Senin, 14 Februari 2011

Masjid Jami’ Nurul Huda, Rengas Bandung

Kubah kuning Masjid Nurul Huda Rengas Bandung di ujung atap limasnya yang bertingkat tingkat 

Alamat dan Lokasi Masjid

Masjid Jami' Nurul Huda Rengas Bandung
Jl. H. Ali Jamri. Kampung Rengas Bandung RT 01/05
Desa Karang Sambung, Kecamatan Kedung Waringin
Kabupaten Bekasi, Jawa Barat


Meski namanya ada kata ‘Bandung’-nya, namun letak nya jauuh banget deh dari kota Bandung. Dari stasiun Kereta Api Lemah Abang (Cikarang Utara) kurang lebih 15~20 menit ke arah Karawang. Masjid nya agak masuk sedikit di dalam gang (Jl. H. Ali Jamri). Di depan gang dipasang gerbang dengan ornamen kubah masjid bertuliskan Yayasan Nurul Huda. Letaknya disebelah kiri jalan utama menuju Karawang tak lama setelah melewati gedung KPUD kabupaten Bekasi dan tak terlalu sulit untuk menemukan lokasi masjid ini. 

Gerbang di gang menuju masjid
Masjid Jami’ Nurul Huda Rengas Bandung ini berada di bawah pengelolaan Yayasan Nurul Huda, yang juga mengelola Majelis Ta’lim, Madrasah Ibtida’iyah dan Diniyah (SLTP Islam Nurul Huda) di lokasi yang sama. Gedung madrasah yang dikelola Yayasan Nurul Huda ini, persis berada berseberangan dengan Masjid Jami’ Nurul Huda.

Aksen khas Masjid Indonesia jelas terlihat di masjid ini dari bentuk atap bersusunnya.
Masjid Nurul Huda Rengas Bandung dibangun dengan arsitektur tradisonal khas Indonesia. Dengan atap berundak undak bersusun tiga ditopang empat sokoguru dibagian tengah masjid.  Dua susun atap limas di bagian atas dibuat jauh lebih kecil dari atap utama masjid menghadirkan nuansa bangunan seperti bangunan candi dengan struktur berundak undak.

Bangunan menaranya juga dibangun berundak undak seperti halnya bangunan atapnya. di ujung menara juga ditempatkan ornamen bulan sabit, di bagian bawah bangunan menara ini terdapat beduk berukuran cukup besar.
Di susunan atap paling atas dipasang kubah masjid berbentuk bawang dengan warna kuning emas, Di bagian puncak atap tertinggi dipasang asma Allah dan bulan sabit sekaligus. Kubah bawang warna kuning emas dengan ukuran lebih kecil juga dipasang di puncak menara. Menara masjid juga dibuat berundak undak, undakan terbawah dengan ukuran terbesar dan mengerucut hingga ke puncak. Dibagian bawah menara ini ditempatkan beduk atau tambur dalam bahasa Melayu, dengan ukuran cukup besar.  

Mimbar dan lampu gantung masjid Nurul Huda
Mimbar masjid dibuat dari kayu berukir. Sangat indah. Mimbar di masjid ini dilengkapi dengan podium, bukan jenis mimbar khatib yang hanya berbentuk tangga tanpa podium. Di sudut kanan depan masjid terdapat jam berukuran besar juga dari bahan kayu. Halaman masjid ini tidak terlalu besar dan sudah dipasang kanopi untuk menampung jemaah di hari jum’at. Ada sedikit ruang disamping kiri masjid (sisi selatan) yang dapat dipakai untuk tempat parkir. [re-freshed 28/4/2016].

Bangunan utama, kanopi, dan menara
Pintu utama masjid dan bagian dalam masjid
Madrasah Nurul Huda, lokasinya tepat diseberang Masjid Nurul Huda Rengas Bandung ini.
-----------------------

Artikel Terkait :