Minggu, 04 Maret 2012

Masjid Nurul Jannah Kampung Bedeng, Medal Krisna

Masjid Nurul Jannah.

Masjid mungil berarsitektur asli Indonesia ini berada di kampung Bedeng, Desa Medal Krisna, Kecamatan Bojongmangu, Kabupaten Bekasi, propinsi Jawa Barat, Indonesia. Sesuai dengan nama kampungnya berada, lokasi kampung Bedeng tempat masjid ini memang tak jauh dari Situ Rawa Bedeng. 

Bojongmangu merupakan salah satu kecamatan di Kabupaten Bekasi yang letaknya berbatasan langsung dengan Kabupaten Karawang. Meski letaknya cukup jauh dari Pusat Pemerintahan Kabupaten Bekasi di Sukamahi – Cikarang Pusat, namun jalan akses menuju kesana cukup baik. 

Masjid Nurul Jannah 
Medalkrisna, Bojongmangu, Bekasi, Jawa Barat 17352 

 

Belum ada papan nama yang dipasang di masjid ini saat pertama kali berkunjung kesana dan Saya lupa nama masjid ini meski sempat diberitahu warga yang yang tinggal tepat berseberangan dengan masjid ini ketika singgah sebentar kesana beberapa waktu lalu. Beruntung google memberikan update, nama masjid ini ternyata “Masjid Nurul Jannah”. 

lantai masjid ini sebagian besar dibangun dengan metoda floating floor karena lahannya yang memang tidak rata terhadap jalan raya di depannya.
Ada sekeping plakat pembangunan masjid yang dipasang didinding luar sisi jalan raya. Plakat yang menjelaskan bahwa pembangunan masjid ini dilaksanakan tahun 2011 yang lalu ::: masih terbilang baru::: dilihat dari dua gambar bendera yang tertera di plakat tersebut sepertinya pembangunan masjid ini didanai oleh sebuah lembaga amal dari Negara di Timur Tengah ::: (Negara Qatar Sepertinya)::: 

Sama halnya dengan masjid masjid lain yang pembangunannya di danai oleh lembaga lembaga donor, masjid ini juga sebenarnya “diminta untuk” diberi nama dengan nama pendonornya. Nama yang tertulis jelas dalam aksara Arab di Plakat tersebut. 

Plakat pembangunan masjid Kampung bedeng.
Lokasinya yang berada persis di sisi jalan cukup memudahkan untuk menemukan lokasi masjid ini, namun karena struktur tanah disana yang tidak rata ::: sedikit berbukit bukit::: membuat lantai masjid ini sisi belakang dibuat menggantung di topang beberapa tiang beton untuk membuatnya rata dengan sisi depan. 

Permukaan tanah di sisi belakang bangunan masjid ini memang cukup terjal menurun. Bahkan permukaan lantai masjid ini sendiri memang lebih rendah dari permukaan jalan yang melintas di depannya. 

Masjid Kampung Bedeng dari arah berlawanan.
Saya agak kesulitan menemukan lokasi pasti masjid ini di google map :::harap maklum ::: karena saya juga belum familiar dengan daerah ini. singgah kesana beberapa waktu lalu itu adalah kali pertama saya melintas di daerah ini. 

Jika pembaca memiliki informasi lebih dari yang telah saya tuliskan di atas, jangan sungkan untuk memberi masukan terkait masjid ini dengan menuliskannya di kolom komentar ya ::: 

Teririring ucapan terima kasih untuk para pendonor yang telah meridhokan sebagian hartanya untuk membangun masjid di kabupaten Bekasi tempat kami tinggal saat ini. semoga Alloh meridhoi dan senantiasa melimpahkan rahmat dan cintanya untuk kita semua. 

Amin Ya Robbal Alamin 

(updated 26 Januari 2020) 

------------------------------------------------------------------ 
Follow & Like akun Instagram kami di @masjidinfo dan @masjidinfo.id
🌎 gudang informasi masjid di Nusantara dan mancanegara. 
------------------------------------------------------------------ 

Baca Juga 


1 komentar:

hindari komentar yang berbau SARA