Jumat, 06 Juli 2012

Masjid Al-Muhajirin Tegal Danas

Masjid Al-Muhajirin Tegal Danas, Desa Jaya Mukti, Cikarang Pusat
Masjid imut imut satu ini berdiri megah di tepian ruas jalan yang menghubungkan ruas jalan Kali Malang dengan Citarik ataupun Simpangan, beberapa puluh meter dari jembatan Deltamas ke arah  utara.

Masjid Al-Muhajirin
Jl. Raya Tegal Danas, Desa Jayamukti
Kecamatan Cikarang Pusat, Kabupaten Bekasi.
Jawa Barat – Indonesia




Masjid mungil nan indah dengan gaya masjid masjid Timur tengah dalam balutan warna hijau yang dominan. Nama masjid ini tertulis dengan jelas di dua gerbangnya. Gerbang utama masjid berukuran besar mengarah ke jalan raya di sisi timur, gerbang lainnya berukuran lebih kecil dengan bentuk yang serupa menghadap ke jalan di sisi utara.

Halaman nya luas dan keseluruhannya sudah di paving blok. Dengan pepohonan yang sengaja ditamanm menambah asri suasana di masjid ini. bangunan masjid dilengkapi dengan kubah besar di atap utama. Empat menara mungil dibangun di empat penjuru atapnya.

Sisi utara Masjid Al-Muhajirin Tegal Danas
Bangunan serambi dibangun di tiga sisi masjid, masing masing sisi timur, utara dan selatan. Bangunan serambi yang dilengkapi dengan pilar pilar bundar memberikan kesempurnaan rancang bangun masjid ini.

Tak jauh dari masjid ini berdiri yayasan pendidikan Islam dengan nama yang sama dengan masjid ini, Yayasan Pendidikan Pondok Pesantren Al-Muhajirin yang mengelola pendidikan dari tingkat SD hingga SMK dengan berbagai jurusan.

Interior Masjid Al-Muhajirin Tegal Danas
Penerangan di dalam masjid di siang hari cukup baik meski tanpa menyalakan lampu. Jendela jendela kacanya yang bebukaan besar memberi ruang yang cukup bagi sinar matahari untuk menerangi ruang dalam masjid yang tak terlalu besar ini.

Masuk ke dalam masjid ini benar benar bertolak belakang dengan suasana diluar, suasana siang hari Cikarang yang panas, langsung sirna ketika masuk ke dalam masjid ini, maknyus adem ac nya langsung terasa.

detil fasad utara Masjid Al-Muhajirin Tegal Danas
Beberapa unit penyejuk udara memang dipasang di masjid ini ditambah dengan empuknya hamparan sajarah merah memberikan kenyamanan bagi siapa saja yang singgah ke masjid ini. Berikut ini rangkaian foto foto interior dan exterior Masjid Al-Muhajirin Tegal Danas.