aktivitas atau bukan pada jadwalnya jadi tak Nampak anak anak kecil nan lucu yang sedang belajar mengaji disana.***

--------------------------------

Baca juga Artikel Masjid Masjid Cikarang Pusat Lain-nya