Sabtu, 07 Maret 2020

Masjid Al-Mathoor Bandara Internasional SMB2 Palembang

Tak sulit menemukan Masjid Al-Mathoor di komplek Bandara SMB2 Palembang, menara kembar bewarna merah menyala itu terlihat jelas dari gedung terminal bandara, menuntun anda langsung ke Masjid Al-Mathor yang bersebelahan dengan nya.


Masjid Al-Mathoor adalah masjid yang berada di komplek Bandar udara internasional Sultan Mahmud Badaruddin II kota Palembang. Lokasinya berada tepat di depan bangunan terminal bandara bersebelahan dengan lapangan parkir bandara. Dua menara menyerupai bentuk sederhana dari jembatan Ampera bewarna menyala di atap bangunan menjadi penanda lokasi masjid ini berada.

Tak sulit menemukan masjid ini karena lokasinya yang tepat sejajar dengan pintu keluar / masuk bangunan terminal Bandara SMB2. Bandara SMB2 juga merupakan salah satu bandara internasional di Indonesia yang tidak saja melayani penerbangan rute dalam negeri namun juga melayani penerbangan ke beberapa rute lintas Negara.

Masjid Al-Mathoor Bandara SMB2 Palembang
Talang Betutu, Kec. Sukarami, Kota Palembang, Sumatera Selatan 30961



Masjid Al-Mathoot ini awalnya dibangun bersamaan dengan pembangunan terminal baru bandara SMB2 beserta fasilitas penunjangnya. Pada awal berdiri dan beroperasional nya bandara baru tersebut, masjid ini sempat mengalami over capacity karena ukuran nya yang hanya mampu menampung sekitar 200 jemaah saja. Akibatnya pada saat sholat jum’at Jemaah meluber hingga ke jalan dan sekitar masjid.

Ukuran nya yang kecil tersebut karena memang awalnya bangunan tersebut hanya dibangun sebagai sebuah mushola, baru kemudian pada bulan Juli 2012 bangunan masjid baru dibangun dilokasinya saat ini dengan ukuran yang jauh lebih besar. Ukuran masjid nya saat ini cukup luas dan tampak terawat cukup baik.

Menara kembar ini semacam ikon dari Bandara SMB2 Palembang.
Tampaknya pihak Angkasapura II (persero) selaku pengelola bandara memberikan perhatian cukup baik. Beberapa media lokal memberitakan tentang program Ramadhan yang diselenggarakan oleh pihak pengelola bandara yang menyediakan menu berbuka puasa gratis bagi para penumpang pesawat yang mendarat di Palembang bertepatan dengan waktu berbuka puasa di Masjid Al-Mathoor ini.

Bagian paling khas dari masjid ini menurut kami adalah mimbarnya yang di hias dengan ukiran khas Palembang dengan sentuhan warna emas yang tentunya tidak akan kamu temukan di masjid bandara lain nya. Di dinding bangunan sisi kiblat juga terdapat beberapa hiasan kaligrafi yang juga bernuansa khas Palembang yang memang sanga khas dengan sentuhan warna emas.

Di dalam Masjid Al-Mathoor Bandara SMB2 Palembang.

Sekilas tentang Bandara SMB2

Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II dulunya dikenal dengan nama Pelabuhan Udara Talang Betutu (ditulis dengan ejaan lama “Talang Betoetoe”) nama tersebut merujuk kepada nama kelurahan tempatnya berada, dan merupakan lapangan terbang militer TNI Angkatan Udara. Lapngan terbang tersebut juga berpungsi sebagai lapangan terbang komersil yang melayani rute penerbangan dalam negeri.

Sebagai bagian dari persiapan sebagai tuan rumah Pekan Olahraga Nasional – PON XVI tahun 2004 yang diselenggarakan di provinsi Sumatera Selatan, pemerintah berupaya untuk memperbesar kapasitas bandara sekaligus mengubah status bandara ini menjadi bandara internasional.

Sisi lain interior Masjid Al-Mathoor.
Pembangunan Gedung terminal baru dilakukan di lahan baru di sisi utara landasan pacu berseberangan dengan gedung terminal lama. Keseluruhan proyek pembangunan tersebut selesai dan diresmikan pada 1 Januari 1990 dan diberi nama baru Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II, mengabadikan nama pahlawan nasional asal Sumatera Selatan.

Bila anda sedang berada di gedung terminal Bandara Internasional SMB2 anda dapat melihat bangunan terminal sebelumnya berada di seberang landasan pacu dan kini sepenuhnya difungsikan sebagai fasilitas militer TNI-AU.***

Langit langit interior masjid Al-Mathoor.
Nama masjid di pintu kaca.

------------------------------------------------------------------
Follow & Like akun Instagram kami di @masjidinfo dan @masjidinfo.id
🌎 gudang informasi masjid di Nusantara dan mancanegara
------------------------------------------------------------------

Baca Juga


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

hindari komentar yang berbau SARA