Senin, 18 April 2016

Masjid Al-Ikhlas Semarang

Masjid Al-Ikhlas dari arah gerbang

Lokasi dan Alamat Masjid Al-Ikhlas

Jl. Dr. Cipto No.11, Kebonagung, Semarang Timur
Kota Semarang, Jawa Tengah
Telepon: (024) 3586213
Koordinat : 6°58'18"S 110°26'1"E




Masjid yang letaknya tidak jauh dari perempatan lampu lalu lintas Patimura-Citarum dan masuk dalam wilayah kelurahan Kebonagung kecamatan Semarang Timur. Masjid ini berlantai 2, lantai dasar digunakan sebagai aula atau ruang serbaguna sedangkan lantai 1 digunakan sebagai ruang sholat dan ditambah lantai mezanin untuk sholat jamaah wanita.

Denah masjid ini berbentuk bintang segi delapan. Interior dihiasi dengan kaligrafi pada dinding bagian atas serta bagian mihrabnya. Dinding interior didominasi warna hijau dan putih memberikan kesan teduh, sedangkan kombinasi warna coklat dan krem melengkapi eksterior masjid ini. Halaman masjid cukup luas untuk parkir 15 mobil atau lebih.

Tangga menuju ke lantai utama

Pada tahun 2010, HM Yunus, seorang Jemaah masjid yang bertetangga dengan masjid ini menyedekahkan hartanya untuk memugar masjid itu, mulai dari bagian atap hingga lantainya, hingga pembenahan manajemen masjid. Ditahun yang sama masjid Al-Ikhlas mengungang Ustadz Yusuf Mansur, pendiri PPPA Daarul Quran.

Berikutnya hadir juga di sana, Asaatidz PPPA Daqu seperti Syech Ali, Kyai Kosasih, dan Ustadz Ahmad Jameel untuk bertabligh di Masjid ini. masih di tahun yang sama masjid Al-Ikhlas mengadakan aksi  Peduli Merapi. Pada November tahun 2010, Tim Masjid Al Ikhlas untuk menyampaikan bantuan bagi warga korban erupsi Merapi hingga di Desa Cangkringan. (foto oleh Teguh Santoso, narasi oleh Hadiwijaya).***

Papan Nama Masjid Al-Ikhlas
Di dalam Masjid Al-Ikhlas


-------------------ooo000ooo ------------------

Baca Juga