Minggu, 29 Mei 2016

Masjid Al-Muhajirin Taman Sari Karawang

#masjid masjid di Karawang

MEI 2016. Megah dan modern dengan paduan kubah besar dan dua menara
Sampai bulan April tahun 2011 yang lalu Masjid Al-Muhajirin ini masih berupa masjid kembar, karena bangunan lama nya masih berdiri kokoh di lahan yang kini menjadi pekarangan depan Masjid megah ini, sedangkan masjid yang kini berdiri masih dalam proses pembangunan. Sebuah pemandangan yang cukup menarik saat itu, dimana dua masjid berbeda gaya dan zaman berada di satu lokasi.

Di tahun 2013 ketika melintas lagi disana, bangunan lamanya sudah dirobohkan untuk menjadi pekarangan depan masjid baru yang sudah dapat digunakan. Kini masjid baru Al-Muhajirin ini sudah menjelma menjadi sebuah bangunan masjid modern lengkap dengan kubah tunggal berukuran besar di atapnya ditambah dengan dua Menara kembar berdiri menjulang di atap sisi depan masjid, dilengkapi juga dengan beranda depan dengan ornament kubah bewarna biru senada dengan kubah utamanya. 

RANGKAIAN PERJALANAN Masjid Al-Muhajirin dari tahun 2011 - 2015

Denah ukuran masjid baru ini tidak terlalu jauh berbeda dengan ukuran masjid lama, namun dengan kapasitas Jemaah yang jauh lebih besar dengan tambahan ruang di lantai dua dan tentu saja bangunan masjid yang sekarang memiliki halaman depan yang cukup luas sebagai area parkir kendaraan dan sewaktu waktu dibutuhkan dapat difungsikan sebagai area sholat tambahan bagi Jemaah bila daya tampung masjid sudah tidak mencukupi.

Lokasi dan Alamat Masjid Al-Muhajirin

Masjid Al-Muhajirin ini berdiri di ruas jalan raya pangkalan, di desa Tamansari. Nama desa yang serupa dengan nama sebuah taman terkenal di Keraton Jogja, meski mungkin tidak ada kaitannya satu dengan lainnya. Desa Tamansari berada di dalam wilayah kecamatan Pangkalan, kabupaten Karawang. Kecamatan Pangkalan sudah sejak lama terkenal sebagai salah satu penghasil pasir sungai yang ditambang dari tepian sungai Cibe’et. 

Seakan akan kembar. Dua bangunan masjid dari dua masa yang berbeda. Bangunan Masjid bagian depan kini sudah di robohkan lahannya menjadi lahan parkir bagi bangunan masjid baru yang dibangun di belakangnya.

Selain itu kecamatan Pangkalan juga dikenal sebagai penghasil batu Kapur, sepanjang ruas jalan raya pangkalan ini ada beberapa pabrik pengolah batu kapur tradisional dengan asap pembakarannya yang mengepul bahkan terkadang menghalangi pandangan saat berkendara melalui ruas jalan ini. Jangan heran bila sedang melintas di ruas jalan ini selalu saja bertemu dengan kendaraan berat sejenis dump truck yang sedang lalu lalang mengangkut dua bahan tambang tersebut.

Masjid Jami' Al-Muhajirin
Desa Tamansari, Kecamatan Pangkalan
Kabupaten Karawang, Jawa Barat, Indonesia
Koordinat : -6.428860, 107.213227



--------------------------------------------------------------