Senin, 18 Juni 2012

Masjid Al-Mujahidin Kosambi, Karawang

Malam Jatuh di Masjid Al-Mujahidin Kosambi, Karawang

Seluruh foto kali ini direkam diwaktu magrib, gelap, karena memang kami (saya, Istri dan putra kecil kami) singgah ke masjid ini bertepatan dengan waktu magrib. Dan itupun tertinggal sholat berjamaah utama. Tiba di masjid ini berteoatan dengan bubarnya sholat berjamaah sebelumnya, maka jadilah sholat berjamaah bersama putra kecilku disusul kemudian oleh seorang jemaah lainnya yang datang lebih belakangan dari kami.

Masjid Al Mujahidin Kosambi
Jl. Raya Kosambi No.42, Duren
Klari, Kabupaten Karawang
Jawa Barat 41371




Pembangun masjid ini telah menyediakan tempat khusus jema’ah wanita di bangunan terpisah dari bangunan masjid utama. Letaknya berad disisi selatan bangunan utama bersebelahan dengan area tempat wudhu, atau berada di belakang bangunan utama bila dilihat dari sisi jalan raya. disana istriku sholat magrib sendirian.

Masjid Al-Mujahidin Kosambi dari balik gerbang nya yang mengarah ke jalan raya
Lokasi masjid ini berdiri berada di sisi selatan jalan raya Kosambi di antara Karawang Purwakarta. atau di sisi kiri dari arah Purwakarta ke Karawang, hanya terpaut beberapa meter dari pertigaan jalan alternative kosambi-Purwakarta. Sebuah masjid beton dengan sentuhan arsitektur Timur Tengah berlantai dua dengan warna dominan hijau muda dan putih. Lantai dua masjid dalam keadaan terkunci, sholat berjamaah harian dilangsungkan di lantai dasar.

Serambi timur Masjid Al-Mujahidin Kosambi, permukaan lantai masjid cukup tinggi dengan lima anak tangga. Sepasang tangga menuju ke lantai dua diletakkan disisi ini.
Proses perencanaan pembangunannya cukup baik dengan meninggikan permukaan lantai masjid ini dari permukaan tanah disekitarnya, hingga lima anak tangga. Hal ini juga sangat bagus untuk mengantisipasi perbaikan jalan raya yang kini lebih cenderung menggunakan cor beton setebal tiga puluhan senti setiap kali perbaikan.

Interior lantai satu Masjid Al-Mujahidin Kosambi, Karawang
Halaman nya cukup luas, pekarangan sisi depannya ditanam beberapa pohon mangga yang belum seberapa tinggi. Masjid ini sudah cantik sekali, pembangunannya sudah rampung seratus persen, sudah dilengkapi dengan pagar keliling plus sebuah gerbang menghadap jalan raya. bangunan masjid nya sendiri dibangun menjauh dari jalan raya memberikan lahan terbuka cukup lega di depannya.

Interior Lantai dua Masjid Al-Mujahidin Kosambi, Karawang
Ketika kami singgah ke masjid ini, hanya tersisa tiga jemaah yang sedang asik berbincang di tangga masjid mengarah ke jalan raya. di dalam masjid sendiri setelah kami masih ada beberapa jemaah yang silih berganti singgah untuk sholat magrib. Lokasinya memang nyaman untuk disinggahi, apalagi lahan parkirnya yang cukup lega di dalam tembok pagarnya, dan keseluruhan pekarangan masjid ini sudah di paving blok.

Pintu selatan Masjid Al-Mujahidin Kosambi, Karawang
Menurut Radar Karawang, Masjid Al-Mujahidin Kosambi, Karawang  ini begitu ramai dengan kegiatan remaja masjid selama bulan suci Ramadhan. Siswa siswa sekolah menengah meramaikan masjid ini setiap pulang sekolah selama bulan suci Ramadhan.  Sebuah kegiatan yang sangat positif dan patut di apresiasi.

Pintu sisi utara
area sholat jemaah wanita
Garis penanda Shaf :: umumnya garis penanda shaf menggunakan keramik polos atau sekedar di cat , tapi di masjid ini menggunakan keramik bercorak seperti pada foto ini.
rancangan lantai satu dan dua dibuat sama persis
lampu gantung di tengah ruang masjid

----------------------

Baca Juga Artikel Masjid Masjid Karawang Lain-nya