Minggu, 16 September 2012

Masjid Asy-Syuukur Bumi Waringin Indah


Masjid Asy-Syuukur, di Komplek Perumahan Bumi Waringin Indah
Bumi Waringin Indah (BWI) merupakan kawasan perumahan dengan luas sekitar 30 Hektar di wilayah desa Waringin Jaya Kecamatan Kedungwaringin kabupaten Bekasi. Dari arah stasiun lemah abang kea rah Karawang, perumahan ini berada di sisi kiri jalan tak seberapa jauh dari gerbang Rengas Bandung Waterboom.

Meski belum lama berdiri di dalam kawasan perumahan ini kini sudah berdiri sebuah masjid Jami’ dan sebuah Mushola. Mushola kecil tersebut dibangun atas bantuan dari Negara dari Timur Tengah bekerjasama dengan PKPU dan Human Appeal int. Masjid di perumahan ini diberi nama Masjid Asy-Syuukur.

Nama Gang disamping masjid ini cukup unik ya ::: Gang Jambu
Dalam perjalanannya Komplek perumahan ini sempat menjadi isu panas ketika beberapa LSM di Kabupaten Bekasi menganggap izin bagi perumahan ini menyalahi aturan tata ruang yang telah tertuang dalam Perda nomor 2 tahun 2007. Sebagaimana dilansir oleh pikiran rakyat 3 Februari 20017 dan 4 Februari 2010, Pemkab Bekasi menyatakan bahwa izin atas perumahan tersebut didasarkan kepada Legal Opinion dari Kejaksaan Negeri Cikarang, namun justru pihak kejaksaan membantah telah mengeluarkan Legal Opinion.

Lokasi Masjid Asy-Syuukur

Masjid Asy-Syuukur berdiri di tengah tengah komplek perumahan Bumi Waringin Indah. Di dalam peta online google maps maupun google earth hasil citra satelit tahun 2000 lalu lokasi perumahan ini berikut masjid nya masih belum eksis. Saya berikan penanda di peta tersebut hanya sebagai referensi semata bukan lokasi pin point dari masjid ini. Di belakang komplek Perumahan ini terdapat kampung Baleker dengan Masjid Nurul Bayan yang akan kita ulas dalam posting berikutnya.


View Masjid Asy-Syuukur BWI in a larger map


Masjid Asy-Syuukur dibangun dalam bentuk masjid Asli Indonesia dengan atap limas bersusun tiga. Bangunan utamanya berdenah segi empat dan dilengkapi dengan teras di ketiga sisi bangunannya kecuali di sisi mihrab. Lokasi tempat wudhu dan toilet berada di samping kanan masjid (sisi utara).

Pengembang kawasan perumahan ini memberikan lahan untuk pembangunan masjid ini cukup luas dengan posisi di sebelah barat ruas jalan utamanya sehingga memungkinkan untuk membangun masjidnya merapat ke sisi barat untuk memberikan halaman luas di sisi timur masjid yang nantinya dapat dimanfaatkan sebagai area perluasan masjid dikemudian hari.

Detil di dalam dan teras Masjid Asy-Syuukur
Sebagaimana perumahan yang belum lama berdiri, di sekitar masjid ini belum ada pepohonan tinggi yang dapat memberikan kesejukan alami di siang hari. Bangunan masjidnya sendiri memang belum lama berdiri. Saat ini kepengurusan masjid ini dipimpin oleh Bp. Sutiajaya, Bendara umum dipercayakan kepada Bp. Lukman Halimi. Saldo kas masjid pada 19 Agustus lalu sebesar Rp. 4.9 Juta.

-----------------------

Artikel Terkait :