Sabtu, 05 Mei 2012

Masjid Jami’ Al-Hasanah Tegal Danas - Cikarang

Masjid Jami' Al-Hasanah di suatu senja Bulan Januari 2012

Di Tegal Danas arah ke pusat pemerintahan Kabupaten Bekasi di Deltamas di sisi kanan Jalan Raya Masjid ini berdiri megah dengan rancangan sebuah masjid modern dalam balutan warna serba hijau luar dan dalam.

Lokasi dan Alamat Masjid Jami’ Al-Hasanah

Masjid Jami’ Al-Hasanah
Kampung Tegal Danas Rt. 01/01
Desa Hegar Mukti, Kecamatan Cikarang Pusat
Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Indonesia


Pertama kali singggah ke masjid ini di bulan Maret 2011 lalu, bangunan masjid megah ini seakan akan mendadak muncul di tempatnya berdiri. Jalan menuju ke masjid dari jalan raya masih berupa jalan tanah, dan tak ada petunjuk apa nama masjid nya.

Kala itu nama masjid ini kutemukan di lembar peringatan “dilarang menyalakan hape di dalam masjid” dsisi bawahnya tertulis “tertanda DKM Mesjid Al Hasanah”. Lembaran peringatan yang ditempel di pintu masjid, karena memang belum di pasang di fasad depan masjid.

Masjid Jami' Al Hasanah dari sisi utara
Rancangannya memang menarik dengan kubah tunggal di atap masjid, kubah blendok berukuran besar. Di apit empat menara yang diletakkan di atap serambi empat penjuru masjid. Tiga sisi masjid dilengkapi dengan Beranda masing masing di sisi timur yang menghadap ke jalan raya, sisi utara yang mengarah ke tanah kosong di sebelahnya dan sisi selatan menuju ke toilet dan tempat wudhu.

Keseluruhan masjid dibangun dengan konstruksi beton. Atap masjid dibangun bersusun dua, atap utama masjid dan atap serambi. Empat menara di atap serambi ini juga cukup menarik dengan rancangan menara bundar dengan sisi atasnya dibangun terbuka tempat diletakkannya pengeras suara.

dari pojok timur laut
Awal Januari, halaman depan masjid ini sudah dibeton berikut jalan menuju masjid dari jalan raya juga sudah rapi. Nama masjid sudah dipasang di fasad depan, jadi tak perlu clingak clinguk lagi untuk sekedar tahu namanya.

Masjid ini memang baru dibangun, dulunya di tempat ini memang sudah ada bangunan masjid kecil di tepian jalan raya, masjid dengan atap limas bersusun. Tapi seiring dengan pelebaran ruas jalan halaman masjid kecil tersebut habis terpangkas untuk jalan raya, pintu masjid tepat di sisi jalan raya. google map bertanggal 20 Juli 2003 di atas masih menunjukkan dengan jelas masjid lama di sisi jalan rayanya yang baru satu ruas.

serambi masjid
Masjid kecil itu sudah tidak ada lagi, berganti dengan masjid megah ini yang memang sengaja dibangun sedikit menjauh dari jalan raya. tata letak seperti itu memang ideal, mengingat masjid ini memang berlokasi di sebelah barat jalan raya, artinya halaman depan masjid ini selain dapat difungsikan sebagai lahan parkir tapi juga dapat digunakan sebagai area tambahan untuk jemaah bila riuang dalam dan serambi sudah tidak mampu menampung jemaah.

Tata letak seperti ini juga sangat baik bagi pengembangan dikemudian hari.l bila sewaktu waktu diperlukan perluasan masjid dapat dilakukan langsung di sisi timurnya (sisi jalan raya). sedangkan keuntungan saat ini adalah terhindar dari kebisingan jalan raya serta memberi ruang terbuka yang cukup di depan masjid.

Serambi depan Masjid Al-Hasanah
Masjid Al-Hasanah dari arah jalan raya di bulan Maret 2011 
Lurus ke arah mihrab Masjid Al-Hasanah
Kubah tunggal Masjid Jami' Al Hasanah

--------------------------------

Baca juga Artikel Masjid Masjid Cikarang Lain-nya