Senin, 30 Juli 2012

Masjid Jami’ Desa Cicau’ - Cikarang Pusat


Masjid Jami' Desa Cicau' di pertigaan desa Cicau'. disebelah kiri foto adalah Kantor Kepala Desa Cicau'. Jalan ke arah kanan menuju Komplek Pusat Pemerintahan Kabupaten Bekasi, ke arah kiri menuju Pasar Serang. sedangkan tempat foto diambil adalah jalan menuju Cilangkara.

Sebenarnya nama masjid ini ada tertulis di dinding tempat wudhu dan toilet pada sisi jalan raya tapi nama masjidnya justru dihapus / terhapus dengan cat putih menyisakan tulisan yang terbaca samar samar. Jadi kita sebut saja sebagai masjid Jami’ Desa Cicau’ karena memang letaknya berdiri, berada diseberang kantor kepala Desa Cicau’ Kecamatan Cikarang Pusat, Kabupaten Bekasi.

dari arah Sukamahi / Pemkab Bekasi
Pengennya singgah ke masjid ini buat ngadem dari siang hari Cikarang yang panas sambil ngobrol dengan marbotnya. Tapi masjidnya sepi euy karena memang bukan waktu sholat berjamaah sih. Tapi lumayanlah buat ngadem dan merem sebentar. Di dalam masjid ada satu jemaah atau mungkin marbotnya yang tengah khusu’ banget, khusu’ zikir ?. bukan tapi lagi khsusu’ tidur siang Ramadhan. Ikut tiduran ah di dekat pintu setelah foto sana foto sini dalam senyap.

Koordinat Geografi :  6°22'4.82"S 107° 8'39.21"E


Lihat Masjid Jami' Desa Cicau' di peta yang lebih besar


Tapi saya gagal untuk nyenyak, lokasi masjid ini berada di sisi jalan raya. Pojok teras di barat daya masjid ini bahkan benar benar berada ditepian jalan raya membuat brisiknya kendaraan yang lewat terdengar nyaring ke dalam masjid terutama ditempatku rebahan tak jauh dari pintu masuk yang tak bisa diam ditiup angin terus saja membuka dan menutup sendiri.

bersebelahan dengan SDN 01 Cicau'
Kendaraan yang lalu lalang di jalan raya disamping masjid ini terdengar nyaring ke dalam masjid yang sedang sepi itu, apalagi bila giliran motor dengan knalpot. Masjid Jami’ Cicau’ selain berseberangan dengan Kantor Kepala Desa Cicau, tapi juga bersebelahan dinding dengan Sekolah Dasar Negeri 01 Cicau’.  

dari dalam gang gewung disamping masjid
Bangunan masjidnya sendiri beratap limas dengan empat sokoguru ditengah masjid. Area tempat wudhu berada di sisi selatan bersebelahan dengan jalan raya menghadap ke simpang tiga Desa Cicau’. Teras depan masjid dibangun lengkap dengan lengkungan lengkungan jendela dan pintu nya. Bentuknya yang seakan sudah sangat tua memberikan kesan antik pada teras ini.

Tumpukan Qur'an usang di teras Masjid
Di sudut teras masjid ini bertumpuk tumpuk Kitab suci Al-qur’an tua yang hampir semuanya terlihat usang dan tak bersampul lagi. Rak kayunya yang lapuk menambah lengkap kesan using pojok teras ini. Kitab kitab ini semestinya memang disimpan di dalam ruangan masjid dengan rak atau lemari buku yang layak bukan diletakkan di teras.

Interior Masjid
Ruang dalam masjid ini cukup besar dalam balutan warna putih keramik lantai nya. Ditengah masjid dipasang kain partisi sebagai pembatas area jemaah pria dan wanita, maklumlah saat ini sedang bulan suci Ramadhan, saat jemaah membludak ke masjid untuk sholat tarawih berjamaah, itu sebabnya partisi dipasang di tengah masjid untuk menampung jemaah wanita yang ikut serta sholat berjamaah Tarawih.

Kantor Kepala Desa Cicau' dilihat dari teras masjid
Mihrab dan mimbar disisi kiblat

--------------------------------

Baca juga Artikel Masjid Masjid Cikarang Pusat Lain-nya