Minggu, 12 Februari 2017

Masjid Kifayatul Abidin Kebun Raya Bogor

Masjid Kifayatul Abidin Kebun Raya Bogor. dibangun oleh Yayasan Amal Bakti Muslim Pancasila

Kebun Raya Bogor salah satu objek wisata yang berada di kota Bogor, Jawa Barat. Kebun Raya Bogor dikenal sebagai kebun raya terbesar di kawasan Asia Tenggara. Kebun raya yang sudah berdiri sejak masa penjajahan Belanda ini kini ramai di kunjungi oleh wisatawan lokal maupun asing.

Berbagai fasilitas penunjang telah dibangun di lingkungan Kebun Raya Bogor termasuk pembangunan sarana Ibadah berupa Bangunan Masjid Kifayatul Abidin yang dibangun oleh Yayasan Amal Bhakti Muslim Pancasila pimpinan mendiang Presiden Soeharto, sebagaimana dijelaskan pada plakat pembangunan masjid yang diletakkan di dinding masjid bagian dalam di sisi selatan.


Letak masjid ini berada di sektor timur Kebun Raya Bogor bersebelahan dengan lapangan hijau nan luas di kebun Anggrek. Berdiri persis di tepian kali, cukup jauh dari pintu gerbang Kebun Raya Bogor manapun. Letaknya yang berada di tengah tengah kebun raya bogor membuat masjid ini memang tidak popular bagi masayarakat umum.

Namun demikian sejak tahun 2015 yang lalu Pemerintah Kota Bogor telah menjadikan Kebun Raya Bogor sebagai tempat pelaksanaan ibadah sholat Idul Fitri tingkat kota Bogor yang penyelenggaraannya dilaksanakan bekerjasama dengan DKM masjid Kifayatul Abidin Kebun Raya Bogor ini.

Ba'da Asyar di Masjid Kifayatul Abidin

Seperti halnya masjid masjid lainnya yang dibangun oleh YAMP, masjid Kifayatul Abidin ini dibangun dengan arsitektur masjid asli Indonesia, dengan atap limas bersusun tiga namun tanpa empat tiang di tengah masjid. Dua tempat wudhu dibangun masing masing disi kiri dan kanan.

Ciri lain dari Masjid masjid yang dibangun YAMP adalah adanya logo segilima sebagai refresentasi dari Pancasila dengan lafazd Allah ditengahnya, di puncak tertinggi atap masjid dan satu lagi ditempatkan di ruang mihrab. Sayangnya plakat pembangunan masjid ini yang juga lengkap dengan tanda tangan dari Pak Harto, tidak dilengkapi dengan tanggal.

Ciri khas masjid YAMP terdiri dari atap masjid berbentuk limasan bersusun tiga, di puncak menara di hias dengan ornamen segi lima dengan lafadz Allah di tengahnya, di dalam masjid di ruang mihrab juga diletakkan logo yang sama. dan tentu saja ada plakat pembangunan masjid yang ditandatangani oleh Pak Harto. Namun plakat di masjid ini tidak dilengkapi dengan tanggal.

Kolam besar dibangun di depan masjid sebagai penghias tampilan masjid ini, pengunjung yang akan ke masjid ini harus melewati jembatan yang melintas di tengahnya langsung menuju ke pintu masjid. Lahan untuk pembangunan masjid ini cukup luas selain pekarangan di depan, di belakangnya masih ada lahan kosong dengan tanaman rumput yang menghijau.

Saat singgah ke masjid ini pada 8 Januari 2017 lalu, Jemaah sholat asyar di masjid ini di dominasi oleh para pengunjung Kebun Raya Bogor, para pegawai dan beberapa anggota TNI yang mungkin sedang ditugaskan disana, karena memang Kebun Raya Bogor ini tak bisa dilepaskan dengan Istana Bogor yang menempatai hampir seperempat lahan kebun raya Bogor ini.***

Eksterior Masjid Kifayatul Abidin

Lokasi masjid Kifayatul Abidin ditunjukkan dalam peta Kebun Raya Bogor
Bagian belakang masjid Kifayatul Abidin diantara rimbun pepohonan hijau
dari arah pintu belakang
Kolam di depan masjid dilengkapi dengan jembatan beton melintas di tengahnya.

Interior Masjid Kifayatul Abidin

Plafon masjid dengan lampu gantung
Sajadah dan sarung di area sholat jemaah proa 
Lampu Gantung
Jam dinding disamping mihrab
  
-----------------------

Baca Juga