Jumat, 08 Juli 2016

Masjid Ziyadatul Khoir Kalijaya

#masjid masjid di kabupaten Bekasi

Masjid Ziyadatul Khoir Kalijaya

Masjid Riyadatul Khoir nama masjid ini seperti yang tertulis di tembok depan masjid, Merupakan salah satu Masjid di dalam wilayah desa Kalijaya di kecamatan Cikarang Barat. Lokasinya berdiri tepat di tepi jalan raya Kyai Asnami tanpa menyisakan halaman di bagian depannya. Jemaah yang membawa kendaraan memang mau tidak mau harus parkir di sisi jalan raya.

Masjid Ziyadatul Khoir
Jl. Kyai Asnami, Kampung Cikarang Jati Ps. Beras
Desa Kalijaya 17530, Kecamatan Cikarang Barat.
Kabupaten Bekasi, Jawa Barat
Indonesia



Saat ini (Juni 2016) Masjid Ziyadatul Khoir sedang dalam proses renovasi. Dari gambar rencana pembangunan yang dipasang di tembok bagian dalam masjid tampak bahwa masjid ini nantinya akan berubah total dari bentuknya saat ini, selain perubahan tampilan induk bangunan, namun juga akan ditambahkan bangunan menara tunggal.

Bagian dalam masjid sedang dirombak total, ruang sholat utama di lantai dasar ditinggikan hingga untuk kelangsungan aktivitas peribadatan, lantainya saat ini ditutup dengan lapisan terpal baru kemudian dibentangkan sajadah dan karpet di atasnya. Sementara di lantai dua, keramik lantainya sudah selesai dipasang namun pagar pembatas (reiling) pada area void masih menggunakan pagar sementara dari bambu. Dan masih dalam proses finishing disana sini. Tangga akses ke lantai dua yang tadinya berada di depan dipindahkan ke bagian belakang.

SAAT INI DAN RENCANA MASA DEPAN. Foto sebelah kiri adalah bentuk masjid Ziyadatul khoir saat ini, foto sebelah kanan adalah rencana masjid masa depan. 

Denah masjid ini berbentuk U di tengah bagian U nya ada bangunan lain, mungkin rumah warga setempat. Di sisi utara ada gang kecil antara tembok masjid dengan pagar, area tempat wudhu dan toilet berada di sisi tersebut, tangga ke lantai dua berada diantara tempat tersebut dengan ruang sholat utama. Gang tersebut juga menjadi akses bagi warga yang tinggal di belakang masjid.

Masjid ini masih membutuhkan banyak dana untuk menyelesaikan proses renovasinya. Ruang sholat utama di lantai dasar masih serba darurat karena memang proses pembangunannya yang sedang berlangsung namun harus berkompromi dengan akttvitas peribadatan yang juga wajib untuk tetap dilaksanakan. Semoga proses renovasinya berjalan lancar, Aamiin.***

DI DALAM MASJID. foto atas adalah ruang sholat di lantai dua, foto bawah adalah ruang sholat utama di lantai dasar 

---------------------------------

Baca Juga