Jumat, 06 Juli 2012

Masjid Jami’ Al-Wusqo, Kedunggede, Kedungwaringin


Masjid Jami Al-Wusqo, Kedunggede, Kedungwaringin, Kabupaten Bekasi

Melanjutkan perjalanan dari Masjid Jami Al-Muttaqien Kedungwaringin kami singgah ke Masjid Jami Al-Wusqo Kedunggede di kecamatan Kedungwaringin. Masjid ini berdiri sisi kiri jalan dari arah Kedungwaringin ke Pebayuran.

Masjid Jami’ Al-Wusqo
Jalan Kedungwaringin – Pebayuran
Desa Kedunggede, kecamatan Kedungwaringin
Kabupaten Bekasi – Jawa Barat
Indonesia
            Koordinat Geografi :  6°15'21.72"S 107°16'23.41"E


View Masjid Jami' Al-Wusqo Kedunggede in a larger map

Lokasi masjid ini berdiri memang cukup unik, berada di sisi dalam sebuah tikungan jalan memberinya dua gerbang di sisi yang berbeda. Satu gerbang berada di sisi tenggara bersebelah dengan sebuah rumah dan dari arah gerbang agak masuk sedikit untuk menuju ke masjid ini.

Sedangkan gerbang yang satu lagi berdiri di sisi barat (sisi mihrab) masjid dengan sedikit halaman disisi ini dan celah sempit di sisi utara menuju ke masjid diantara bangunan masjid dan rumah disebelahnya.

Masjid Jami' Al-Wusqo dari gerbang Utama
Gerbang utamanya memang berada di sisi tenggara, sebuah gerbang besar dengan pilar bundar . disebelah gerbang ini berdiri papan nama bertuliskan “(DKM) Masjid Jami’ Al-Wusqo” dan kutipan sebuah hadist nabi tentang keutamaan membangunan masjid, dalam bahasa arab lengkap dengan terjemahannya yang berbunyi :

“barangsiapa membangun masjid, maka Allah akan membangunkan sebuah rumah untuknya di Sorga”

Arsitektural masjid Al-Wusqo sejatinya berupa bangunan masjid tradisional Indonesia. Berdenah segi empat dengan atap limas bersusun. Namun keunikan masjid ini justru pada denahnya yang bukan bujursangkar tapi empat persegi panjang, memanjang timur – barat.

Interior Masjid Jami' Al-Wusqo dari arah pintu utara
Sederet jendela jendela kaca berukuran kecil dipasang sekeliling dinding celah antara atap puncak dengan atap dibawahnya, cukup unik memandangnya dari dalam masjid. Bagian bawah atap masjid memang dibiarkan terbuka tanpa plafon, memberikan suasana yang benar benar lega di dalam masjid ini.

Susunan atapnya yang bertingkat terlihat dengan jelas dari luar maupun dari dalam masjid. Jejeran jendela jendela kaca berukuran kecil juga dipasang di dindind antara atap kedua dengan atap dibawahnya.

Interior Masjid Jami' Al-Wusqo dari arah pintu timur lurus ke mihrab. Di ujung atas dua pilar depan itu terdapat tulisan tanggal pembangunan masjid ini.
Empat pilar berdiri kokoh di dalam masjid ini, empat pilar bundar berukuran besar ini menjulang dan terlihat utuh dari bagian umpak disisi bawah hingga ujung tertingginya. Pada dua pilar bagian depan di ujungnya tampak deretan angka tanggal, sepertinya tanggal pembangunan masjid ini. Angka dipilar kiri tertulis angka 22.03.2001 dan pilar kanan tertulis angka yang sama dalam aksara Arab.

Di sisi timur hingga  tenggara masjid Al-Wusqo sudah dibangun bangunan tambahan permanen menambah daya tampung masjid Jami’ ini. bangunan tambahan ini yang akan kita jumpai bila datang ke masjid ini dari gerbang utama. Tempat wudhu dan toilet disediakan di sisi timur bersebelahan dengan bangunan tambahan.

Gerbang Barat Masjid Jami Al-Wusqo. di langit tampak bulan yang hadir terlalu dini di sore hari
Bangunan masjid ini dilengkapi dengan tiga pintu utama masing masing di sisi utara, selatan dan sisi timur. Sementara gerbang masjid di sisi barat sedang dalam proses finishing, seorang pekerja sedang serius menyelesaikan pekerjaannya di lokasi ini.

pintu selatan dan rangkaian jendela kaca dua susun di atasnya memberi penerangan alami yang cukup ke dalam masjid di siang hari
Pintu Timur Masjid Jami' Al-Wusqo
area tambahan di sisi timur
Tanggal Pembangunan Masjid disimpan di ujung dua pilar ini, sebelah kiri dengan angka latin dan sebelah kanan dengan angka Arab.
tepat dibawah atap utama di dalam masjid
Pintu sebelah utara Masjid Jami' Al-Wusqo

-----------------------

Artikel Terkait :