Minggu, 29 Juli 2012

Masjid Jami' Kampung Cikuya, Cicau’

Masjid Jami Kampung Cikuya, Desa Cicau' - Cikarang Utara
Nama masjid di pengkolah kampung Cikuya Desa Cicau’ ini cukup panjang, seperti ditulis di plakat pembangunannya, “Masjid Naurah Abdullah Al-Kholidi Wa’atharoh Al-Ghomadi Yarhamallah” nama masjid yang panjang sekali tentunya. Biasanya nama seperti ini adalah nama dari individu yang memberikan donasi bagi pembangunan masjid tersebut.

Saya tak menemukan papan nama lain yang menjelaskan nama masjid ini selain yang ada di plakat pembangunan yang tadi disebut, jadi biar lebih mudah, kita sebut saja nama masjid ini sebagai masjid Jami Kampung Cikuya.

Lokasi Masjid
Kampung Cikuya, Desa Cicau’
Kabupaten Bekasi, Propinsi Jawa Barat, Indonesia.
Koordinat Geografi :  6°21'49.54"S 107° 8'24.80"E


Lihat Masjid Kampung Cikuya - Cicau di peta yang lebih besar

Dibangun pada tahun 2007 oleh Internasional Islamic Relief Org, Kerajaan Saudi Arabia bersama Cisel Construction & Development. Bangunan masjid ini berdiri megah di tikungan kampung Cikuya. Dari arah pasar serang ke Cicau’ masjid ini berada di sisi kanan tikungan jalan. Sementara disisi kiri beberapa puluh meter dari masjid ini sedang berjalan proyek perluasan kawasan industry Delta Silicon II dalam proses persiapan lahan hingga ke tepian jalan Serang – Cicau’.

Pelan namun pasti desa Cicau’ terkepung dan tergerus oleh ekspansi kawasan industri. Sawah sawah yang dulu menghijau di kawasan itu perlahan lahan berubah menjadi gedung gedung pabrik, sayangnya sebagian besar dari pabrik pabrik yang beroperasi di Cikarang dan di bagian lain negeri ini adalah milik para pengusaha asing.

Lokasi masjid ini berada pas di sisi dalam tikungan di tengah kampung Cikuya. foto di ambil dari arah jalan kecil masuk ke kampung. ke arah kanan Foto menuju ke pasar Serang, Ke arah kiri foto menuju ke Kantor Kepala Desa Cicau'
Kita mengundang para investor asing menanamkan modalnya di tanah air ini, mengubah lahan lahan sawah yang subur menjadi kawasan industri “demi membuka lapangan pekerjaan” sementara para mantan pemiliki lahan nyaris tak ikut menikmati derap kemajuan selain dari dana hasil menjual tanah mereka belasan atau puluhan tahun sebelumnya pada saat harga lahan disana masih teramat murah.

Daerah Cicau’ ini sebenarnya memang cukup nyaman untuk ngadem sore sore, sekedar melintas sore hari sambil ngabuburit menikmati pemandangan setidaknya sebelum semua landscape berbukit bukit itu digerus dan di ratakan untuk kawasan industri. Udaranya masih segar, angin semilir serta masih bisa menikmati tenang dan sunyinya suasana jauh dari hiruk pikuk dan dunia kapitalis individualistis.
Rangkuman foto foto Exterior & Interior Masjid Jami' Kampung Cikuya
Di masjid kampung Cikuya saya singgah sebentar untuk sholat zuhur, sekitar hampir jam dua siang dan tentu saja masjid sunyi senyap dari jemaah karena sudah lewat waktu sholat berjamaah. Hanya ada beberapa tukang yang sedang mengerjakan perbaikan pagarnya ditepian jalan raya.

Pasokan air dimasjid ini sangat baik walaupun sepertinya dipasok dari sumur pompa lalu ditampung dalam tendon air berukuran besar di atas tempat wudhu sebelum dialirkan ke keran keran yang dipasang disana. Mengingat saat ini sedang dalam bulan suci Ramadhan, ruang utama masjid dibagi dua dengan partisi dari kain warna biru membagi dua ruang masjid untuk jemaah pria di bagian depan dan jemaah wanita di bagian belakang.

Proyek ekspansi kawasan industri, hanya beberapa meter dari Masjid Jami Kampung Cikuya. dari arah Serang, masjid Jami Kampung Cikuya ada disisi kanan jalan sedangkan kawasan industri yang sedang tumbuh seperti dalam foto di atas ada di sisi kiri jalan menjelang bangunan masjid.
Bangunan masjidnya berdenah segi empat, atap limas bertingkat dua, dilengkapi dengan tiga pintu dua di sisi kiri / sisi selatan satu menghadap ke area wudhu yang lainnya menghadap ke pemukiman warga, sedangkan pintu utamanya yang menghadap ke pekarangannya yang tak begitu luas di sisi jalan raya.

--------------------------------

Baca juga Artikel Masjid Masjid Cikarang Pusat Lain-nya