Sabtu, 25 Juni 2016

Masjid Hasbunallah Areal 70 RU IV Cilacap

#Masjid masjid di Jawa Tengah

Masjid Hasbunallah dari area parkir (T-San 531F)

Masjid Hasbunallah
Areal 70 RU IV Tegal Kamulyan
Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah
GPS: 7°45'01.0"S 109°00'56.2"E


Revinery Unit IV (RU IV) adalah fasilitas pemurnian minyak bumi milik Pertamina yang berada di Cilacap, Jawa Tengah. Masjid Hasbunallah ini dibangun di area 70 RU IV. Pembangunannya digagas oleh Chrisna Damayanto, dibangun tahun 2010 dan diresmikan pada hari selasa 4 Mei 2010 oleh Wakil Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji, GM Pertamina Sofrinaldy dan Chrisna Damayanto selaku penggagas pembangunannya. Acara peresmian tersebut ditandai dengan pembukaan selubung papan nama masjid, dilanjutkan dengan pemencetan tombol sirene dan dilanjutkan dengan sholat Dhuhur berjamaah, dengan imam Wakil Bupati Cilacap, Tatto Suwarto Pamuji.

Peresemian tersebut juga bersamaan dengan peresmian sarana pendidikan TK Al Quran Madrasah diniyah 03 Tegalkamulyan. Masjid Hasbunallah dibangun dengan dana sebesar Rp. 627 juta. Sedang sarana pendidikan TK Al Quran, pembangunannya menelan biaya Rp. 267 juta. Pembangunan tempat Ibadah dan sarana pendidikan, merupakan bagian dari program CSR Pertamina RU IV Cilacap, yang dimaksudkan untuk membina hubungan yang baik antara Pertamina dengan masyarakat sekitar areal 70. Disamping itu, juga sebagai wujud kepedulian Pertamina kepada para pekerja dan masyarakat sekitar, termasuk masyarakat Tegal Kamulyan Cilacap.

Bila anda pernah mendengar objek wisata Benteng Pendem dan Pantai Teluk Penyu Cilacap, yang berada di sebuah tanjung yang merupakan ujung paling selatan propinsi Jawa Tengah, disanalah RU IV Area 70 tempat masjid ini berdiri, berada. Fasilitas milik pertamina ini memang sebagian lahannya sekitar 4 hektar memanfaatkan lahan Benteng Pendem tersebut, Kini objek wisata tersebut sudah dikelola dengan baik dan ramai dikunjungi oleh wisatawan. (foto oleh Teguh Santoso, narasi oleh : Hadiwijaya)***

-------------------------------

Baca Juga