Minggu, 04 Maret 2012

Masjid Kampung Bedeng, Medal Krisna - Bojongmangu


Masjid mungil berarsitektur asli Indonesia ini berada di kampung Bedeng, Desa Medal Krisna, Kecamatan Bojongmangu, Kabupaten Bekasi, propinsi Jawa Barat, Indonesia.

Bojongmangu merupakan salah satu kecamatan di Kabupaten Bekasi yang letaknya berbatasan langsung dengan Kabupaten Karawang. Meski letaknya cukup jauh dari Pusat Pemerintahan Kabupaten Bekasi di Sukamahi – Cikarang Pusat, namun jalan akses menuju kesana cukup baik.
Belum ada papan nama yang dipasang di masjid ini. ::: Saya lupa nama masjid ini meski sempat diberitahu warga yang yang tinggal tepat berseberangan dengan masjid ini ketika singgah sebentar kesana beberapa waktu lalu.

Ada sekeping plakat pembangunan masjid yang dipasang didinding luar sisi jalan raya. Plakat yang menjelaskan bahwa pembangunan masjid ini dilaksanakan tahun 2011 yang lalu ::: masih terbilang baru::: dilihat dari dua gambar bendera yang tertera di plakat tersebut sepertinya pembangunan masjid ini didanai oleh sebuah lembaga amal dari Negara di Timur Tengah ::: (Negara Qatar Sepertinya):::

Masjid Kampung Bedeng::: perhatikan sisi belakang masjid ini
terlihat bahwa sebagian besar lantai masjid ini dibangun dengan metoda
floating floor untuk menyisiasati kontur tanah disana yang tidak rata.
Sama halnya dengan masjid masjid lain yang pembangunannya di danai oleh lembaga lembaga donor, masjid ini juga sebenarnya “diminta untuk” diberi nama dengan nama pendonornya. Nama yang tertulis jelas dalam aksara Arab di Plakat tersebut.

Lokasinya yang berada persis di sisi jalan cukup memudahkan untuk menemukan lokasi masjid ini, namun karena struktur tanah disana yang tidak rata ::: sedikit berbukit bukit::: membuat lantai masjid ini sisi belakang dibuat menggantung di topang beberapa tiang beton untuk membuatnya rata dengan sisi depan.

plakat pembangunan masjid kampung Bedeng.
Permukaan tanah di sisi belakang bangunan masjid ini memang cukup terjal menurun. Bahkan permukaan lantai masjid ini sendiri memang lebih rendah dari permukaan jalan yang melintas di depannya.

Saya agak kesulitan menemukan lokasi pasti masjid ini di google map :::harap maklum ::: karena saya juga belum familiar dengan daerah ini. singgah kesana beberapa waktu lalu itu adalah kali pertama saya melintas di daerah ini.

Masjid Kampung Bedeng dari arah berlamawan
Jika pembaca memiliki informasi lebih dari yang telah saya tuliskan di atas, jangan sungkan untuk memberi masukan terkait masjid ini dengan menuliskannya di kolom komentar ya :::

Teririring ucapan terima kasih untuk para pendonor yang telah meridhokan sebagian hartanya untuk membangun masjid di kabupaten Bekasi tempat kami tinggal saat ini. semoga Alloh meridhoi dan senantiasa melimpahkan rahmat dan cintanya untuk kita semua.

Amin Ya Robbal Alamin