Kamis, 10 Januari 2013

Masjid Al-Hidayah, Lembah Hijau – Lippo Cikarang


Masjid Al-Hidayah Lembah Hijau - Lippo Cikarang.
Lembah Hijau adalah salah satu nama komplek perumahan di kawasan yang dikelola oleh Lippo Cikarang. Di komplek perumahan satu ini masjid nya memang sedikti unik dalam hal pemilihan lokasi. Tempat dimana masjid ini berdiri berada diantara komplek Lembah Hijau dan kawasan Industri. Boleh jadi dulu pada saat pemilihan lokasi ini turut mempertimbangkan kepentingan muslim/muslimah yang berkerja di kawasan tersebut.

Masjid Al-Hidayah dari arah Lembah Hijau
Masjid ini berdiri di lahan ujung bangunan pabrik yang elevasinya lebih tinggi dari kawasan lembah Hijau, karenanya dari arah lemah hijau, untuk menuju masjid ini harus menaiki jejeran anak tangga yang lumayan tinggi, tapi tidak perlu mendaki tangga bila menuju kesini dari arah berlawanan atau dari arah kawasan pabrik yang ada disana. Disebelah masjid ini berdiri Sekolah Islam Al-Hidayah.


View Masjid Al-Hidayah in a larger map

Merujuk kepada situs milik sekolah tersebut, disebutkan bahwa “Al-Hidayah Islamic School (AHIS) dikelola dan dikembangkan oleh Yayasan Al-Hidayah Lembah Hijau, yang merupakan wadah bagi jamaah Masjid Al-Hidayah untuk mengembangkan Pendidikan dan Dakwah Islam, khususnya di wilayah Lippo CIkarang. Demi terwujudnya masyarakat madani yang menjunjung tinggi nilai-nilai Islam”.

Masjid Al-Hidayah Lembah Hijau dari arah pintu gerbang yang berada di kawasan industri
Maknanya tentu saja bahwa sekolah tersebut merupakan bagian dari Masjid Al-Hidayah ini, dan baik sekolah maupun Masjid berada dibawah pengelolaan Yayasan Al-Hidayah Lembah Hijau. Saat ini sekolah Islam Al-Hidayah ini menyelenggarakan pendidikan tingkat Taman Kanak Kanak sejak tahun 2007 lalu dan Sekolah  Dasar Islam Terpadu.

puncak atap Masjid Al-Hidaya Lembah Hijau
Arsitektur masjid ini  cukup unik terutama pada bagian atapnya yang tak biasa itu. tak ada kubah ataupun atap bersusun tiga. Hanya berbentuk segi empat dan diasalah diletakkan pengeras suara untuk menyuarakan azan, karena bangunannya juga tidak dilengkapi dengan menara.

Puncak atap Masjid Al-Hidayah
Bagian puncak atapnya yang tak biasa ini memang unik dan tak biasa. Bagian itu memang memiliki fungsi yang sama dengan celah yang tercipta diantara tunpukan atap pada masjid dengan atap bersusun seperti yang banyak kita temui. celah celah ini yang menjadi celah masuknya udara dan cahaya matahari sebagai penerangan alami ke dalam masjid.

Interior Masjid Al-Hidayah
interir masjidnya sederhana saja, minimalis dengan banyak bukaan. Ketiga sisi-nya dibiarkan terbuka, memberikan ruang bagi udara luar masuk ke dalam ruangan masjid. Dihari Jum'at penurus masjid memasang tenda di halaman samping dan halaman yang mengarah ke Lembah Hijau untuk menampung jemaah yang membludak. Dan Biasanya  di hari Jum'at, pengurus masjid juga menyediakan air minum dalam kemasan gratis bagi jemaah. 

Toilet dan tempat wudhu

Melihat fisik bangunannya sepertinya bangunan masjid ini sudah dipersiapkan sejak awal untuk dibangun bertingkat. Pada bagian kiri dan kanan bangunan ini sudah disiapkan tangga permanen untuk menuju ke lantai atas.
Papan nama masjid dari arah Lembah Hijau
Bangunan masjid yang dirancang terbuka
-----------------------------------------------------

Baca juga Artikel Masjid Masjid Lippo Cikarang Dan EJIP Lain-nya