Selasa, 07 Oktober 2014

Masjid Jami’ Baiturrahman Jambansari, Butuh Bantuan

Masjid Jami' Baiturrahman Jambansari, membutuhkan bantuan donasi untuk mempercepat penyelesaian pembangunannya.
Kampung Jambansari merupakan salah satu Kampung di wilayah Desa Sukalaksana, kecamatan Banyuresmi kabupaten Garut, Jawa Barat. Sebuah kampung asri nan alami di kabupaten Garut, lokasinya yang cukup jauh dari pusat kota menghadirkan suasana sejuk, tenang dan alami jauh dari hiruk pikuk keramaian kota. Kecamatan Banyuresmi termpat masjid ini berdiri terkenal dengan Danau Situ Bagendit objek wisata alam yang terkait dengan legenda Bagenda Endit si janda muda kaya raya yang tamak.

Masjid Jami Baiturrahman
Kampung Jambansari RT 03 RW 03. Desa Sukalaksana, Kecamatan Banyuresmi, Kabupaten Garut, Jawa Barat 44191
Ketua DKM : Memed Hidayat (+6285793367422)
Sekretaris : Sulaiman Afif (+6281320036855, +6285794643008)

Bangunan masjid ini pertama kali dibangun pada tahun 1991 untuk memenuhi kebutuhan warga masyarakat sekitar Kampung Jambansari, di motori oleh seorang Ustdz O. Saefuddin. Pada awalnya berdiri Masjid Baiturrahman ini hanya berukuran 8 meter persegi. Namun seiring dengan bertambahnya jumlah penduduk kampung Jambansari, maka pada tahun 2005 Masjid tersebut direnovasi dan diperbesar ukuranya menjadi 12 m X 15 m hingga saat ini dan dapat menampung hingga ± 250 Jama’ah. Lahan masjid ini berstatus
Lahan Wakaf Mutlaq seluas 315 m2.

Bagian dalam masjid
Masjid yang berdiri di bawah naungan Organisasi Keagamaan Muhammadiyah ini hingga saat ini kondisi pembangunanya belum tuntas dikarnakan keterbatasan Sumber Daya Ekonomi Ummat yang Lemah dan hanya mengandalkan Infaq dan Shodakoh warga sekitar, yang notabene warga masyarakat di perkampungan yang mayoritas Penduduknya berprofesi Buruh, baik itu Buruh Tani, Kuli Bangunan dan warga masyarakat yang berpenghasilan tidak tetap.

Faktor wilayah dan Geogerafis Kampung Jambansari yang berada di pedalaman Kampung-kampung umumnya yang berada di daerah Pedesaan menyebabkan terbengkalainya Program Pembangunan Sarana dan prasarana Fisik masjid bagi 116 kepala keluarga di RT03/RW03 Kampung Jambansari ini.

sisi kiri dan kanan masjid Baiturrahman Jambansari

Aktivitas Masjid

Aktivitas Keagamaan dan Dakwah yang diselenggarakan di Masjid Baiturrahman ini meliputi Fungsi sebagai tempat shalat Jum’at, Pengajian Umum Mingguan ( selasa sore), Kajian Tafsir Malam Jumat, dan Kajian Hadits setiap Minggu sore yang di asuh oleh Ustadz. H. Mahmuddin seorang Tokoh Sepuh di Lingkungan Jamiyyah. Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kab. Garut.

Butuh Bantuan 

Dalam surat elektroniknya, Bapak Sulaiman Afif selaku sekretaris panitia pembangunan masjid Jami’ Baiturrahman ini menjelaskan bahwa panitia membutuhkan bantuan donasi untuk menyegerakan penyelesaian pembangunan masjid ini serta untuk melengkapi sarana dan prasarana yang penunjang yang dibutuhkan termasuk penyelesaian pembangunan tempat wudhu dan lain lain. Bagi pembaca yang berkenan untuk membantu dapat disalurkan melaui rekening Bank Mandiri Jl. CIledug No. 128 Garut a/n Sulaiman Afif nomor rekening 131-00-0798654-2 swift code BMRIIDJA.

area berwudhu dan toilet yang belum selesai

note : foto foto diambil dari proposal pembangunan masjid.