Minggu, 03 Januari 2016

Masjid Nurul Iman, Bandar Dalam, Lampung Selatan

# Masjid Masjid di Jalan Lintas Sumatera
DINIHARI WAKTU SAHUR di masjid Nurul Islam Bandar Dalam 16 Juli 2015


Masjid Nurul Iman yang satu ini berada di ruas jalan lintas Sumatera, tepatnya di Desa Bandar Dalam, Kecamatan Sidomulyo, Kabupaten Lampung Selatan, Propinsi Lampung. Lokasinya sekitar 2 jam dari pelabuhan penyebarangan Bakauheuni. Singgah ke masjid ini dalam perjalanan mudik lebaran di 16 Juli 2015 yang lalu.  Singgah untuk istirahat sekaligus persiapan untuk sahur hari terahir Ramadhan dan sholat subuh, masjid ini masih sepi karena memang waktu subuh masih belum tiba. Hanya ada satu keluarga yang juga sedang istirahat disana, tak lama setelah itu baru rombongan pemudik berdatangan untuk keperluan yang sama.  

JEMAAH SUBUH, di Masjid Nurul Islam Bandar Dalam.

Pengurus masjid ini cukup ramah, baru beberapa saat kami tiba di masjid ini, salah seorang pengurus masjid datang ke masjid mengeluarkan tikar untuk kami pakai istirahat termasuk juga menyediakan gelas untuk kami pakai ngupi. Dari obrolan singkat dengan beliau, pengurus masih butuh dana untuk memperdalam sumur pompa yang dimiliki masjid Karena saat ini kedalaman sumur nya masih belum mencukupi sehingga kadang kadang pasokan air tidak cukup. Dan benar saja manakala para pemudik sudah mulai meramaikan masjid ini, beberapa jamaah harus bersabar saat akan berwudhu karena 

BA'DA SUBUH di Masjid Nurul Islam Bandar dalam. tampak jejeran sepeda motor pada pemudik jarak dekat.
Pasokan air dari pompa sempat terhenti sesaat.   Kami nikmati sahur terahir bulan ramadhan tahun 2015 di masjid ini bersama dengan para pemudik lain nya, dilanjutkan sholat subuh berjamaah. Matahari sudah terang benderang saat kami beranjak meninggalkan masjid ini melanjutkan perjalanan menuju kampung halaman yang memang masih teramat jauh.

Area Sholat Jemaah Akhwat

Area sholat untuk jemaah akhwat (wanita) di masjid ini disediakan khusus di sisi kiri ruang utama masjid dengan partisi setinggi sebahu. Pengurus masjid juga sudah menyediakan mukena di dalam lemari kaca di area tersebut.
Partisi area sholat untuk jemaah wanita
Lemari Mukena dan Al-Qur'an di area sholat wanita.

Tempat Wudhu dan Toilet

TANGGA PENGHUBUNG, dari koridor masjid ke tempat wudhu dan toilet, tampak plakat pembangunan di bagian atas bangunan tempat wudhu.
TERPISAH. Meski berada di area yang sama tempat wudhu dan toilet untuk pria dan wanita tetap dipisahkan.
YAYASAN MAKKAH MUAKRROMAH AL-KHAIRIYAH kantor Indonesia. Plat yang dipasang di bagian atas dinding tempat wudhu dan toilet. 
Bangunan Masjid Nurul Iman ini lebih rendah dari muka jalan lintas Sumatera, untuk menuju ke masjid ini harus menuruni beberapa anak tangga. Begitupun untuk menuju ke tempat wudhu di bagian kiri belakang masjid melewati koridor lalu menuruni jejeran anak anak tangga yang jauh lebih tinggi karena memang kontur tanah tempat masjid ini berdiri memang tidak rata.

Teras Masjid dengan halamannya yang hanya bisa digunakan untuk parkir motor.
BEDA KETINGGIAN. 

Dan Pagi Pun Datang

Bangunan masjid dari arah tempat wudhu. Struktur atap masjid ini sama seperti kebanyakan struktur atap masjid di tanah sumatera yang menggunakan atap limas bersusun tiga.
NURUL IMAN  dipagi hari, Bapak bersarung itu salah satu pengurus masjid yang begitu ramah menyambut para mudiker's yang mampir istirahat di masjid ini.
My Kid's sesaat setelah sholat subuh.

- - - - - - - - ooo000ooo - - - - - - - -

Masjid di Jalur Lintas Sumatera Lain nya