Sabtu, 25 Maret 2017

Masjid Jami’ Al-Ikhlas Sukakarya

Masjid Jami' Al-Ikhlas Sukaraya bakda magrib

Di penghujung tahun 2016, singgah ke masjid ini sudah kemalaman dan terlewat sholat berjamaah, masjid sudah sepi, tersisa satu orang pedagang keliling dengan sepeda motor sarat muatan baru selesai sholat sendirian di dalam masjid lalu mulai sibuk membenahi bawaan dan sepeda motornya di halaman masjid.

Masjid Jamie Al-ikhlas
Kp.Tenjolaut RT.01/RW01 Desa Sukakarya
Kec. Sukakarya, Kab. Bekasi, Jawa Barat 17630


Berdua dengan putraku masuk ke ruangan di samping ruang utama masjid hanya menemukan ruang tempat berwudhu dan kamar mandi yang sedang dibongkar, kami baru menyadari satu hal, masjid ini sedang dalam proses renovasi yang tampaknya akan dilaksanakan menyeluruh.

Kembali ke halaman depan, jema’ah yang tadi sibuk sendirian dengan barang dagangan dan sepeda motornya nampaknya faham dengan apa yang kami cari dan menunjukkan tempat wudhu darurat yang ada di sisi pagar depan masjid, di dalam bangunan darurat berdinding papan dengan penerangan seadanya. Tak ada lagi Jemaah yang datang kemudian, tinggal kami yang sholat berjamaah berdua saja, di dalam ruangan utama yang lenggang.

Butuh bantuan untuk renovasi

Suasana sekitar masjid gelap gulita, penerangan di dalam masjid sendiri sebenarnya tidak terlalu terang, lebih terang sedikit dari remang remang. Bangunan masjid ini sebenarnya cukup kokoh, berdinding beton dengan atap genteng berbentuk bangunan masjid khas Indonesia dengan atap limas. Satu menara menjulang di sudut tenggara bangunan utama.

Namun beberapa bagian plafon di dalam ruang utama tampak rusak dan sudah jebol butuh perbaikan. Bangunan masjid ini rupanya memang sedang dalam proses renovasi. Ada spanduk di sisi teras bangunan tentang proses renovasi masjid ini, ada juga laporan penerimaan sodaqoh jariah untuk renovasi masjid ini dipasang di dinding masjid.

Masjid Jami' Al-Ikhlas Sukakarya disiang hari, dari google strret view.

Google street view yang kemudian memberikan informasi bahwa bangunan gelap gulita dimalam hari di sisi selatan masjid ini adalah sebuah bangunan sekolah Islam, sedangkan di sisi utaranya berupa tanah kosong, wajar saja bila di malam hari disekitar masjid ini gelap gulita.

Proses renovasi masjid ini tentunya membutuhkan dana tak sedikit. Bagi yang ingin berperan serta membantu pembangunannya, berikut kami petikkan informasi dari spanduk panitia yang terpasang di teras masjid ini.

Sekretariat Panitia Pembangunan; Kampung Tenjolaut RT.01 RW.001, Desa Sukakarya, kec. Sukakarya, Kab. Bekasi. Telepon 0858 8188 1088 dan 0857 1862 9599. Donasi melalui Bank Mandiri KCP Cikarang Jababeka. Nomor rekening : 156-00-0642590-6 a/n Kamaluddin Basri.***

Data dinatur
Interior Masjid dengan plafonnya yang sudah jebol
Bagian atas area void terlihat dari lantai dasar, di depan mihrab