Rabu, 27 April 2011

Masjid Taqwa, Tanjung Karang, Bandar Lampung

Updated : 3 Januari 2016
Masjid Taqwa Tanjung Karang, Kota Bandar Lampung Propinsi Lampung
Masjid Taqwa Tanjung Karang di Bulan Juli 2015, foto dari google street view
Tanjung karang, kota tua di provinsi Lampung tempat berahir dan bermulanya perjalanan Kereta Api penumpang dari dan ke Stasiun Besar kereta api Kertapati di Palembang, propinsi Sumatera Selatan. Tanjung Karang kemudian digabungkan dengan Teluk Betung untuk menjadi Ibukota Propinsi Lampung dengan nama kota yang baru sebagai Kota (madya) Bandar Lampung yang kini kita kenal.

Hanya beberapa meter dari gerbang stasiun besar KA Tanjung Karang ini berdiri masjid besar yang sudah cukup tua, benama Masjid Taqwa. Sayangnya sedikit sekali informasi yang bisa diperoleh di dunia maya mengenai masjid besar di kota Tanjung Karang ini.

Masjid Taqwa dilihat dari arah stasiun besar Kereta Api Tanjung Karang
Siapa tahu setelah membaca tulisan ini, ada yang tergerak hati menuliskan artikel tentang masjid Taqwa Tanjung Karang, kapang dibangun, siapa yang membangun, riwayat renovasi dan sebagainya. Terutama bagi mereka yang mengenal dengan baik masjid ini, untuk dibagi dengan pembaca pembaca yang lain.

Terahir singgah ke masjid ini untuk sholat subuh di bulan September 2010 lalu bertepatan dengan penghunjung Bulan Ramadhan. Ketika itu, Masjid Taqwa sedang dalam proses renovasi besar besaran dan sepertinya mengubah total tampilan fisik masjid ini.

Lokasi Masjid Taqwa

Jl. Kotaraja No. 1 Tanjung Karang
Kota Bandar Lampung, Propinsi Lampung
Telepon : (0721) 253209


Lihat Masjid Taqwa Tanjung Karang di peta yang lebih besar



Seperti telah disinggung di awal, lokasi Masjid Taqwa tak jauh dari Stasiun Besar Kereta Api Tanjung Karang.  Kubah dan menara masjid ini terlihat jelas dari gerbang stasiun. So bila anda sedang kebetulan berada di stasiun besar KA Tanjung Karang ini, tinggal jalan kaki sedikit untuk dapat menikmati sholat di masjid ini.

Dari foto sebelum renovasi dan foto bulan September 2010 jelas terlihat bahwa renovasi tersebut memang mengubah tampilan fisik masjid Taqwa. Meski renovasi sedang berjalan namun sangat sudah terlihat tampilah baru masjid Taqwa memang lebih cantik dan modern dari tampilan sebelumnya.

Lembaga binaan Yayasan Taqwa
Aktivitas Masjid Taqwa


Dari beberapa papan nama yang terpasang di depan masjid, tampaknya masjid Taqwa ini cukup makmur dengan aktivitas sosial dan keagamaan. Masjid ini sudah memiliki koperasi yang diberi nama Koperasi Masjid Taqwa dan sudah berbadan hukum dengan nomor 62/BH/KDK.7.4/VII/99. Nomor telepon koperasi Masjid Taqwa 0721-258040.

Di masjid ini juga tersedia balai pengobatan Taqwa, Perguruan Diniyah Taqwa yang mengelola pendidikan setingkat Taman Pendidikan Al-Qur’an dan Madrasah Diniyah Al-Qur’an, Taman Kanak Kanak Diniyah, Madrasah Diniyah Awaliyah, Madrasah Diniyah Wustho dan Madrasah Diniyah Ulya. Semua aktivitas tersebut berada di bawah naungan yayasan Taqwa.

Arsitektur Masjid Taqwa Tanjung Karang

Masjid Taqwa Tanjung karang terdiri dari dua lantai. Tangga ke lantai dua masjid dibangun dibagian depan masjid yang menghadap ke jalan Kotaraja. Arsitektural seperti ini memang banyak digunakan pada rumah rumah tradisional sumatera bagian selatan. Tangga ke lantai dua ini di lindungi dengan atap cor beton. Atap yang selain berfungsi sebagai pelindung dari hujan dan panas matahari tapi juga menjadi tambahan seni arsitektur tersendiri bagi masjid ini.

antara dua menara masjid ::: Tanjung Karang - Bandar Lampung VS Cikarang Utara, Bekasi
Bentuk lengkungan, merata digunakan di keseluruhan bangunan baru yang ditambahkan di sekeliling masjid. Kubah besar di atap masjid sepertinya tetap akan dipertahankan. Sementara menara yang berdiri terpisah dari masjid itu entah mengapa mengingatkan ku pada masjid Nurul Huda di Kaum Utara, Cikarang, yang juga pernah di posting di laman blog ini.  

Bila masjid Taqwa dekat sekali dengan Stasiun KA Tanjung Karang, Masjid Nurul Huda Kaum Utara tak terlalu jauh dari Stasiun KA Cikarang. namun berada di dua pulau dan propinsi yang berbeda. Bisa jadi dulunya dua masjid ini dibangun di era yang sama, atau memang memilki keterkaitan satu sama lain nya ?. Ada satu lagi kesamaan dua masjid ini, Sama sama sedang renovasi besar besaran. 

foto kiti : Masjid Taqwa di bulan Agustus 2010, proses renovasi baru dimulai
di bagian depan (foto croping dari bocah.info di panoramio). Foto Kanan Masjid Taqwa sebulan Kemudian di bulan September 2010
Area sholat untuk jemaah wanita tidak dipisahkan secara permanen. Tapi disekat dengan sekat kayu yang bisa di pindah pindah dan di atur luasan area yang dibutuhkan tergantung seberapa banyak jemaah wanita yang hadir. Satu hal yang menarik dari masjid ini adalah lokasinya yang selain dekat dengan stasiun KA tapi juga tak jauh dari sebuah bangunan gereja yang lokasinya hanya beberapa meter ke arah barat berseberangan dengan Masjid Taqwa (baca juga : potret kerukunan beragama di berbagai belahan bumi)

Saat tulisan ini di posting (April 2011) boleh jadi proyek renovasi masjid Taqwa ini sudah selesai dilaksanakan. Dan masjid tampilan Masjid Taqwa pun sudah jauh lebih cantik dari bentuk sebelumnya dan yang lebih penting semakin makmur pula jemaahnya. Amin.

Foto Foto Masjid Taqwa Tanjung Karang, Bandar Lampung


Renovasi September 2010 terhadap Masjid Taqwa Tanjung Karang
Masjid Taqwa di deretan Ruko di jalan kutaraja ke arah Stasiun Besar Tanjung Karang  
dari arah tugu muda di pertigaan teuku Umar, raden inten tak jauh dari gedung juang 45 Tanjung Karang.
Fasad masjid diantara rambu rambu jalan
Masjid Taqwa Tanjung Karang ini berada di ruas jalan yang sama dengan bangunan gereja yang berseberangan jalan.
- - - - - - - - ooo000ooo - - - - - - - -

Baca Juga